Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Manfaat Air Bersih bagi Semua Makhluk Hidup

manfaat-air-bersih

Manfaat air bersih bagi semua makhluk memang sangat penting. Semua makhluk pasti sangat membutuhkan air dan tidak akan ada makhluk yang hidup tanpa air. Air merupakan salah satu faktor yang menjadi ciri akan kehidupan. Banyak sekali manfaat air bersih untuk menunjang kehidupan semua makhluk. 

Tentang Manfaat Air Bersih bagi Kehidupan

Anda tentunya tidak akan pernah lepas dengan peran air setiap hari. Saat merasakan dahaga, pasti membutuhkan air untuk diminum. Ketika tubuh kotor, pasti membutuhkan air untuk membersihkan bagian tubuh yang kotor. Begitu penting peran air sehingga harus tetap dijaga kelestariannya.

Ketika terdapat daerah yang kekeringan, maka kehidupan tidak akan pernah bisa berjalan. Sebaliknya, ketika di daerah yang terkena banjir, tentunya juga sangat merugikan bagi kehidupan makhluk hidup. 

Oleh karena itu, harus ada kesadaran tentang pentingnya menjaga keseimbangan antara lingkungan alam sekitar dan air. Lingkungan alam sekitar dan air merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Bumi merupakan planet yang terdapat tanda-tanda akan kehidupan makhluk hidup, karena di bumi terdapat senyawa air sebagai sumber kehidupan. Air merupakan senyawa yang memiliki rumus kimia yaitu H2O. 

Planet bumi sebagian besar merupakan daerah perairan dibandingkan daerah daratan. Jumlah persentase air yang terdapat di permukaan bumi yaitu sekitar 71%.

Di dalam kehidupan, air memiliki sifat-sifat fisika dan memiliki sifat-sifat kimia. Air yang sangat penting bagi kehidupan memiliki peran sangat banyak. Salah satu ciri air yaitu memiliki sifat-sifat fisika, karena air dalam kehidupan memiliki beberapa wujud zat.

Pada prinsipnya, terdapat tiga wujud zat, yaitu zat padat, zat cair, dan zat gas. Jika dijabarkan lebih mendetail lagi, peristiwa perubahan wujud zat dapat digolongkan menjadi enam peristiwa, yaitu membeku, mencair, menguap, mengembun, menyublim, dan mengkristal. Setiap istilah wujud air tersebut memiliki definisi masing-masing.

Air dikatakan membeku jika terjadi perubahan antara wujud cair menjadi padat, misalnya seperti es. Mencair merupakan perubahan wujud zat padat menjadi cair. Menguap merupakan peristiwa perubahan wujud zat dari cair menjadi gas. 

Mengembun merupakan proses perubahan wujud dari gas menjadi cair. Menyublim merupakan perubahan wujud dari padat menjadi gas. Mengkristal merupakan perubahan wujud dari gas menjadi padat. 

Air dikatakan memiliki sifat kimia, karena air merupakan bagian dari senyawa dan air memiliki molekul. Air merupakan salah satu molekul yang terbesar.

Tahukah Anda air bergerak sesuai dengan siklus air? Oleh karena itu, air yang terdapat di bumi akan selalu ada. Air yang terdapat di dalam air laut akan mengalami proses penguapan. Uap air tersebut akan diterima oleh awan. 

Awan tersebut akan berjalan dan mengakibatkan terjadinya air hujan. Dari air hujan tersebut, akan kembali ke bumi kembali dan disimpan oleh tumbuhan serta akan mengalir lagi menuju ke laut. Siklus air ini berputar terus-menerus. Dari air laut akan kembali lagi menuju air laut.

Air yang terdapat di bumi sebagian besar berupa air laut, mata air, sungai, danau, es, awan, hujan, air tawar, dan juga berupa uap air. Air memiliki peranan penting dalam menunjang kehidupan semua makhluk hidup. Oleh karena itu, kita wajib untuk menjaga agar air tetap bersih dan sehat.

Sekarang ini, banyak sekali warga masyarakat yang belum sadar akan pentingnya kebersihan air. Air bersih sangat penting untuk kehidupan makhluk. Banyak sekali pencemaran air yang terjadi di mana-mana. 

Banyak sampah yang dibuang sembarangan. Air sungai sekarang menjadi kotor dan keruh. Hal ini jika dibiarkan akan menjadi ancaman buruk bagi kehidupan makhluk.

Air dikatakan sudah tercemar jika air sudah tidak jernih, terjadi perubahan suhu, perubahan rasa, dan perubahan warna. Selain itu, akan terjadi perubahan pH dan terdapat zat kimia yang terlarut di dalam air. 

Air yang mengandung zat kimia sangat berbahaya karena mengandung racun. Tidak hanya itu, di dalam air yang tercemar akan terdapat mikroorganisme yang sangat merugikan kesehatan.

Dampak dari pencemaran air tersebut akan mengancam kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan. Limbah yang terdapat pada air akan mengganggu populasi dari makhluk hidup yang hidup di air. 

Selain itu, air akan menjadi bau dan tak layak untuk dikonsumsi, sehingga limbah yang membusuk tersebut akan mengakibatkan kadar oksigen di dalam air akan berkurang.

Selain itu, sampah-sampah yang dibuang sembarangan di sungai, semakin lama akan semakin menumpuk dan bisa terjadi banjir besar ketika musim hujan. Jika hal ini terus menerus dibiarkan, akan mengancam kehidupan serta keseimbangan lingkungan akan terganggu.

Agar pencemaran air tidak terjadi, sebaiknya setiap masyarakat diberi penyuluhan mengenai pentingnya air bersih bagi kehidupan. Harus ada reboisasi dan jangan menebang hutan sembarangan. Setiap warga mempunyai kewajiban untuk menjaga kelestarian lingkungan. 

Tidak membuang sampah sembarangan dan harus menjaga kebersihan air sungai. Setiap warga juga wajib membuat unit pengelolaan sederhana untuk mencegah pencemaran air dan setiap industri wajib untuk membuat UPL, yaitu Unit Pengelolaan Limbah.

Air Bersih untuk Kesehatan Manusia

manfaat-air-bersih

Anda tentunya sudah tahu pentingnya air dalam kehidupan. Air dapat digunakan untuk mandi, mencuci, dan yang paling penting adalah untuk kesehatan. Di dalam tubuh manusia, sebagian besar adalah cairan. 

Oleh karena itu, manusia tidak akan lepas dari air putih yang mengandung mineral. Jika tidak minum air, kesehatan akan terganggu. Banyak sekali kegunaan air bersih, terutama air putih, bagi kesehatan manusia. 

Berikut terdapat manfaat jika manusia mengonsumsi air putih, antara lain:

  • Menjaga metabolisme di dalam tubuh.
  • Meningkatkan fungsi kerja otak.
  • Air putih dapat mengeluarkan racun yang terdapat di dalam tubuh.
  • Membantu kerja jantung.
  • Dengan minum air putih secukupnya, sakit kepala dapat dihindari.
  • Mengurangi penyakit batu ginjal.
  • Air dapat mengobati penyakit stroke. 
  • Air dapat menghilangkan rasa lapar.
  • Air dapat melangsingkan tubuh.
  • Kulit akan terasa halus dan sehat.
  • Meningkatkan aliran darah di dalam tubuh.
  • Dapat menyembuhkan sembelit.
  • Minum air putih, dapat mengurangi rasa nyeri.
  • Menyembuhkan flu dan batuk.
  • Air dapat meningkatkan kewaspadaan setiap saat serta membuat tubuh tetap sehat dan bugar.

Demikianlah fungsi air bersih yang sangat penting bagi kesehatan manusia. Bayangkan saja jika air bersih tidak terjamin, kesehatan yang akan menjadi taruhannya. 

Banyaklah minum air putih yang bersih, sehat, dan mengandung mineral karena akan semakin baik untuk membantu gaya hidup sehat Anda. Jadi, pastikan untuk minum air putih setiap hari.

Air Bersih untuk Kehidupan Hewan dan Tumbuhan

Air yang bersih tidak hanya dibutuhkan oleh manusia. Hewan dan tumbuhan juga sangat membutuhkan air yang bersih demi menunjang kehidupannya. Air yang dibutuhkah oleh hewan digunakan untuk bertahan hidup. 

Selain makanan, hewan juga butuh air untuk diminum. Jika hewan tidak minum air, akan mengakibatkan kematian, sebab di dalam tubuh hewan kekurangan banyak air.

Sementara pada tumbuhan, air digunakan untuk proses fotosintesis. Proses fotosintesis merupakan proses tumbuhan dalam membuat makanan sendiri agar tetap bertahan hidup. Antara manusia, hewan, dan tumbuhan, makhluk hidup yang dapat membuat makanan sendiri hanyalah tumbuhan.

Tumbuhan juga dikatakan sebagai produsen, karena manusia dan hewan bergantung pada tumbuhan. Jika tidak ada air, tumbuhan pun tidak dapat membuat makanan sendiri. Akibatnya, tumbuhan akan mati. 

Jika di bumi ini tidak ada tumbuhan, hewan pun akan kesulitan mencari makan. Manusia pun juga akan mengalami masa kelaparan. Oleh karena itu, air bersih sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup.

Demikian kegunaan air bersih yang sangat dibutuhkan makhluk hidup sebagai sumber kehidupan. Karena air bersih begitu penting sekali, maka jagalah kebersihan air. Jagalah lingkungan sekitar Anda agar tetap bersih dan sehat. Lingkungan yang sehat, maka kesehatan pun akan terjaga.

Semoga informasi tentang manfaat air bersih ini bermanfaat bagi Anda dan dapat meningkatkan gaya hidup yang sehat. Jadilah manusia yang ramah terhadap lingkungan di sekitar Anda. 

Posting Komentar untuk " Pentingnya Manfaat Air Bersih bagi Semua Makhluk Hidup"