Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Enzim Pankreas

 

Mengenal Enzim Pankreas

Dalam mekanisme pencernaan manusia, pankreas benar-benar berperan penting. Organ ini berbentuk kelenjar panjang warna putih yang cukup menyempit. Berada di sisi tengah rongga perut sisi atas (persisnya di bawah lambung dan berada dari sisi usus duabelas jemari) dengan panjang 14-18 cm. dan berat 65-67 gr.

Pankreas mengeluarkan getah pankreas yang diteruskan ke usus lembut. Formasi getah pankreas tergantung pada tipe makanan yang dikonsumsi. Getah pankreas terbagi dalam enzim amilase pankreas (amylopsin), enzim lipase pankreas, tripsinogen, dan natrium bikarbonat. Getah pankreas ini disebutkan enzim pankreas.

Pankreas menghasilkan beberapa macam enzim untuk menolong pencernaan lemak, protein, hidrat arang, dan asam-asam nukleat di usus kecil (lembut). Pankreas menghasilkan cairan dan getah-getah pencernaan untuk mengolah makanan itu yang dikenal dengan enzim pankreas.

Disamping itu, pankreas juga menghasilkan cairan alkalis untuk menetralisasi asam lambung yang tercampur dalam chime hingga pH di usus dua belas jemari agar dapat terus bersifat basa.

Peran Enzim Pankreas

Umumnya enzim pencernaan dibuat oleh kelenjar pankreas. Pada tubuh, ada dua kelompok enzim, yakni enzim pencernaan sebagai katalisator dan enzim metabolisme yang bertanggung-jawab untuk membuat, membenahi dan membuat kembali beberapa sel pada tubuh. 

Bila badan kekurangan enzim, perut akan kesulotan dalam mengolah makanan. Selanjutnya, perut akan terasa sakit dan bisa jadi terjadi diare.

Pankreas tidak bisa menghasilkan semua enzim di saat bertepatan sehingga bila kebanyakan tipe makanan yang masuk bertepatan akan merepotkan peranan pankreas. 

Selainnya enzim, pankreas menghasilkan hormon insulin dan glucagon yang berperan atur kandungan gula darah. Masalah pada peranan pankreas bisa memunculkan penyakit diabetes karena kenaikan kandungan gula darah jadi tidak teratasi.

Pankreas memiliki kandungan sel yang bisa menghasilkan getah pankreas. Getah pankreas adalah getah pencernaan yang paling bermanfaat untuk memproses tiga kelompok bahan makanan, yakni karbohidrat, protein, dan lemak. Getah pankreas ini khususnya terbagi dalam air, bikarbonat, dan enzim.

Peranan enzim pankreas adalah sebagai berikut:

1. Enzim amilase atau amylopsin berperan untuk mengganti karbohidrat (zat tepung) menjadi gula-gula yang lebih simpel seperti maltosa.

2. Enzim lipase berperan dalam mengganti lemak menjadi asam lemak dan gliserol.

3. Enzim tripsin untuk mengolah protein. Mengganti protein menjadi wujud yang lebih simpel, seperti pepton dan asam amino.

4. Natrium bikarbonat membuat suasa basa yang mengaktifkan beberapa enzim.

5. Pengeluaran getah pankreas dikuasai oleh hormon yang dibuat oleh beberapa sel selaput lendir aliran pencernaan.

Bukti Pankreas

Biasanya, aliran pankreas dan empedu bersumber menjadi satu dalam suatu lubang kecil pada dinding usus dua belas jemari. 

Di lubang itu, ada katup pengaman yang berperan menahan enzim naik kembali lagi ke pankreas karena enzim yang telah keluar tidak bisa diserap kembali oleh pankreas.

Post a Comment for "Mengenal Enzim Pankreas"