Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Enzim Bromelin, Enzim Alami Buah Nanas

enzim-bromelin
credit:instagra[email protected]_fateh_

Enzim bromelin adalah enzim yang alami dan ada pada buah serta tangkai nanas. Bromelin terhitung enzim proteolitik yang menolong mengolah protein. Bromelin populer sebagai antiradang, misalnya arthritis.

Sekarang ini bromelin dipakai sebagai suplemen. Bromelin diekstrak dari nanas, selanjutnya dihidangkan berbentuk kapsul atau tablet. Karena kekuatannya mengolah protein, bromelin digunakan untuk melunakkan daging. Konsentrat bromelin berbentuk salep dipakai untuk terapi di kulit yang terbakar.

Langkah Kerja Bromelin Dalam Tubuh

Bromelin sebagai antikoagulan alami yang bekerja dengan merusak protein fibrin pembeku darah. Selainnya mencairkan darah, bromelin mencairkan lendir hingga memudahkan pasien asma dan bronkitis akut. 

Riset memperlihatkan jika bromelin bisa memacu kerja sel darah putih sehingga meningkatkan mekanisme imun badan.

Bromelin meningkatkan kerja antibiotik seperti amoksilin, eritromisin, penicilamin, dan penisilin. Dalam sebuah riset pada kasus infeksi saluran kencing, 100% pasien yang dikasih antibiotik dan bromelin bisa pulih kembali dibandingkan dengan 46% pasien yang hanya dikasih antibiotik saja.

Bromelin menolong pencernaan dengan meningkatkan kerja enzim pencernaan yakni tripsin dan pepsin. Bromelin mengobati diare yang dikarenakan oleh kekurangan enzim pencernaan. 

Suplemen bromelin kerap memiliki kandungan pigmen dari tumbuhan yang disebutkan quercetin. Dua zat itu digabungkan karena sama-sama meningkatkan peran antiradang dan bromelin meningkatkan absorbsi quercetin.

Berikut rangkuman faedah enzim bromelin, antara lain:

1. Bromelin mengurangi bengkak, radang dan ngilu sesudah mengalami cedera.

2. Memudahkan sinusitis. Bromelin mengurangi hidung mampet dan batuk.

3. Ikut menolong pencernaan protein. Bromelin dipakai untuk menangani perut kembung dan masalah pencernaan lainnya. Bromelin bisa dipakai secara terpisah atau digabungkan dengan enzim lain seperti lipase yang mengolah lemak dan amilase yang mengubah zat tepung.

4. Mengurangi rasa ngilu pada pasien osteoarthritis. Dalam masalah ini bromelin kerap dipakai berbentuk suplemen.

Riset memperlihatkan jika bromelin adalah produk pendamping yang baik dalam perawatan kanker.

Efek Samping

Efek yang kerap ditemukan diantaranya mual, diare, muntah, kenaikan detak jantung, mengantuk terlalu berlebih, dan menstruasi yang terlalu berlebihan. Seorang yang alergi pada nanas dianjurkan tidak mengkonsumsi bromelin.

Bromelin bisa memunculkan alergi dan tanda-tanda asma seperti napas sesak, gatal-gatal, dan ruam. Reaksi alergi pada bromelin dapat terjadi pada seorang yang alergi pada lateks, wortel, seledri, gandum, pepaya, dan serbuk sari.

Seseorang dengan masalah pencernaan harus berkonsultasi dulu dengan dokter saat sebelum mengkonsumsi bromelin. Demikian pula dengan pasien yang mengalami masalah (gangguan) darah. Bromelin jangan dimakan dua minggu sebelum dan setelah pengobatan.

Saat ini keamanan mengkonsumsi bromelin pada ibu hamil dan menyusui, anak-anak dan pasien penyakit ginjal atau hati masih ditelaah lebih lanjut oleh para ilmuwan.

Post a Comment for " Enzim Bromelin, Enzim Alami Buah Nanas"