Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dampak Pemanasan Global Bagi Kesehatan Manusia Dan Lingkungan


Dampak Pemanasan Global Bagi Kesehatan Manusia Dan Lingkungan
image via freepik

Dampak Pemanasan Global Bagi Kesehatan Manusia Dan Lingkungan - Sebagai akibat dari pemanasan global yang dapat mempengaruhi lingkungan hidup, maka seharusnya hal itu tidak mengejutkan kita bahwa itu dapat mempengaruhi kesehatan orang yang tinggal di sekitar lingkungan tersebut.  Perubahan iklim adalah perubahan dalam habitat atau lingkungan hidup, bukan hanya untuk hewan, akan tetapi juga untuk manusia.  Perubahan iklim akan sangat berdampak pada kesehatan masyarakat. 

Pemanasan Global telah menyebabkan pemanasan intens terhadap lingkungan.  Di daerah di mana orang tidak siap untuk kondisi atau cuaca panas yang ekstrim, maka mereka akan sangat menderita, seperti munculnya gelombang panas yang baru-baru ini terjadi di Eropa dan Amerika.  Ada semburan udara panas di Eropa pada tahun 2003 yang lalu dan berlangsung selama dua minggu. Saat itu suhu udara melambung ke atas dari 104 derajat Fahrenheit sehingga membuat masyarakat di benua tersebut sangat menderita. 

Suhu seperti ini mungkin umum terjadi di bagian dari barat daya Amerika, misalnya.  Orang-orang dilengkapi dengan perlengkapan yang lengkap untuk menangani panas karena itu adalah zona iklim dimana mereka tinggal.  Tapi, Eropa biasanya lebih keren dan tidak pernah mengalami hal tersebut.  Warga di sana belum siap untuk suhu panas yang ekstrim seperti itu.  Lebih dari 35.000 orang meninggal di Eropa sebagai akibat dari gelombang panas tahun itu.  Pemanasan Global telah mengubah habitat mereka, sehingga menimbulkan bencana kemanusiaan. 

Ada juga gelombang panas yang terjadi di Amerika Utara.  Salah satu kejadiannya adalah dari tahun 2006 yang menyatakan 226 jiwa meninggal dunia.  Kemungkinan lain akibat dari pemanasan global adalah meningkatnya polusi  serbuk sari di udara.  Hal ini terjadi karena tingkat yang lebih tinggi karbon dioksida mendorong pertumbuhan gulma lebih banyak sebagai penghasil serbuk sari.  Karena semakin banyak serbuk sari berarti akan lebih buruk kualitas udara, mereka yang memiliki keluhan dengan alergi dan asma akan sangat menderita. 

Pemanasan Global juga dapat mempengaruhi kejadian penyakit tropis.  Nyamuk telah ditemukan di tempat-tempat yang bahkan terlalu dingin bagi mereka. 

Namun, sebagai akibat dari suhu udara yang hangat mereka pergi ke daerah yang lebih tinggi yakni pegunungan.  Nyamuk membawa malaria ke daerah baru di Indonesia karena pemanasan global.  Demam berdarah mencapai daerah ketinggian di Pegunungan Andean Kolombia dimana belum pernah terlihat sebelumnya. 

Kekhawatiran kesehatan lainnya terkait dengan pemanasan global adalah banjir.  Ketika badai datang secara tiba-tiba dan bencana banjir terjadi, dan hal itu seringkali membuat kita kesulitan untuk mengevakuasi orang yang sakit atau terluka ke rumah sakit karena terhalang banjir di mana - mana.


Dampak Pemanasan Global Bagi Kesehatan Manusia Dan Lingkungan
image via freepik

Seringkali, orang mengambil risiko berbahaya selama banjir.  Mereka masuk ke dalam air, dan berpikir kalau mereka bisa menyeberang.  Namun yang terjadi adalah jika dia tidak bisa berenang, maka dia bisa tersapu oleh derasnya arus banjir dan kemudian mati tenggelam.  Tidak ada konsekuensi yang pasti akibat dari pemanasan global selain resiko kematian, dan itu yang harus menjadi fokus kita. 

Orang-orang juga meninggalkan kekacauan untuk melakukan bersih - bersih lingkungan setelah bencana banjir berakhir.  Hal ini dapat mengakibatkan paparan tingkat tinggi resiko penyakit, misalnya penyakit yang diakibatkan oleh kencing tikus.  Banyak orang yang memiliki reaksi alergi intens terhadap masalah ini.  Orang dapat memiliki gatal-gatal di seluruh tubuh mereka akibat alergi.

Kadang-kadang, lidah akan membengkak dan membuat kita kesulitan untuk bernapas.  Ini adalah kondisi yang serius.  Mengurangi pemanasan global akan mengurangi aliran banjir dan mencegah hal ini agar bencana banjir tidak terus berulang.
Karena pemanasan global dapat mempengaruhi pasokan makanan, maka sangat jelas bahwa orang - orang dapat menderita malnutrisi karena hal ini.  Khususnya bagi masyarakat agraria di negara-negara yang belum berkembang. 

Jika semua orang tahu berapa banyak permasalahan yang diakibatkan oleh pemanasan global yang dapat mempengaruhi kesehatan mereka, maka mereka mungkin akan lebih peduli untuk mencari jalan keluar dan  solusi dari permasalahan itu.  Sampai saat dimana kita menyadari hal itu, maka kita yang telah memahami konsekuensi akibat dari pemanasan global ini harus bekerja lebih keras lagi.

Semoga artikel tentang Dampak Pemanasan Global Bagi Kesehatan Manusia Dan Lingkungan ini dapat menggugah motivasi dan semangat Anda untuk turut serta dalam usaha memerangi dampak pemanasan global ini.

Post a Comment for "Dampak Pemanasan Global Bagi Kesehatan Manusia Dan Lingkungan"