Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kura-Kura Matahari yang Eksotis

Kura-kura bukanlah hewan yang asing di dalam kehidupan kita, semua orang tentu pernah mengenal hewan yang satu ini. 

Hewan reptil yang memiliki tempurung sebagai rumahnya ini terdiri dari berbagai jenis. Salah satu kura-kura yang memiliki keunikan eksotis adalah Kura-Kura Matahari.

Saat ini, kura-kura matahari mulai langka dan susah ditemukan. Habitat mereka adalah hutan basah/ hutan hujan, bisa juga ditemukan di pinggiran sungai-sungai yang dangkal. 

Kura-kura matahari ini tersebar di beberapa wilayah, seperti Indonesia (khususnya di Pulau Kalimantan dan Sumatera), Malaysia, Singapura, Filipina, atau Thailand.

Ciri Fisik

Rata-rata kura-kura matahari memiliki warna kulit coklat agak keabu-abuan. Sedangkan warna tempurungnya berwarna coklat muda atau gelap, ada juga yang coklat muda terang hingga tampak seperti kemerahan.

Bentuk kepala, kaki dan tangan, hampir tak ada bedanya dengan kura-kura jenis lain. Berkulit agak kaku dan memiliki cakar kecil pada tangan dan kakinya

Kura-kura matahari yang dalam nama latinnya disebut sebagai Heosemys spinosa ini memiliki ciri khas yang menonjol pada tempurungnya.

Untuk kura-kura matahari yang masih kecil, tempurung kura-kura yang keras ini memiliki duri besar atau gerigi tajam. Gerigi-gerigi tajam ini terdapat di sekeliling tepi tempurung kura-kura.

Namun, untuk kura-kura matahari yang sudah dewasa, gerigi tajam ini mulai berubah bentuk. 

Semuanya mulai tumpul bahkan ada kura-kura matahari dewasa yang geriginya hampir tidak terlihat lagi. Dari keunikan gerigi tajam inilah, nama kura-kura matahari muncul.

Ukuran badan kura-kura matahari ini bisa mencapai 20-25 cm ketika sudah dewasa. Ketika kecil, hampir sama dengan kura-kura brazil yang banyak dipelihara orang.

Memelihara Kura-Kura Matahari

Apakah Anda tertarik memelihara kura-kura yang unik ini? Tidak terlalu susah, perawatannya hampir sama seperti merawat kura-kura jenis lainnya.

Pada dasarnya, kura-kura matahari ini adalah jenis kura-kura semi-akuatik, yang artinya hidup di air dan di darat. 

Jadi Anda bisa tempatkan kura-kura matahari ini di akuarium yang diberi sedikit air dan batu-batuan kecil sebagai pijakan. Anda juga bisa menaruhnya di kolam yang tidak terlalu dalam.

Untuk menghindari kura-kura matahari dari serangan penyakit, bersihkan kandang dan gantilah air secara rutin.

Makanan kura-kura matahari tidaklah susah. Mereka menyukai buah-buahan yang lunak, seperti melon, tomat, mangga atau pisang. 

Berilah makan 2 hari sekali. Selain buah, Anda juga bisa memberi atau mencampur makanan mereka dengan konsentrat khusus kura-kura sebagai penambah nutrisi.

Post a Comment for " Kura-Kura Matahari yang Eksotis"