Pedoman Keselamatan Gergaji Mesin

 

Pedoman Keselamatan Gergaji Mesin
credit:pixabay

Pedoman Keselamatan Gergaji MesinTujuan dari pedoman ini adalah untuk membantu mengurangi risiko cedera dan kematian dengan memberikan panduan praktis tentang cara memilih, mengoperasikan dan memelihara gergaji mesin kepada orang-orang yang terkadang merupakan pengguna gergaji.

Gergaji mesin adalah bantuan penghematan tenaga kerja yang sangat diperlukan yang digunakan oleh ribuan petani Selandia Baru, pengumpul kayu bakar, dan pengguna non-kejuruan lainnya. 

Itu membuat pekerjaan ringan menebang dan menebang pohon, tetapi gergaji mesin layak diperlakukan dengan hormat. Digunakan secara sembarangan, tidak dirawat dengan benar, atau perlengkapan yang salah, gergaji mesin bisa menjadi senjata yang mematikan.

Mereka prihatin dengan jumlah kecelakaan yang melibatkan gergaji mesin di tempat kerja, dan telah membuat pedoman ini untuk siapa saja yang terkadang merupakan pengguna gergaji mesin. Ini tidak dimaksudkan untuk pekerja kehutanan profesional karena pekerjaan mereka telah diatur oleh kode keselamatan yang rinci.

Dalam pedoman ini, Anda akan menemukan informasi tentang perangkat keamanan gergaji mesin, pakaian dan perlengkapan pelindung yang harus Anda pakai, dan saran tentang metode kerja yang aman. Ini juga memberikan tip untuk memelihara gergaji mesin Anda dan cara lain untuk melindungi diri sendiri dan orang lain.

Jika Anda baru saja membeli gergaji mesin, Anda harus membaca manual instruksi pabrik dengan hati-hati dan membiasakan diri dengan pengoperasian gergaji mesin Anda. 

Jika Anda belum pernah menggunakan gergaji mesin sebelumnya, praktikkan teknik pemotongan pada tunggul atau batang kayu sebelum Anda mencoba pekerjaan yang lebih serius.

Jika Anda menggunakan gergaji mesin dengan bijaksana, mengikuti teknik yang benar, dan memelihara gergaji Anda sesuai petunjuk produsen, gergaji ini akan memberi Anda layanan yang aman dan bebas masalah.

Jika Anda seorang pemula gergaji mesin, merupakan ide yang bagus untuk mendapatkan pelatihan dari orang yang berkualifikasi. Dengan cara ini Anda belajar melalui pengalaman langsung dan menghindari mengembangkan kebiasaan yang tidak aman sejak awal. 

Dealer gergaji mesin Anda mungkin dapat memberikan instruksi ini atau menghubungkan Anda dengan instruktur yang berkualifikasi.

Apa Tanggung Jawab Pengusaha

Pengusaha memiliki tanggung jawab untuk membuat tempat kerja aman, dan untuk memastikan kesehatan dan keselamatan mereka yang bekerja di atau mengunjungi tempat kerja di bawah kendali mereka. 

Untuk mencapai hal ini pengusaha diharapkan untuk: 

  • Secara sistematis mengidentifikasi bahaya Secara sistematis mengelola bahaya tersebut dengan menghilangkannya, mengisolasi atau meminimalkannya, dalam urutan preferensi tersebut
  • Menyediakan pakaian pelindung dan peralatan yang sesuai untuk staf
  • Memberikan informasi keselamatan kepada staf
  • Memberikan pelatihan atau pengawasan agar dapat bekerja dilakukan dengan aman
  • Memantau lingkungan dan kesehatan karyawan untuk memastikan bahwa pekerjaan mereka tidak berdampak merugikan bagi mereka
  • Memberikan kesempatan bagi karyawan untuk berpartisipasi dalam semua hal di atas.
  • Catat dan selidiki kecelakaan kerja
  • Laporkan kecelakaan serius yang dialami karyawan ke WorkSafe.

Apakah karyawan memiliki tanggung jawab?

Tentu saja iya, karyawan diharuskan mengambil semua langkah praktis untuk memastikan keselamatan diri mereka sendiri dan orang lain di tempat kerja. 

Ini termasuk mempertimbangkan hal-hal yang mereka lakukan dan hal-hal yang mereka abaikan untuk dilakukan (seperti tidak menggunakan perlengkapan keselamatan).

Pengusaha harus menjelaskan kepada karyawan tanggung jawab mereka untuk menggunakan peralatan keselamatan yang disediakan dan mengenakan pakaian pelindung. 

Tingkat yang diharapkan dari tanggung jawab individu karyawan akan sering terlihat meningkat dengan pengetahuan dan senioritas, tetapi tanggung jawab keseluruhan pemberi kerja untuk memastikan tempat kerja yang aman tetap ada.

Langkah-langkah praktis yang dapat diambil karyawan juga termasuk melaporkan kepada pemberi kerja setiap bahaya atau insiden, sehingga pemberi kerja dapat menyelidiki dan memberlakukan pengamanan.

Hak Kesehatan dan Keselamatan Karyawan 

Karyawan berhak untuk:

  • Menerima, tanpa biaya, pakaian pelindung dan peralatan yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan dengan aman.
  • Memakai pakaian pelindung yang sesuai jika mereka ingin menyediakannya
  • Menerima hasil pemantauan yang dilakukan oleh pemberi kerja yang relevan dengan mereka atau tempat kerja mereka
  • Menerima peluang yang wajar untuk berpartisipasi dalam kesehatan dan keselamatan tempat kerja.

Keamanan Area Kerja

  • Penting untuk memeriksa area kerja dari bahaya sebelum Anda mulai menebang atau menebang.
  • Jangan melakukan apa pun yang akan membahayakan orang lain di tempat mana pun di mana Anda menggunakan gergaji mesin (ini termasuk melukai diri Anda sendiri).
  • Periksa apakah tidak ada orang atau hewan di area kerja.
  • Jangan bekerja dalam kondisi cuaca buruk seperti hujan lebat, salju, atau angin kencang.
  • Selalu pastikan Anda memiliki area kerja yang jelas di mana Anda memiliki pijakan yang stabil dan tidak harus menjangkau atau bekerja dengan keseimbangan.
  • Lakukan dengan hati-hati di tanah yang tidak rata atau miring.
  • Matikan gergaji sebelum membawanya. Bawalah dengan pegangan depan dengan palang ke belakang - bukan di bahu Anda.

Jika Anda menebang pohon:

  • Pastikan orang lain setidaknya berjarak dua pohon
  • Selalu rencanakan rute pelarian dan bersihkan ke samping dan belakang.
  • Periksa bahaya di area tersebut - seperti kabel listrik atau telekomunikasi. Jika ragu, mintalah nasihat dari otoritas pengendali.
  • Selalu periksa bahan seperti cabang atau pucuk yang mungkin terlepas dan jatuh ke area kerja saat pohon tumbang.

Transportasi

  • Pastikan gergaji Anda memiliki penutup batang untuk transportasi ke dan dari area kerja.
  • Amankan semua perkakas, gergaji mesin, dan wadah bahan bakar yang lepas di dalam kendaraan Anda agar tidak rusak saat transit atau menjadi rudal jika terjadi kecelakaan. 
  • Jangan membawa peralatan di kompartemen penumpang.

Ketahui kemampuan Anda

Banyak kecelakaan serius terjadi saat pengguna gergaji menangani pekerjaan yang berada di luar kemampuan mereka.

Beberapa operasi penebangan dan penebangan sangat berbahaya dan hanya boleh dilakukan oleh para profesional atau orang dengan pengalaman dan pelatihan yang tepat.

Ini termasuk hal - hal sebagai berikut:

  • Bekerja pada pohon yang terlempar angin atau terpengaruh angin
  • Menebang pohon pelindung yang besar
  • Menebang pohon dengan berat badan bersandar
  • Penebangan pohon yang mengalami pembusukan batang atau merupakan spesies yang mudah pecah
  • Penebangan pohon di lereng yang curam atau tanah yang tidak stabil
  • Mengerjakan atau menebang pohon yang menggantung kabel listrik, gedung atau jalur akses publik.
  • Selalu dapatkan seseorang yang berpengalaman untuk melakukan pekerjaan yang di luar kemampuan Anda.

Beberapa Anjuran dan Larangan

Berikut adalah beberapa hal dasar yang boleh dan tidak boleh dilakukan yang berlaku tidak peduli seberapa berpengalaman Anda:

  • Jangan mengoperasikan gergaji mesin di atas ketinggian bahu atau di atas permukaan tanah, seperti di pohon atau di luar tangga, kecuali jika memenuhi syarat dan berpengalaman untuk melakukannya.
  • Selalu memiliki seseorang dalam jarak panggilan - jangan pernah bekerja sendirian saat menggunakan gergaji mesin.
  • Jangan pernah mengoperasikan gergaji mesin Anda di bawah pengaruh alkohol atau obat-obatan.
  • Jangan pernah mengoperasikan gergaji mesin Anda saat Anda lelah. Jika Anda lelah saat menggunakan gergaji mesin, istirahatlah - Anda harus tetap waspada dan memegang kendali.
  • Gergaji Anda dirancang untuk memotong kayu - jangan pernah memotong bahan lain atau gunakan bilah pemandu gergaji Anda untuk mengangkat atau menggali.
  • Selalu sesuaikan ukuran gergaji dan batang Anda dengan bahan yang akan dipotong. Jangan mencoba menggunakan gergaji mesin kecil dan batang untuk menebang pohon besar.

Jenis - Jenis Potongan

Berbagai jenis pemotongan antara lain:

1. Tebangan - Potongan ditempatkan ke batang pohon atau cabang untuk memotongnya dan jatuh ke arah yang diinginkan

2. Pemotongan horizontal horizontal - Dengan gergaji ditempatkan pada sisinya dan menggunakan ujung gergaji untuk memotong menjadi pohon atau batang kayu.

3. Pemangkasan - pemotongan / pemindahan cabang dari batang pohon

Peralatan Keselamatan Pribadi

Selain menggunakan peralatan keselamatan yang sesuai, pengguna gergaji harus mengenakan pakaian pelindung yang sesuai dengan Standar Selandia Baru atau pakaian yang setara di luar negeri.

Investasikan pada peralatan yang sama dengan yang digunakan para profesional. Saat Anda membeli peralatan keselamatan Anda, pastikan bahwa peralatan tersebut memiliki nomor Standar NZ atau tanda "S". Ini adalah jaminan bahwa itu telah diproduksi dengan standar yang ketat untuk menawarkan perlindungan maksimum.

Apa Yang Anda Butuhkan 

Pedoman Keselamatan Gergaji Mesin
credit;pixabay

Alas kaki

Sepatu bot harus memiliki penutup kaki dari baja dan memberikan penyangga pergelangan kaki yang kuat. Jenis renda harus diikat dengan aman agar tidak tersandung tali.

Perlindungan kaki

Kenakan celana atau celana keselamatan operator gergaji berkualitas baik. 

Helm keselamatan

Kenakan helm untuk melindungi kepala Anda dari benda jatuh dan untuk meminimalisir resiko cedera pada wajah jika terjadi bantingan

Penutup telinga

Kenakan penutup telinga dengan peringkat Kelas 5.

Pelindung mata

Jika Anda bekerja dalam kondisi yang sangat berdebu, kenakan kacamata pelindung. Jika ada bahaya puing-puing yang beterbangan, gunakan pelindung helm.

Pakaian umum

Ini harus cukup pas tetapi nyaman dan memungkinkan pergerakan bebas.

Pertolongan pertama

Miliki kit kecil dengan setidaknya dua balutan luka steril berukuran besar dan simpan dalam kondisi baik. Bersihkan, jaga agar tetap kering dan ganti komponen yang rusak atau rusak.

Wedges

Wedges adalah bantuan yang sangat diperlukan untuk penebangan pohon terarah atau untuk menahan potongan terbuka yang mungkin mengikat atau terjepit. 

Pilihan terbaik adalah irisan plastik dengan kepadatan tinggi seperti yang digunakan oleh banyak penebang profesional. Ini ringan dan tidak mahal. Anda akan membutuhkan palu atau alat yang sesuai untuk mengemudi di baji.

Memeriksa Gergaji Mesin Anda

Lakukan pemeriksaan ini - yang hanya membutuhkan satu atau dua menit - bagian dari rutinitas Anda setiap kali Anda mengeluarkan gergaji mesin.

Periksa apakah rem rantai Anda berfungsi dengan baik atau Anda memiliki pelindung tangan tipe kaku atau sarung tangan yang diikat erat ke pegangan depan.

Periksa apakah sistem pelumasan berfungsi - putar mesin dan operasikan selama beberapa detik sebelum mematikan. Periksa rantai untuk memastikannya terlumasi dengan benar.

Cara lainnya, aktifkan oiler sambil mengarahkan palang ke suatu objek seperti tunggul dan tunggu hingga oli muncul. Ingatlah bahwa suap dapat terjadi jika Anda terlalu dekat dengan objek.

Periksa apakah penguncian kontrol throttle, pemicu kontrol throttle, dan sakelar on / off beroperasi dengan benar.

Periksa apakah rantai diasah dan dikencangkan sesuai petunjuk pabrik. Saat pemotong tajam, dengan pengaturan sudut dan kedalaman yang benar, rantai akan melakukan pekerjaan itu. Ketika rantai tidak diasah dan dirawat dengan benar, Anda bekerja lebih keras dengan memaksa gergaji mesin masuk ke dalam potongan.

Periksa apakah rantai berhenti bergerak saat pemicu kontrol throttle dilepaskan. Rantai tidak boleh berputar saat gergaji berhenti.

Periksa apakah semua sambungan eksternal aman - periksa mur, baut, dan sebagainya.

Periksa apakah kabel tegangan tinggi tidak menunjukkan tanda-tanda keausan, terutama saat melewati badan gergaji mesin.

Berikan perhatian khusus pada pemeriksaan ini jika Anda telah meminjamkan gergaji mesin Anda kepada siapa pun - mereka mungkin tidak melakukan perawatan yang sama seperti Anda!

Larangan

  • Jangan pernah mengoperasikan gergaji mesin yang rusak, tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan, salah perakitan atau ada bagian yang hilang, terutama perangkat pengaman.
  • Kecuali untuk menyempurnakan karburator, jangan pernah menyetel bagian gergaji saat motor sedang berjalan.
  • Selalu matikan gergaji Anda saat menangani rantai, bilah pemandu, atau sproket.

Aturan Umum Rantai

Ada beberapa aturan dasar untuk memastikan bahwa rantai gergaji Anda bekerja dengan aman dan baik.

Jaga rantai:

  • Diminyaki dengan baik
  • Ketegangan dengan benar
  • Tajam, dengan sudut pemotong yang benar
  • Ketinggian pengukur kedalaman ke 'pemotong' sudah benar.

Minyak

  • Pasokan oli secara konstan ke bilah pemandu gergaji, rantai, dan sproket Anda sangat penting untuk mencegah keausan dan kerusakan akibat gesekan yang berlebihan. 
  • Periksa secara teratur apakah sistem peminyakan rantai berfungsi. 
  • Selalu gunakan oli pelumas rantai atau oli yang direkomendasikan oleh produsen. Jangan pernah menggunakan limbah atau oli bekas - karena mengandung kotoran yang dapat merusak rantai, dan kabut oli yang terlempar dari rantai dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Ketegangan rantai

  • Rantai yang kendor dapat memengaruhi keefektifan pengukur kedalaman dan menghasilkan potensi kickback yang lebih besar serta peningkatan bilah panduan dan keausan sproket. Ini juga dapat menyebabkan rantai melompat dari bilah panduan.
  • Rantai harus dikencangkan sehingga menyentuh seluruh batang pemandu. Rantai harus terpasang dengan pas tetapi masih dapat ditarik ke depan dengan mudah dari badan gergaji menuju ujung batang pemandu.
  • Kencangkan rantai sebelum digunakan. Sering-seringlah mengencangkan rantai, atau setiap kali pengisian bahan bakar. 
  • Jangan pernah meregangkan rantai Anda segera setelah memotong.
  • Rantai yang dikencangkan selagi panas dapat mendingin dan menyusut, menyebabkan tegangan menjadi terlalu kencang.
  • Biarkan rantai dingin dulu.
  • Selalu kenakan sarung tangan pelindung.

Poin-Poin Penting

  • Hanya para profesional yang boleh mencoba penebangan yang rumit.
  • Gunakan gergaji mesin dan APD yang tepat untuk tugas tersebut dan pertahankan dengan benar
  • Pastikan Anda menggunakan gergaji mesin dengan benar, dan pertimbangkan untuk mendapatkan pelatihan keterampilan dasar gergaji.
  • Waspadai bahaya utama penggunaan gergaji - bantingan, gangguan pendengaran, penyakit getaran, dan keracunan CO.
Itulah artikel tentang Pedoman Keselamatan Gergaji Mesin. Semoga bermanfaat untuk Anda.

sumber : https://www.worksafe.govt.nz/

0 Response to "Pedoman Keselamatan Gergaji Mesin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel