Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kura Kura Aligator, Peliharaan Buas

Kura Kura Aligator, Peliharaan Buas

Kura-kura merupakan binatang reptil yang cukup banyak jenisnya dengan kemampuan hidup sangat lama. Binatang yang berjalan lamban ini umumnya dekat dengan kehidupan manusia, baik sebagai binatang peliharaan maupun hewan yang dibiarkan liar karena tidak mengganggu.

Namun ada salah satu jenis kura-kura yang relatif buas, yaitu kura kura aligator yang bernama latin Alligator Snapping Turtle. Kura-kura air tawar ini merupakan salah satu yang terbesar ukurannya.

Beberapa jenis yang pernah ada diantaranya mencapai berat 113 kg seperti yang disimpan di sebuah akuarium di Tennessee, Amerika Serikat. Di Chicago juga pernah ditemukan kura-kura jenis ini dengan berat 107 kg. Bahkan pada tahun 1937 pernah ditemukan di Kansas, AS, dengan berat mencapai 183 kg.

Binatang Buas

Kura Kura Aligator, Peliharaan Buas
credit:[email protected]_semarang

Dibandingkan dengan kura-kura air tawar lainnya, bentuk kura-kura alligator sangat berbeda. Perbedaan nyata terlihat dari bentuk batok cangkang atau karapasnya yang unik. Bentuk batok karapasnya ditandai dengan adanya tiga baris tonjolan osteoderm yang mirip dengan bentuk yang dimiliki banyak binatang purba.  

Kura-kura ini dapat melakukan kamuflase dengan lingkungannya melalui batok cangkangnya yang berwarna hijau kecoklatan mirip lumut. Kura-kura ini termasuk jenis binatang pemakan segala, meski sebenarnya lebih menyukai makanan daging atau karnivora.

Didukung oleh perilakunya dalam memangsa yang mirip buaya, tak heran bila kura-kura ini dinamakan kura kura aligator. Apapun makanan yang diberikan akan dimakannya, baik sayuran yang lembut maupun bangkai binatang.

Layaknya buaya, kura-kura ini juga mampu membunuh binatang lain yang lebih besar, seperti ular, binatang unggas. Bahkan kura-kura ini pun berani bertarung melawan buaya.

Spesies ini sebenarnya termasuk kura-kura buas, meskipun banyak orang yang menyukainya sebagai hewan peliharaan. Gerakan refleksnya saat memangsa buruannya juga mirip buaya, sangat cepat. 

Apalagi hewan ini juga memiliki lidah berbentuk mirip cacing yang dapat dijulurkan, dan sering digunakan sebagai perangkap dalam menangkap ikan di kolam.

Dilindungi

Kura-kura yang termasuk dalam genus Macroclemys ini terdiri dari tiga spesies yang hanya ditemukan di kawasan Amerika Utara. Namun karena perburuan manusia, populasi kura kura ini dinyatakan langka dan hampir punah. 

Bahkan sejak tahun 2006, CITES telah menetapkan kura kura aligator sebagai spesies yang dilindungi dan dilarang untuk diperdagangkan.

Post a Comment for " Kura Kura Aligator, Peliharaan Buas"