Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Efek Dan Bahaya Dari Pemanasan Global


Efek Dan Bahaya Dari Pemanasan Global
image via freepik

Efek Dan Bahaya Dari Pemanasan Global

Dengan semua pemberitaan pers, media dan perhatian selebriti yang menyoroti tentang permasalahan pemanasan global ini, maka ada kesempatan yang bagus bahwa Anda setidaknya akan relatif menjadi lebih akrab dengan masalah pemanasan global ini dan bisa memperdebatkannya.  

Ya, Anda mungkin tahu bahwa suhu bumi telah meningkat akhir - akhir dengan cukup signifikan dan Anda bahkan mungkin tahu bahwa kenaikan suhu tersebut adalah karena racun, tetapi apakah Anda tahu mempengaruhi bahwa pemanasan global dapat menguasai planet kita, terrutama terkait dengan masalah ekonomi, dan kehidupan manusia pada umumnya?

Ketika kita membicarakan tentang masalah dan fenomena pemanasan global, ada banyak individu yang memilih untuk percaya bahwa itu hanyalah sebuah mitos atau teori yang tidak benar.  Mereka ini adalah orang - orang yang tidak percaya dengan adanya fenomena pemanasan global. Dan pada kenyataanya, memang dampak dari pemanasan global ini tidak akan terlihat selama bertahun-tahun yang akan datang, akan tetapi suatu saat pasti akan terjadi.

Salah satu kejadian alam yang merupakan efek dari pemanasan global adalah  kita lebih sering melihat dan mendengar serta mengalami badai yang lebih kuat dibandingkan dengan tahu - tahun sebelumnya. Sebagai contoh adalah badai katrina yang terjadi di Amerika Serikat beberapa tahun yang lalu, dimana akibat dari badai yang sangat kuat tersebut telah membuat kerugian material dan non-material dalam jumlah yang sangat besar.

Tentu saja, kita tidak akan pernah lupa dengan badai Katrina tersebut.  Kita juga memperhatikan dan mendengar berita adanya peningkatan badai yang lebih kuat dan lebih menghancurkan dari pada tornado yang pernah ada.  Meskipun badai kuat mungkin berhubungan dengan pemanasan global, namun banyak orang yang penasaran dan hanya melihatnya sebagai  sebuah angka - angka statistik saja.

Efek lain dari pemanasan global yang kita perhatikan sekarang adalah pencairan lapisan dan gletser di antartika. Sementara pencairan lapisan es ini adalah sesuatu yang sudah diprediksi sebelumnya, namun ternyata pencairan lapisan es ini terjadi pada tingkat yang jauh lebih cepat dari yang diharapkan sebelumnya.  Banyak model komputer tercanggih yang memprediksi bahwa pencairan lapisan es tersebut berlangsung dengan cepat sehingga kita mungkin tidak akan melihatnya lagi lima tahun kedepan.

Kekeringan adalah efek lain dari pemanasan global yang banyak terjadi secara langsung.  Pada musim panas dan awal tahun 2007, banyak negara di bagian selatan Amerika Serikat, seperti Tennessee dan Georgia, telah mengalami kondisi kekeringan yang mengerikan.  Bahkan, kondisi ini masih menjadi masalah sampai hari ini.   Bahkan, banyak yang merasa bahwa mereka akan kehabisan pasokan air tidak lama lagi jika solusi atas masalah tersebut tidak ditemukan segera.

Adapun efek masa depan dari pemanasan global, kita cenderung melihat adanya perubahan di laut dan satwa liar.  Bahkan, kita telah mulai melihat beberapa perubahan tersebut sekarang.  Contoh paling umum dapat kita lihat dengan beruang kutub dan lapisan es yang mencair dengan cepat.  Banyak beruang di wilayah tersebut yang kesulitan untuk mendapatkan makanan mereka, karena lapisan es yang menipis dan kurang akan menylitkan beruang kutub tersebut untuk mencari mangsa.

Di masa depan, banyak ilmuwan dan ahli satwa liar memprediksi bahwa beruang kutub akan punah di daerah-daerah tertentu di dunia ini.  Sampai saat itu, kita mungkin hanya melihat adanya perubahan cara beruang kutub dan hewan lain dalam berburu makanan mereka.

Banjir juga menjadi perhatian utama terkait dengan pemanasan global. Ketika datang bencana banjir, daerah pesisir adalah orang-orang yang paling sengsara.  Banjir lebih banyak terjadi di daerah pesisir.  Kenaikan muka air laut di perairan di sepanjang banyak daerah pesisir adalah kombinasi dari banyak faktor termasuk pemanasan suhu, perluasan air, serta pencairan gletser dan lapisan es di kutub.

Seperti yang telah dinyatakan sebelumnya, penting untuk diingat bahwa pemanasan global akan mempengaruhi bumi secara bertahap.  Hanya karena Anda mungkin tidak melihat perubahan signifikan dalam pola cuaca atau ekonomi sekarang, bukan berarti bahwa pemanasan global tersebut tidak ada atau bahwa itu adalah masalah yang tidak perlu kita khawatirkan.  Kabar baiknya adalah bahwa langkah-langkah perubahan yang lambat dapat memberi kita lebih banyak waktu untuk menghentikan pemanasan global atau setidaknya mengurangi dampaknya.

Bahaya Pemanasan Global


Jika Anda berselancar di internet, menonton televisi, atau mendengarkan radio, Anda mungkin sudah akrab dengan isu pemanasan global ini. Pemanasan Global merupakan isu penting yang luas, yang banyak dibahas dan diperdebatkan, dimanapun di seluruh dunia ini.

Pemanasan Global adalah sebuah frase yang digunakan untuk menggambarkan peningkatan suhu Bumi. Kenaikan suhu ini dikaitkan dengan peningkatan gas rumah kaca di atmosfer bumi.  Kita semua harus segera mengambil langkah-langkah konkret dan nyata untuk memerangi pemanasan global hal itu akan menimbulkan ancaman yang serius terhadap kehidupan kita dimasa depan.

Adapun ancaman yang disebabkan oleh pemanasan global, maka Anda akan menemukan bahwa kemungkinan ada peningkatan risiko penyakit.  Hal ini karena tikus, serangga, dan sebagainya akan dapat melihat perubahan di lingkungan dan habitat mereka, terutama atas perubahan suhu yang terjadi.  

Hal ini mungkin akan menyebabkan banyak hewan tersebut untuk bermigrasi ke daerah yang sebelumnya dapat dianggap tak berpenghuni.  Lagipula, kenapa mereka tidak bergerak, terutama jika kondisi cuaca sempurna untuk melakukannya?  Sayangnya, ini mungkin menyebabkan terjadinya penyebaran penyakit.  Meskipun sebagian besar penyakit ini akan dapat diobati, namun dapat menyebabkan kematian jika di biarkan begitu saja dan tidak di tangani segera oleh pemerintah.


Efek Dan Bahaya Dari Pemanasan Global
image via freepik

Pemanasan Global memainkan peran yang signifikan dalam pencairan gletser, salju dan massa es lainnya di kutub bumi.  Pencairan ini akan menyebabkan kenaikan yang signifikan pada permukaan air laut sehingga menyebabkan banjir di wilayah pesisir.  

Selain melelehnya gletser dan massa es besar lainnya di wilayah kutub, banyak lokasi kemungkinan akan menerima jumlah yang lebih kecil dari salju dan es selama musim dingin, atau mereka bahkan tidak menerima apapun.  Ini mungkin berdampak signifikan pada aktivitas yang mungkin berdampak signifikan pada ekonomi, baik secara lokal dan nasional.  Tentu saja, penting untuk diingat bahwa pemanasan global tidak hanya menyebabkan suhu udara naik, tetapi juga menyebabkan cuaca menjadi kacau dan tidak menentu.  Jadi, akan sangat umum bahwa sebagian wilayah akan menerima sedikit untuk tidak ada hujan salju sama sekali, sementara di daerah lain, pada saat yang sama, mungkin di selimuti oleh salju yang sangat tebal. 

Seperti yang telah dinyatakan diatas, bahwa banjir di wilayah pesisir adalah salah satu dari banyak bahaya yang terkait dengan pemanasan global ini. Daerah-daerah yang dilanda banjir pesisir dan di daerah-daerah di mana suhu terus naik, sungai, danau, dan kolam mungkin lebih cepat kering dari yang seharusnya.  

Kekeringan yang parah dan kekurangan air dapat memiliki dampak negatif yang sangat besar dalam cara hidup dan ekonomi kita.  Petani mengandalkan air untuk tanaman mereka dan manusia  sangat bergantung pada air, serta tanaman petani tersebut untuk bertahan hidup. 

Mungkin, bahaya yang paling mengerikan yang dapat dihasilkan terkait dengan pemanasan global ini adalah kepanikan massal. Ini adalah sebuah hal yang sangat buruk dan kita semua berharap agar hal itu tidak terjadi.  Kekeringan dapat mengakibatkan kekurangan makanan dan air.  

Bagaimana reaksi Anda terhadap berita bahwa penyakit sebelumnya tidak terlihat di daerah Anda dan tiba - tiba menyerang dengan sangat ganas?  Ada kemungkinan kepanikan akan segera terjadi.  Jika fenomena pemanasan global adalah perubahan yang dapat diperkirakan, maka seperti yang sudah diuraikan di atas, bahwa kepanikan hampir menjadi satu kepastian jika pemanasan global ini tidak segera kita tangani dengan baik.

Post a Comment for "Efek Dan Bahaya Dari Pemanasan Global"