Sejarah Gergaji Mesin (Chainsaw)

 

Sejarah Gergaji Mesin (Chainsaw)
credit:https://www.husqvarna.com/

Sejarah Gergaji Mesin (Chainsaw) - Gergaji mesin telah memberikan dampak besar pada perkembangan sektor industri kayu dan kehutanan. Meskipun saat ini kita menganggap remeh mereka, kenyataannya nenek moyang kita dahulu mengumpulkan kayu dengan menggunakan kapak dan benda berat lainnya, dimana hal itu adalah hal yang berat dan memakan banyak waktu.

Dan itulah realitas mereka, dari zaman kuno hingga konsepsi gergaji modern pertama. Penebangan pojon yang berbahaya dan memakan banyak waktu, tantangan yang membutuhkan koordinasi dan ketekunan.

Pada masa lalu, hutan adalah pusat dari peradaban manusia. Masyarakat yang menghasilkan lebih banyak kayu mampu membangun tempat berlindung, sehingga bertahan dalam kondisi cuaca buruk dan mengatasi kesulitan lainnya.

Kayu digunakan untuk membuat banyak perkakas sederhana dan struktur yang lebih kompleks. Mereka yang menguasai produksi kayu juga mampu menguasai unsur-unsurnya. Dengan kayu muncul api. Api kemudian digunakan untuk memanaskan logam, menciptakan senjata, baju besi, dan mesin perang yang lebih canggih.

Tak perlu dikatakan lebih banyak lagi, karena relaitasnya kayu akan menguasai dunia.

Apa itu Gergaji Mesin

Gergaji mesin biasanya merupakan alat listrik portabel yang memiliki seperangkat gigi pada rantai tanpa akhir. Ia mampu dengan cepat memotong batang pohon atau ranting pohon.

Dahulu, Anda perlu menarik gergaji tangan secara manual bolak-balik untuk memotong kayu, tetapi dengan gergaji rantai, daya pemotongan berasal dari rantai logam yang berputar di sekitar pisau gergaji. Hampir semua gergaji mesin memiliki motor yang ditenagai oleh bensin.

Gergaji mesin digunakan untuk menebang pohon, memangkas, memperlambat atau membuat firebreaks dalam pemadaman kebakaran hutan liar.

Gergaji mesin telah berkembang sebagai alat dengan kombinasi bar rantai yang dirancang khusus untuk digunakan dalam pabrik gergaji mesin. Gergaji rantai khusus mampu memotong beton dan bahkan dapat digunakan untuk memotong es dan sebagainya.

Gergaji Modern

Gergaji Modern sudah digunakan selama kuartal pertama abad ke-19. Di Inggris, gergaji bundar dan gergaji pita besar digunakan sebagai alat untuk memurnikan dan memotong kayu besar dengan ketebalan dan panjang yang diinginkan. Sumbu masih digunakan karena gergaji tidak dapat memotong batang yang tebal.

Asal muasal munculnya gergaji modern masih diperdebatkan. Gergaji mesin pertama dirancang oleh ahli ortopedi Jerman Bernhard Heine pada tahun 1830. Dia menyebutnya "osteotome", dari bahasa Yunani "osteo" (tulang) dan "tome" atau "tomi" (potong).

Gergaji mesin ini, digunakan untuk tujuan medis. Mereka menyerupai gergaji modern dalam desain tetapi lebih kecil dan membutuhkan putaran manual pegangan untuk memindahkan pisau yang membawa gigi pemotong.

Pada awal abad ke-20, banyak peneliti mencari cara untuk memberi daya pada gergaji mesin yang lebih kuat dan efisien. Paten pertama untuk gergaji listrik, sebutan “gergaji rantai tak berujung”, diberikan kepada Samuel J. Bens.

Pada tahun 1926, gergaji listrik pertama yang akan pindah ke jalur produksi dipatenkan oleh Andreas Stihl. Itu adalah model yang berat dan besar, dengan berat 116 pon. Dia membawa model tersebut ke Eropa pada tahun 1941. 

Sebelum akhir Perang Dunia II, semua gergaji mesin beroda dan harus dibawa serta digunakan oleh dua orang. Ketika paduan aluminium dan bagian baja tempa lainnya dikembangkan, gergaji mesin mulai menjadi lebih ringan.

Evolusi Gergaji Mesin

Setelah gergaji mesin dibawa ke Eropa, semuanya berubah. Pada tahun 1959, Husqvarna meluncurkan gergaji mesin pertamanya, Husqvarna 90, sebuah mesin cantik yang dilengkapi dengan muffler mutakhir yang akan mengurangi tingkat kebisingan hingga 100%.

Inovasi tidak berhenti sampai di situ. Pada tahun 1964, Stihl memperkenalkan pegangan anti-getaran pertama yang menggunakan elemen penyangga untuk menyerap getaran dari blade dan mesin. Namun, Husqvarna menyempurnakan mekanisme anti-getaran dengan Husqvarna 180. Model itu sukses besar, memulai ekspor ke benua Amerika Utara.

Terobosan besar datang pada tahun 1973, ketika Husqvarna, yang peduli dengan masalah keselamatan, membuat pemutusan rantai otomatis. Standar keselamatan secara efektif ditetapkan oleh desain revolusioner Husqvarna. Ribuan potensi luka karena kecelakaan dicegah akibat penemuan ini.

Pada 1980, Husqvarna meluncurkan Husqvarna 40, gergaji mesin yang terbuat dari bahan komposit ringan. Desainnya yang ringkas dan bobot yang lebih ringan membuatnya dapat digunakan untuk jangka waktu yang lebih lama.

Husqvarna merevolusi industri gergaji sekali lagi dengan memperkenalkan dunia pada fungsi AutoTune. Inovasi baru, diperkenalkan pada tahun 2009, mengatur aliran bahan bakar secara otomatis, mengoptimalkan kinerja dan meminimalkan emisi gas buang.

Pada 2012, Husqvarna meluncurkan berbagai produk baterai yang menawarkan performa bensin. Ini secara efektif berarti nol emisi langsung dan pengurangan tingkat kebisingan. Hasilnya, perawatan disederhanakan dan tingkat getaran mencapai rekor terendah.

Masa Depan yang Cerah

Kita telah menempuh perjalanan jauh dari kapak berat dan osteotom medis. Gergaji mesin semakin kuat dan lebih kuat dari tahun ke tahun. Dengan menggunakan gergaji mesin terbaik yang ditawarkan pasar, Anda berkontribusi pada evolusi konstan industri gergaji mesin.

Masih memimpin industri saat ini, Husqvarna membawa gergaji modern ke level berikutnya. Dimulai dengan X-Cut Saw Chain 2016, Husqvarna menawarkan pengalaman pemotongan baru yang menghasilkan efisiensi lebih tinggi. 

Saat mencari gergaji mesin baru, Anda menginginkan mesin yang dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan efisien. Anda juga mencari pengalaman pemotongan yang nyaman yang baik untuk Anda dan lingkungan. 

Gergaji mesin Husqvarna dilengkapi dengan fitur X-Torq®Histo, yang menghasilkan gergaji hemat bahan bakar yang mengurangi tingkat emisi gas buang sekaligus menghasilkan lebih banyak tenaga.

Masa depan industri gergaji terletak pada mereka yang tahu apa yang dibutuhkan pelanggan mereka; mereka yang tahu cara menyampaikan, sambil selalu mencari cara baru untuk berinovasi dan memajukan industri. 

Husqvarna berusaha keras untuk membuat gergaji mesin yang dapat memotong lebih banyak, lebih panjang, dan lebih baik. Sukses tidak memperlambat inovasi.

Timeline Sejarah Singkat Gergaji Mesin

Sejarah Gergaji Mesin (Chainsaw)
credit: https://history.stihl.com/

1. Tahun 1785: Model gergaji tangan muncul di Principles of Midwifery, atau Puerperal Medicine John Aitken. Rantai bergerigi halus digunakan untuk mengangkat tulang yang sakit.

2. Tahun 1926: Andreas Stihl mematenkan gergaji dua orang: model listrik 116 pon, dan gas 139 pon pada tahun 1929. Pasukan AS membawanya pulang dari Eropa pada tahun 1941 untuk ditiru.

3. Tahun 1945: Gergaji mesin sebelum akhir Perang Dunia II adalah perangkat dua orang yang berat, seringkali beroda. Perkembangan paduan aluminium dan bagian baja tempa mengarah ke gergaji satu orang.

4. Tahun 1947: Terinspirasi oleh larva kumbang kayu, yang mengunyah baik di seberang maupun dengan butiran kayu, Joseph Buford Cox menciptakan Cox Chipper Chain.

5. Tahun 1949: McCulloch Motors Corp. meluncurkan gergaji mesin paling ringan di dunia, Model 3-25 seberat 25 pon.

6. Tahun 1964: Stihl memperkenalkan pegangan antivibrasi pertamanya, yang menggunakan elemen penyangga untuk menyerap getaran yang berasal dari mesin dan rantai. Dua tahun kemudian, "Getaran yang Baik" oleh Beach Boys menjadi hit No. 1. (Ini bukan tentang gergaji mesin.)

7. Tahun 1973: Husqvarna membuat pemutus rantai otomatis — tuas yang menghentikan rantai setelah suap, secara harfiah menyelamatkan muka

8. Tahun 1974: Pembantaian Gergaji Rantai Texas "terinspirasi oleh kisah nyata" yang tidak melibatkan Texas , gergaji mesin, atau pembantaian.

9. Tahun 1980: Husqvarna meluncurkan 40, yang memiliki bak mesin yang terbuat dari bahan komposit ringan. Pada '83 perusahaan memperkenalkan 154, yang memiliki banyak komponen plastik.

10. Tahun 2000: Eminem membuka acara memegang gergaji mesin. Tapi Slim Shady yang asli hanya meniru,  rantainya terputus.

11. Tahun 2011: Ian Stewart dari Kanada memecahkan Rekor Dunia Guinness ketika dia membuat 94 tangkapan sambil menyulap tiga gergaji mesin. Stihl's MSA 160 C-BQ lithium-ion melihat debutnya; itu dapat berjalan selama 35 menit.

12. Tahun 2011: Wood Boss Stihl (foto) mengiris, memotong, dan menghasilkan emisi 50 persen lebih sedikit.

Itulah uraian tentang sejarah gergaji mesin, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.

sumber: https://www.husqvarna.com/

0 Response to "Sejarah Gergaji Mesin (Chainsaw)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel