Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kura-Kura Leher Ular yang Hampir Punah

 

Kura-Kura Leher Ular yang Hampir Punah

Kura-kura adalah hewan yang termasuk jenis reptil. Memiliki empat kaki, dan yang paling khas dari hewan ini adalah memiliki “rumah” berupa tempurung yang kuat. Kura-kura terdiri dari berbagai suku/jenis yang begitu banyak. Salah satu yang populer adalah kura-kura leher ular.

Bentuk Tubuh

Kura-kura ini berukuran relatif kecil, dan seperti namanya, kura-kura leher ular ini memiliki bentuk leher yang lebih panjang bila dibandingkan dengan jenis kura-kura yang lain.

Tidak seperti kura-kura kebanyakan yang bisa menarik kepalanya hingga masuk ke tempurung, kura-kura leher ular ini tidak bisa memasukkan kepalanya. Ini disebabkan karena lehernya yang terlalu panjang. Karena itu, bila ia diserang oleh musuh, ia hanya menekuk lehernya ke samping tubuh untuk melindungi diri.

Habitat

Kura-Kura Leher Ular yang Hampir Punah

Kura-kura leher panjang ini adalah jenis kura-kura yang hidup di air tawar. Kura-kura ini ditemukan di  Australia atau Amerika Selatan. Di Indonesia sendiri, kura-kura leher panjang bisa ditemukan di daerah Papua dan Pulau Rote, Nusa Tenggara.

Beberapa jenis kura-kura leher panjang yang hidup di perairan tawar Indonesia adalah kura-kura Papua (Chelodina novaeguineae), kura-kura Rote (Chelodina mccordi), dan kura-kura perut putih (Elseya branderhosti)

Perkembangan Kura-Kura Leher Ular Saat Ini

Kura-kura leher ular termasuk hewan yang dilindungi di Indonesia sejak tahun 1980. Sejak tahun 2001, kura-kura leher ular sebenarnya sudah tidak diizinkan untuk diperjual belikan sebagai hewan koleksi. Tapi perdagangan ilegal terus saja terjadi.

Di Pulau Rote sendiri, populasi kura-kura leher ular ini terus menurun akibat perdagangan ilegal secara internasional. Bahkan kura-kura ini sudah dinyatakan dalam keadaan status kritis dan diambang kepunahan. Padahal di Indonesia sudah ada hukum resmi yang mengatur tentang spesies yang satu ini.

Kura-kura leher ular ini seharusnya ditangkap bukan untuk diperdagangkan, tapi untuk ditangkarkan demi menjaga kelestarian spesiesnya. Pelestarian ini diperlukan bukan hanya untuk memperbanyak jumlah kura-kura leher ular, tapi juga karena kura-kura jenis ini memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia.

Menurut beberapa ahli, kura-kura leher panjang memiliki zat bernilai ekonomis tinggi yang bisa membantu meningkatkan kesehatan manusia.

Untuk itu kesadaran manusia sangat diperlukan agar hewan ini tidak segera punah. Peran pemerintah untuk penegakan hukum, dan peran masyarakat untuk memelihara kura-kura leher panjang ini, tentu sangat diperlukan untuk melestarikan hewan yang mulai langka ini.

Posting Komentar untuk "Kura-Kura Leher Ular yang Hampir Punah"