Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Tentang Pemanasan Global


Belajar Tentang Pemanasan Global
image via freepik

Belajar Tentang Pemanasan Global - Akhir - akhir ini kita seringkali mendengar dan melihat semakin maraknya pemberitaan tentang pemanasan global yang mengancam kehidupan manusia dan spesies yang yang ada di bumi dalam waktu beberapa puluh tahun kedepan.

Di televisi, di radio bakan di forum - forum seminar kampus, para akademisi seringkali membahas topik tentang pemanasan global tersebut. Televisi dan radio bukanlah satu-satunya media yang memberikan perhatian pada isu penting tentang pemanasan global.  Ada banyak sekali ilmuwan, selebriti, dan tokoh - tokoh politik juga mulai melakukan hal yang sama, dimana mereka mulai menyuarakan tentang isu pemanasan global ini.

Sementara Anda hanya akan menemukan dalam jumlah terbatas terkait tokoh-tokoh terkenal yang mendukung usaha dalam memerangi pemanasan global, Anda juga akan menemukan kelompok oposisi yakni kelompok yang menentang teori tentang pemanasan global.  Dalam beberapa tahun terakhir, para oposisi ini mulai mengambil pendekatan yang lebih kuat dan lebih dipublikasikan.

Sayangnya, bagi banyak orang di Amerika misalnya, hal ini menyebabkan beberapa kebingungan di kalangan masyarakat.  Jika Anda mulai meragukan diri sendiri, tentang  apakah pemanasan global ini adalah nyata atau tidak, maka Anda perlu untuk melakukan penelitian dan belajar tentang pemanasan global tersebut.  Kabar baiknya adalah bahwa hal ini relatif mudah untuk melakukannya.

Sebelum fokus pada beberapa cara agar Anda dapat memahami tentang pemanasan global dengan lebih baik, maka penting untuk fokus pada mengapa penelitian ini penting untuk Anda lakukan.  Menurut banyak ilmuwan, ahli meteorologi, dan orang lain dengan pemahaman profesional pemanasan global, bumi tidak akan menjadi tempat yang aman untuk hidup di masa depan.

Meskipun Anda hanya dapat melihat dampak kecil dari pemanasan global saat ini, dampak tersebut kemungkinan akan terus tumbuh dan akan semakin buruk seiring dengan terus berjalannya waktu.  Dengan dasar pemikiran seperti itu, kita sebagai manusia, dapat membantu untuk menghentikan pemanasan global atau setidaknya mengurangi dampaknya terhadap bumi ini.

Tapi, sebelum pendekatan itu dapat diambil, Anda harus terlebih dahulu memutuskan apakah pemanasan global adalah sesuatu yang Anda yakini sebagai sebuah kebenaran ataukah Anda masih tidak yakin dengan hal tersebut?  Seperti yang sudah saya katakan diatas, melakukan penelitian secara mandiri adalah salah satu cara terbaik untuk menentukan sikap Anda dan di sisi pagar mana Anda berada.

Ketika datang ke isu tentang pemanasan global dan kemudian melakukan penelitian tentang hal itu, maka penting untuk diingat bahwa Anda memiliki sejumlah pilihan yang berbeda.  Sebagai permulaan, Anda mungkin ingin beralih ke televisi Anda.

Seperti yang telah dinyatakan, banyak laporan berita yang meliput tentang pemanasan global, seperti dampak saat ini yang kita rasakan adalah tentang lingkungan kita dan cuaca yang kita hadapi akhir -akhir ini.  Dengan itu, Anda mungkin juga dapat  membuat sebuah film dokumenter dan program lain yang sama.  Banyak yang mengatakan bahwa dokumenter televisi, terutama mereka yang berasal dari stasiun TV terkenal dan sumber terpercaya adalah yang terbaik, potongan yang tidak bias pada pemanasan global yang akan Anda temukan. 

Internet juga dapat dan harus Anda gunakan untuk penelitian tentang pemanasan global.  Ketika menggunakan internet, Anda harus melakukan pencarian internet standar dengan frasa "Pemanasan global." Ketika melakukannya, Anda akan menemukan dua jenis situs utama, yaitu mereka yang mengakui pemanasan global adalah masalah dan ingin membantu untuk menghentikannya dan kemudian Anda akan menemukan orang-orang yang mengklaim bahwa pemanasan global tidak lain hanyalah sebuah mitos belaka.

Seolah-olah perdebatan yang Anda dengar di televisi dan radio, Anda mungkin ingin mengambil waktu untuk memeriksa setiap pendapat dalam situs online tersebut.  Membandingkan informasi dan statistik yang Anda temukan sendiri, dari kedua belah pihak, adalah cara yang sangat baik bagi Anda untuk menarik kesimpulan tentang pemanasan global dan keberadaannya.

Seperti yang sebelumnya dinyatakan, pemanasan global merupakan isu yang harus menjadi perhatian besar bagi Anda.  Bahkan dengan semua kekhawatiran itu, Anda mungkin masih tidak tahu bagaimana perasaan Anda pada masalah ini.  Itulah mengapa penting bahwa Anda mengambil langkah-langkah untuk lebih memahami bahwa pemanasan global mungkin adalah sebuah atau mungkin juga bukan sebuah ancaman.  Kabar baiknya, seperti yang dijelaskan di atas, adalah bahwa Anda memiliki sejumlah pilihan dan masing-masing metode penelitian mudah dan mungkin akan menyenangkan untuk Anda.

Deforestry Dan Pemanasan Global

Bagaimana cara tanah digunakan oleh kita dapat memiliki efek pada pemanasan global.  Jenis tanaman, hewan, atau mineral yang diatur pada plot tanah membuatnya berbeda dari plot tanah lainnya.  Ini adalah perbedaan-perbedaan yang dapat dieksplorasi untuk membantu Anda mendapatkan pemahaman tentang pemanasan global. 

Hutan Hujan Tropis
image via freepik

Hutan memegang peranan yang sangat penting di hampir semua negara di dunia.  Hal ini benar untuk banyak alasan, tetapi ketika datang ke isu tentang pemanasan global, maka itu menjadi sangat benar.  Hutan dapat menggosok karbon dioksida dari udara.  Sebagian besar karbon dioksida yang merupakan salah satu penyebab pemanasan global dapat dihilangkan hanya dengan berada di sekitar tanaman tertentu. Artinya keberadaan hutan ini sangat penting dalam menahan laju pertumbuhan pemanasan glogal yang semakin mengkhawatirkan kita.

Pohon-pohon adalah pembersih karbon dioksida terbaik yang ada di alam.  Pohon tua yang tumbuh sangat baik untuk menghapus karbon dioksida dari udara dan menyimpannya dalam sel mereka.  Untuk alasan ini, pohon tua yang tumbuh harus dilindungi dari penebangan liar atau ilegal logging. Artinya proses deforestry harus bisa kita cegah dan kita berantas secara tuntas. Kegagalan dalam mengatasi permasalahan ini akan menjadi sebuah masalah yang sangat serius bagi masa depan kita.

Sementara pendapat beberapa kalangan yang mengatakan bahwa pertumbuhan pohon yang lama dapat dengan mudah digantikan oleh pohon-pohon baru, namun pada kenyatannya hal ini tidak pernah terjadi.  Pohon-pohon baru tidak memiliki kemampuan seperti yang pohon-pohon tua telah lakukan dalam rangka mencegah pemanasan global dengan menjebak karbon dioksida. 

Kalangan tersebut menyarankan bahwa pohon-pohon baru tertentu mampu menjebak lebih banyak gas rumah kaca dari pohon-pohon tua.  Yang benar adalah bahwa, bahkan jika ini benar, itu tidak benar ketika Anda membandingkan pohon-pohon khusus baru untuk pohon-pohon yang memiliki umur yang lebih tua.  Untuk mencegah pemanasan global, Anda perlu pohon dengan beberapa substansi kepada mereka. 

Satu hukum diusulkan untuk menghentikan penebangan liar atau ilegal logging untuk mencegah pemanasan global.  Hukum khusus ini adalah untuk melindungi sejumlah besar hutan atau sekitar 13 juta hektar hutan kuno.  Sebagian besar hutan ini begitu  dan belum pernah di kelola oleh manusia sama sekali.  Hukum ini juga melarang penebangan liar yang tidak jelas, sebuah praktek yang benar-benar menghancurkan berhektar - hektar pohon tua yang telah berumur puluhan tahun. 

Beberapa studi telah dilakukan untuk memperkirakan jumlah pemanasan global potensial yang disebabkan oleh deforestasi hutan hujan tropis ini.  Para penebang liar tidak hanya mengambil pohon dewasa untuk kayu olahan.  Orang-orang yang ingin membersihkan tempat tinggal, bekerja, atau membuka lahan pertanian di dalam hutan dengan cara membersihkan hutan, menebang pohon - pohon dan membakar sebagian besar hutan hujan tropis tersebut. 

Deforestasi Hutan
image via freepik

Satwa liar akan mati karena mereka akan kehilangan sumber makanan dan habitat alami yang menjadi tempat tinggal mereka selama ini. 

Seolah-olah ini tidak cukup, gas rumah kaca lainnya ditingkatkan oleh deforestasi.  Termasuk metana dan nitrous oksida.  Pemanasan Global diramalkan ketika orang rakus memakan hutan hujan tropis dan hutan lainnya untuk tujuan mereka sendiri. 

Tampaknya, oleh angka-angka dalam studi ini, pencegahan pemanasan global harus fokus pada emisi rumah hijau yang disebabkan oleh pembakaran bahan bakar fosil.  Namun, deforestasi datang dalam detik yang  lebih dekat yang dapat menyebabkan pemanasan global. 

Kita bisa menghentikan ketergantungan pada pohon tua untuk kayu olahan.  Ada banyak bahan bangunan yang berbeda dan tersedia untuk digunakan.  Ini tidak mengganggu keseimbangan alam ketika Anda membangun dengan batu, misalnya.  Juga, furniture dapat dibuat dari bahan lain.  Ketika orang belajar bahwa hutan penting dalam menghentikan pemanasan global, mereka dapat membantu situasi tersebut dengan menolak untuk menggunakan kayu yang berasal dari hutan.

Ingat, sekecil apapun peran dan usaha kita akan berdampak pada hasil yang positif dalam mencegah pemanasan global ini. Itu semua kita lakukan demi kebaikan kita dan juga demi kelangsungan hidup generasi yang akan datang. Sayangi hutan dan jaga kelestariannya, Jangan biarkan hutan kita menjadi gundul karena akan menyebabkan kesengsaraan bagi anak cucu kita kelak.

Post a Comment for "Belajar Tentang Pemanasan Global"