Spesies Yang Hidup Di Hutan Hujan Tropis

 

Spesies Yang Hidup Di Hutan Hujan Tropis
image via freepik

Spesies Yang Hidup Di Hutan Hujan Tropis - Hujan tropis adalah ekosistem unik yang menjadi rumah bagi banyak tumbuhan (flora) dan hewan (Fauna), bahkan lebih banyak tumbuhan dan hewan daripada yang kita ketahui selama ini. Tumbuhan yang ditemukan di hutan hujan tropis menghasilkan banyak oksigen yang penting bagi planet kita. Selain itu, banyak tumbuhan memiliki khasiat penyembuhan yang unik melawan berbagai macam jenis penyakit.

Hutan hujan tropis adalah rumah bagi banyak spesies hewan langka seperti Tapir Brasil, yang hanya ditemukan di beberapa wilayah Amerika Selatan. Tapir Brazil adalah mamalia yang suka hidup di dekat air, berenang dan menyelam, memakan daun dan ranting kecil. 

Secara alami, Tapir takut pada sesuatu yang lebih besar dari dirinya sendiri tidak berbahaya bagi manusia. Ia suka tinggal terutama di dekat danau dan kolam yang ada di hutan hujan tropis. Selain itu masih banyak hewan unik lainnya yang menjadikan hutan hujan yang indah ini sebagai rumah mereka.

Tapir
image via freepik

Ada juga banyak jenis burung yang bisa ditemukan di hutan hujan. Salah satu jenis burung tersebut adalah Crested Guan, yang dapat ditemukan di ujung utara Amerika Selatan. Burung ini hidup di pepohonan tinggi di hutan hujan dan hidup dari benih dan buah-buahan yang tersedia di lantai hutan hujan tropis. 

Setelah hewan dan burung, terdapat pula reptil. Salah satu spesies reptil yang tidak biasa adalah reptil yang disebut "Naga Terbang" yang ditemukan di hutan Indonesia dan Filipina. Namanya diambil dari fakta bahwa ia dapat terbang dari satu pohon ke pohon lain dengan penutup kulitnya. Ia hidup dari serangga dan semut. Hutan ini juga memiliki kegunaan lain untuk reptil ini. Pada saat berkembang biak, reptil ini mengubur telurnya di tanah subur di hutan hujan untuk berkembang biak.

Kukang adalah hewan lain yang unik di hutan hujan tropis. Hewan ini akan menghabiskan sebagian besar waktunya di puncak pohon dengan tidur nyenyak. Pada malam hari Anda akan menemukan dia memakan pucuk dan daun, burung kecil, telur burung, dan serangga yang dia temukan di tanah. 

Spesies Yang Hidup Di Hutan Hujan Tropis
image via freepik

Kukang adalah binatang yang bergerak dengan sangat lambat tetapi Anda akan jarang melihatnya tersandung saat dia berjalan dari puncak pohon ke lantai hutan. Anda bahkan mungkin melihatnya tergantung terbalik dari kakinya. 

Anda juga akan menemukan banyak jenis ular di hutan hujan tropis ini. Salah satu varietas tersebut disebut Vine Snake. Namanya diambil dari ukuran diameter ular yang hanya setengah inci. Faktor lainnya adalah kemampuannya untuk berayun dari satu sisi ke sisi lain, seperti pohon anggur tertiup angin, ketika ketakutan misalnya dalam situasi ketika dikuntit oleh predator. 

Ular ini ditemukan terutama di Amerika Selatan bagian tengah dan utara. Itu memakan kadal dan burung kecil. Burung kecil ini sering dicuri oleh ular ini dari sarangnya. Sedangkan kadal didapat dari pohon atau berlari di lantai hutan

Selain itu hutan hujan tropis dipenuhi dengan banyak hewan asli. Hutan hujan tropis adalah lingkungan yang indah yang terkadang bisa menjadi sangat keras. Akibatnya, banyak dari hewan-hewan ini memiliki ciri-ciri khusus untuk menghadapi dan bertahan hidup dalam kondisi yang keras ini. Keajaiban hutan hujan ini, informasi tentang tumbuhan dan hewan terus memukau kita dari hari ke hari saat terungkap.

Jangan lupa berkunjung ke blog saya di www.duniasains.my.id untuk membaca artikel menarik lainnya.

0 Response to "Spesies Yang Hidup Di Hutan Hujan Tropis "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel