Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bakteri TBC Bisa Menginfeksi Hampir Seluruh Organ Tubuh

Bakteri TBC Bisa Menginfeksi Hampir Seluruh Organ Tubuh

Bakteri TBC atau tuberkulosis dikenal sebagai bakteri patogen, yaitu bakteri yang dapat menimbulkan penyakit pada manusia, hewan dan tumbuhan. Nama lengkapnya mycobacterium tuberculosis atau abasilus Koch, diambil dari nama Robert Koch, ilmuwan Jerman yang pada 24 Maret 1882 membeberkan kepada dunia  tentang apa dan bagaimana bakteri ini sebenarnya.

Bakteri yang bila dilihat dari mikroskop berbentuk basil atau batang ini merupakan bakteri penyebab kematian terbesar ketiga di Indonesia. Jumlah penderita TBC terus bertambah setiap tahunnya hingga mencapai setengah juta kasus. 

Jumlah kematian pun menembus angka 140.000 jiwa. Penyakit ini menyerang paru-paru manusia yang kita ketahui merupakan organ vital dalam proses respirasi.

Salah satu penyebab utama mengapa kasus TBC terus meningkat adalah karena penderita TBC tidak tuntas berobat, meskipun pemerintah sudah mengusahakan pengobatan gratis bagi mereka yang kurang mampu. 

Bila pengobatan tidak dilakukan secara rutin, maka pasien harus mengulang kembali dari awal atau dari nol. Hal ini belum tentu ini berhasil mengingat daya tahan tubuh pasien yang semakin melemah dari waktu ke waktu.

Penularan TBC

Bakteri TBC dapat hidup di tempat yang ada oksigennya. Oleh karena itu, ia menular dari satu orang ke orang lainnya melalui udara yang mereka hirup bersama. Lebih sering ketika sang penderita TBC batuk.

Mikrobakterium tuberkulosa yang berkumpul dalam paru-paru kemudian berkembang biak dalam jumlah yang cukup banyak. Waktu yang mereka butuhkan untuk melakukan pembelahan diri antara 16 hingga 20 jam.

Namun tidak sampai di situ, bakteri ini selanjutnya bisa menjalar ke organ tubuh lainnya seperti ginjal, otak, saluran pencernaan, kelenjar getah bening, dan tulang melalui pembuluh darah. Bagi mereka yang daya tahan tubuhnya rendah, penyebaran bakteri ini bisa jadi sangat cepat.

TBC memang bisa menyerang siapa saja termasuk saya dan juga Anda. Namun, umumnya penderita TBC dewasalah yang lebih sering menularkan bakteri tersebut. Dan pada anak-anak dengan mudah terinfeksi.

Gejala  Penyakit TBC

Gejala yang ditimbulkan oleh adanya aktivitas bakteri tuberkulosa dalam tubuh tidaklah terlalu berbeda dengan virus influenza. Umumnya, calon penderita akan mengalami demam yang mudah datang, mudah pula pergi. Lalu nafsu makan berkurang sehingga berat tubuh pun menurun.

Selama lebih dari 3 minggu ia akan batuk terus-menerus, bahkan disertai darah. Perasaan tidak bersemangat, lemah, dan tidak enak juga kerap muncul selama fase ini.

Gejala lebih lanjut akan terlihat bila mikrobakterium tuberkulosa ini sudah masuk ke dalam organ tubuh. 

Gejala tersebut di antaranya:

  • Saat masuk ke saluran pernapasan yang menuju ke paru-paru, napasnya menjadi sesak.
  • Sakit dada bisa terjadi bila bakteri mulai menginfeksi pleura sehingga menimbulkan rongga tersebut berair.
  • Meyebabkan meningitis atau radang selaput otak pada anak-anak dengan gejala demam tinggi hingga kejang-kejang.

Itulah ulasan singkat terkait dengan  Bakteri TBC Bisa Menginfeksi Hampir Seluruh Organ Tubuh. Semoga ulasan singkat ini bermanfaat untuk Anda.

Posting Komentar untuk " Bakteri TBC Bisa Menginfeksi Hampir Seluruh Organ Tubuh"