Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Manfaat Enzim Papain

 

Mengenal Manfaat Enzim Papain

Getah pepaya, baik dari tangkai atau buahnya, rupanya memiliki kandungan satu zat yang sanggup merubah protein atau disebut protease. Zat ini disebutkan sebagai enzim papain. Sebetulnya, enzim papain sudah dikenal dari dahulu oleh masyarkat Indonesia.

Umumnya, masyarakat kita memakai daun pepaya untuk membuntel daging yang keras hingga menjadi lunak dan nikmat jika dimakan. Tetapi, karena keterbatasan ilmu dan pengetahuan waktu itu, masyarakat kita belum ketahui nama zat itu.

Beragam Faedah Enzim Papain

Saat ini, enzim papain sudah berperan besar dalam menolong sektor mikrobiologi, biokimia, atau industri-industri berbasiskan biologi. Enzim papain tidak hanya sanggup merusak protein, tetapi dapat menghidrolisisnya. 

Kekuatan hidrolisis ini benar-benar dibutuhkan dalam pembuatan asam amino, baik di sektor industri makanan, minuman, atau farmasi.

Khusus dalam sektor farmasi dan beberapa obat, enzim papain berperan sebagai zat aktif dalam obat untuk membenahi keadaan perncernaan manusia atau bahan aktif dalam membunuh cacing di organ perncernaan.

Selain di bagian penyembuhan, enzim papain berguna dalam industri makanan, salah satunya sebagai bahan yang menjadikan sebuah biskuit terasa gurih dan nikmat dicicipi. Enzim papain berperan menjernihkan teh hingga terlihat bening dan nikmat. Disamping itu, enzim papain sanggup menggumpalkan susu dengan alami.

Ambil Enzim Papain

Kita sebetulnya sanggup mendapatkan enzim papain dari tanaman pepaya secara mudah dan simpel. Alat dan bahan yang dibutuhkan diantaranya seperti berikut.

  • Larutan sulfit 0,7% (dapat dibeli ke toko kimia).
  • Alat sadap untuk ambil getah papaya.
  • Plastik.
  • Timbangan (bisa memakai timbangan simpel, bisa menggunakan timbangan digital).
  • Pencampur adonan kue atau mixer.
  • Baki plastik.

Beberapa langkah isolasi enzim papain secara simpel adalah seperti berikut:

Cederai buah atau tangkai papaya dengan catatan lewat alat sadap getah sejauh kurang lebih 20 cm ke bawah dengan kedalaman cedera di antara 1 sampai 2 mm, tipis saja. Anda dapat mencederai lebih satu sisi untuk memperoleh getah yang semakin banyak. 

Ketentuannya, jarak cedera itu tidak boleh terlampau dekat (harus dipahami jika waktu yang terbaik untuk menyadap getah papaya adalah saat sebelum matahari keluar dan saat sebelum matahari terbenam, di sore dan pagi hari).

Sesudah itu, segera tampung getah yang keluar dari buah pepaya atau tangkai pepaya itu. Agar sedikit getah yang terbuang lewat alat sadap, Anda bisa melakukan modifikasi alat sadap dengan menutup beberapa alat sadap memakai plastik.

Jika getah yang didapatkan telah lumayan banyak, Anda bisa mengambil getah itu dari alat sadap. Timbanglah getah yang Anda peroleh. Lantas, campur getah Anda dengan larutan sulfit 0,7% sebagai zat pelarut enzim papain dengan perbedaan 1 sisi getah dibandingkan 4 sisi larutan. Aduklah larutan itu memakai mixer yang sudah Anda persiapkan.

Sesudah tercipta adonan warna putih dan mengental, tuang adonan itu ke baki plastik punya Anda dengan tebal di antara 1 sampai 2 cm.

Enzim papain simpel dapat Anda dapatkan sesudah menjemur dan mengeringkan adonan itu di bawah cahaya matahari lebih kurang sepanjang delapan sampai sepuluh jam.

Post a Comment for " Mengenal Manfaat Enzim Papain"