Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENYEBAB KERUSAKAN HUTAN : Hutan, Surga yang Hilang

hutan-tropis

Hutan tropis adalah tempat yang sangat istimewa di permukaan bumi. Berisi aneka ragam hewan dan jenis tumbuhan, hutan tropis bagaikan surga yang menyeimbangkan cuaca dan atmosfer bumi. Manusialah yang biasanya merusak keseimbangan itu untuk kepentingan pribadinya.

Secara umum, jenis hutan ada dua macam:

  • Hutan asli. Yaitu hutan yang sudah ada sebelum manusia ada di planet bumi.
  • Hutan buatan. Yaitu hutan yang pohon-pohonnya ditanam kembali.

Saat ini banyak hutan yang telah rusak dan tak lagi bisa menghasilkan sumber daya alam seperti dahulu. Lebih dari 50 persen hewan dan tumbuhan bisa saja lenyap pada 30 tahun mendatang. Apa yang dapat kita lakukan untuk menjaga hutan agar tetap indah, cantik, dan memberikan penghidupan bagi kita semua? Tentu saja dengan menjaganya.

Kerusakan Hutan

kerusakan-hutan

Pertanyaan selanjutnya, siapa yang menjadi Penyebab Kerusakan Hutan? Tentu saja jawabannya manusia. Dan apa saja sebab-sebab sehingga hutan menjadi rusak?

1. Penebangan Liar

Hal ini dilakukan oleh pengusaha yang mengekspor kayu-kayu untuk pembuatan kertas, furniture, atau pembangunan rumah-rumah di kota. Mereka hanya mengambil kayu dan tak menanam kembali. Keserakahan mereka dapat menghancurkan hutan.

2. Membuat lahan pertanian

Jaman dahulu, orang membuka lahan pertanian di hutan-hutan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Namun mereka melakukannya sejalan dengan harmoni alam. Mereka menanam tumbuhan seperti jagung, kacang, lalu tak menanam apapun dalam jangka waktu lama setelah masa panen untuk membiarkan tanah kembali subur.

Namun karena kemiskinan, manusia yang tak memiliki keahlian bertani pun mulai membuka lahan. Mereka terus menerus menanam sehingga tanah menjadi rusak. Kemudian mereka pindah ke daerah yang lain dan hal ini jadi penyebab kerusakan hutan.

3.  Membuat jalan raya yang menembus hutan

Dengan kemajuan teknologi, manusia memutuskan untuk membuat jalan raya sebagai alternatif dengan cara memotong hutan. Jika hutan sekitarnya tak dijaga, tentu akan membuat kerusakan pada akhirnya.

4. Menebang pohon untuk bahan bakar

Bagi warga Negara miskin, kayu adalah sumber bahan bakar utama yang mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti memasak.

5. Perkebunan

Sebenarnya membuat perkebunan di hutan, seperti perkebunan kelapa sawit, atau perkebunan karet, tidak selalu merusak hutan. Namun pemakaian pestisida dapat merusak tanah, lalu perkebunan juga membutuhkan banyak air sehingga harus mengambil sebanyak-banyaknya air untuk keperluan tersebut.

Bencana Akibat Hutan Gundul

banjir-lumpur

Bencana yang dapat ditimbulkan jika terjadi kerusakan hutan, antara lain:

  • Longsor
  • Banjir
  • Kebakaran hutan
  • Pengurangan oksigen
  • Pindahnya hewan-hewan ke daerah pemukiman manusia

Meskipun pemakaian hutan tak bisa dihentikan, namun ada banyak cara agar kita bisa menghindari pengrusakan hutan. Beberapa Negara telah melarang penebangan hutan seperti di Thailand sejak 1988.

Tahun 2005 negara Brazil juga mengeluarkan undang-undang yang serupa. Bahkan Costa Rica sekarang menjadikan 26 persen daerah di negaranya sebagai taman nasional dan perlindungan.

Banyak yang dapat kita lakukan untuk melindungi hutan kita, salah satunya yang paling sederhana adalah dengan menghemat penggunaan kertas, karena kertas terbuat dari kayu yang ditebang dari hutan. Hal lain yang bisa kita lakukan adalah menanam kembali pohon-pohon.

Mari kita sayangi hutan kita. Jangan jadikan diri Anda sebagai penyebab kerusakan hutan.

Post a Comment for " PENYEBAB KERUSAKAN HUTAN : Hutan, Surga yang Hilang"