Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mempercepat Proses Pencernaan dengan Enzim Pencernaan

Mempercepat Proses Pencernaan dengan Enzim Pencernaan

Enzim pencernaan ialah semacam protein yang berperan percepat atau perlambat proses pencernaan pada tubuh manusia. Satu reaksi kimia yang mengikutsertakan enzim, sebelumnya akan membuat satu sari pati, yang seterusnya akan diganti jadi tipe molekul yang lain berlainan.

Ada bermacam enzim pencernaan yang turut serta pada proses pencernaan makanan pada tubuh manusia. Enzim pencernaan itu ada pada mulut, lambung, sampai usus, yang berperan untuk menolong proses pencernaan makanan.

Enzim telah dikenali dari dulu. Beberapa pakar biologi telah mengenali semacam enzim yang dijumpai percepat proses pencernaan daging dalam perut manusia sekitaran era ke-18. Seterusnya era ke-19, Louis Pasteur mengenalnya juga saat dia ketahui jika gula bisa beralih menjadi alkohol.

Baru pada 1877, William Kuhne mengatakan zat kimia yang percepat proses pencernaan itu bernama enzim. Dan, tahun 1907 Edouard Buchner mendapat penghargaan nobel untuk risetnya dalam mendapati enzim pada peragian sukrose (semacam zat gula).

Banyak peranan enzim yang layani proses penting dalam makhluk hidup, salah satunya pencernaan makanan. Beberapa enzim bisa bekerja secara bertepatan, membuat performa serasi untuk percepat proses pencernaan, sama seperti yang ada dalam lambung dan usus lembut.

Bisa saja, tanpa beberapa enzim itu, proses pencernaan tidak capai hasil yang maksimal. Misalkan, proses pelumatan makanan dalam mulut atau lambung akan jalan lamban. Bahkan juga macet sama sekalipun.

Enzim Pencernaan dalam Mulut

Mulut sebagai pelabuhan pertama untuk makanan saat lewat proses pencernaan. Dalam mulut ada enzim yang menolong proses pencernaan secara teknisi, yang sudah dilakukan oleh gigi dan ditolong oleh lidah dan air ludah.

Seperti sudah kita kenali, dalam mulut makanan dikunyah secara teknisi oleh gigi, ditolong oleh lidah yang berperan membolak-balik makanan yang dikunyah. Air ludah berperan untuk memberi kelembapan dalam mulut, hingga proses pengunyahan berjalan bisa lebih cepat.

Enzim yang berperanan dalam menolong proses pencernaan dalam mulut dikenali bernama lipase dan enzim amilase. Enzim lipase dan enzim amilase dalam mulut benar-benar menolong proses pencernaan makanan dalam mulut.

Enzim lipase berperan merinci zat gula pada makanan jadi zat gula yang lain yang diberi nama monosakarida dan disakarida. Dan enzim amilase berperan merinci zat tepung (karbohidrat) yang ada pada makanan jadi zat gula yang disebutkan polisakarida.

Ada ke-2 enzim itu membuat proses pencernaan yang sudah dilakukan dalam mulut dipercepat hingga dengan kontribusi lidah dan pergerakan otot pada tenggorokan, proses pencernaan diteruskan dalam lambung, usus kecil, dan usus besar.

Enzim Pencernaan dalam Lambung dan Usus

Dalam lambung, ada juga beberapa enzim yang menolong pencernaan makanan, salah satunya enzim pepsin. 

Enzim itu berperan untuk pecahkan protein yang ada pada makanan, pada temperatur dan tingkat keasaman lambung tertentu dan ditolong oleh asam lambung, supaya tingkat keasaman lambung ada pada kondisi yang mendukung kerja maksimal enzim itu.

Kerja enzim pepsin pecahkan protein pada makanan sampai jadi serangkaian protein berbentuk lebih simpel, yang lebih gampang diserap oleh badan. Makanan yang telah lewat pencernaan dalam lambung akan capai wujud 1/2 larutan yang warna putih seperti susu disebutkan dengan chyme.

Sesudah tinggalkan lambung, makanan akan capai usus lembut, di mana di situ juga ada enzim yang menolong pencernaan. Dalam usus lembut ada enzim yang berperan untuk merusak zat gula yang ada pada makanan sampai jadi wujud paling simpel yang bisa diserap oleh badan.

Beberapa enzim yang ada dalam usus ialah enzim maltase, enzim sukrose, dan enzim laktase. Disamping itu ada enzim tripsin dan kimotripsin, sebagai enzim pemecah protein, yang menolong kerja pencernaan dalam usus lembut supaya makanan bisa berbeda wujud sampai jadi molekul (wujud zat paling kecil) yang bisa diserap oleh kelenjar limfa.

Seterusnya, dari usus lembut makanan capai usus besar, di mana terjadi reaksi peragian (mengikutsertakan kerja enzim) hingga bisa memfilter bakteri yang ada pada makanan.

Itulah ulasan tentang Mempercepat Proses Pencernaan dengan Enzim Pencernaan. Semoga informasi ini berguna dan bermanfaat.

Post a Comment for " Mempercepat Proses Pencernaan dengan Enzim Pencernaan"