Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dampak Yang Ditimbulkan Akibat Pemanasan Global


Dampak Yang Ditimbulkan Akibat Pemanasan Global
image via freepik

Dampak Yang Ditimbulkan Akibat Pemanasan Global  - Ketika kita berbicara tentang pemanasan global, maka akan ada banyak sekali Hal - hal perlu kita fokuskan dan kita tempatkan pada bagaimana hal itu dapat mempengaruhi kita, pribadi, dan generasi masa depan yang akan datang.  

Sangat penting untuk kita ingat bersama bahwa pemanasan global membentang jauh melampaui dampak mengerikan yang manusia bayangkan selama ini.  Satwa liar yang hidup didalam hutan belantara juga akan terpengaruh oleh pemanasan global ini.  Bahkan, akibat pemanasan global satwa liar seringkali memiliki hubungan secara langsung dan dapat mempengaruhi kehidupan manusia.

Apa yang perlu kita ingat tentang pemanasan global adalah bahwa hal itu telah menyebabkan sedikit kenaikan suhu di bumi.  Meskipun tersebar secara merata, banyak kota yang mengalami peningkatan suhu udara secara ekstrim dan sangat membahayakan. 

Kenaikan suhu udara di bumi membuat kita sebagai manusia akan merasa kepanasan, tidak nyaman dan ingin menghabiskan sepanjang hari dengan berada di kolam renang. Namun tahukah kita bahwa kenaikan suhu itu ternyata memiliki dampak yang lebih besar pada satwa liar?

Sebagai permulaan, penting bagi kita untuk memeriksa dan meneliti apa yang terjadi pada beruang kutub.  Bahkan, ketika banyak individu berpikir tentang pemanasan global dan satwa liar, beruang kutub adalah satwa liar pertama yang datang ke dalam pikiran mereka.  Hal ini karena sebagian perhatian media yang lebih sering memberitakan tentang kondisi mereka saat ini. 

Banyak pecinta lingkungan dan ahli satwa liar merasa bahwa beruang kutub akan punah di daerah-daerah tertentu di belahan dunia ini, karena mencairnya lapisan es.  Lapisan es yang mencair ini terkait langsung dengan peningkatan suhu di bumi. 

Sayangnya, beruang kutub mengandalkan bongkahan - bongkahan es itu ketika mereka sedang berburu makanan.  Banyak diantaranya yang kemudian tidak bisa berenang dengan jarak yang jauh tanpa adanya bongkahan - bongkahan es sebagai antara.  Jika beruang kutub tidak mati karena kelelahan akibat berenang dan tenggelam, maka mereka juga akan mati karena kurangnya makanan di daerah tersebut.

Burung adalah bentuk lain dari satwa liar yang sangat terdampak oleh pemanasan global.  Semakin tinggi suhu udara di bumi, maka burung-burung akan mulai mengubah jalur migrasi mereka.  Perubahan migrasi ini diharapkan untuk meningkatkan angka populasi mereka di masa depan.  Sementara ini mungkin tampak seperti prospek yang menarik untuk para pemerhati burung, akan tetapi hal itu dapat memiliki konsekuensi negatif pada burung itu sendiri. 

Banyak burung, terutama burung migran, memiliki pola yang mereka ikuti selama ini.  Pola ini juga tergantung pada kemampuan mereka untuk mendapatkan makanan.  Perubahan pola ini dapat menyebabkan masalah bagi banyak burung migran, yang pada dasarnya selalu melakukan perjalanan  jauh karena cuaca yang ekstrim dapat menyesatkan mereka.

Burung dan beruang kutub bukanlah satu-satunya jenis satwa liar yang akan terpengaruh oleh pemanasan global.  Serangga, Tikus, dan hewan pengerat lainnya juga akan merubah kebiasaan mereka.  Anda akan melihat bahwa jika kondisi ini benar, banyak yang akan tetap bergerak.

Sayangnya bagi kita, Tikus dan banyak serangga atau nyamuk seringkali membawa penyakit bersama dengan mereka.  Ya, banyak penyakit ini dapat diobati, tetapi akan memakan waktu untuk menyembuhkannya.  Bahkan, kepanikan mungkin akan terjadi jika daerah itu sebelumnya bebas dari penyakit dan mulai melihat adanya perubahan yang drastis dengan munculnya penyakit ini.  Dalam aspek ini, pemanasan global dapat menyebabkan kerugian bagi manusia dan satwa liar.

Jika Anda adalah penyayang binatang atau Anda adalah orang yang menghargai kesehatan dan melihat kesehatan keluarga sebagai masa depan Anda, maka Anda mungkin ingin segera mengambil tindakan untuk mencegah timbulnya pemanasan global ini. 

Itulah sebabnya mengapa pemanasan global mengalami peningkatan dalam liputan dari banyak media, banyak ilmuwan dan ahli satwa liar memiliki keinginan yang sama seperti Anda yaitu untuk segera mengambil tindakan. 

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan, bukan hanya untuk menjaga kelangsungan hidup satwa liar, tetapi juga kelangsungan kehidupan di planet bumi pada umumnya, adalah dengan mengurangi emisi karbon dioksida yang Anda lepaskan ke atmosfer bumi. Apakah karbon dioksida itu berasal dari rumah Anda, mobil Anda, atau tempat bisnis Anda.

Mari bersatu padu dan bergandengan tangan untuk mencegah pemanasan global ini sehingga masa depan kita dan anak cucu kita akan selalu terjaga.

Post a Comment for "Dampak Yang Ditimbulkan Akibat Pemanasan Global "