Evolusi dan Perkembangan Gergaji Mesin

 

Evolusi dan Perkembangan Gergaji Mesin
credit:freepik

Evolusi dan Perkembangan Gergaji MesinSetiap kali saya perlu memindahkan pohon atau bekerja dengan batang pohon untuk mengubahnya menjadi karya seni, maka alat pertama yang saya pikirkan adalah Gergaji Mesin.

Ya, alat listrik ini dapat membantu Anda menebang pohon dengan mudah, Anda juga dapat menggunakannya untuk mengukir kayu dan menjadikannya sebuah karya seni yang indah dan artistik. Anda dapat memberikan bentuk apa pun pada sepotong kayu hanya dengan bantuan gergaji mesin.

Saya merasa sangat tertarik dan ingin tahu lebih jauh tentang evolusi gergaji mesin. Saya selalu bertanya-tanya tentang tampilan pertama dan penggunaannya.

Itu sebabnya saya mencari di internet dan berbicara dengan para ahli tentang kehidupan awal dan evolusi gergaji modern.

Jika Anda juga tertarik untuk mengetahuinya, artikel ini mungkin bisa sedikit membantu Anda!

Di sini Anda akan menemukan gergaji terintegrasi, mesin, bilah panduan, dan fitur keselamatan mulai dari sejarah gergaji teknologi modern.

Konstruksi Gergaji Gergaji

Evolusi dan Perkembangan Gergaji Mesin
credit:pixabay

Gergaji mesin terdiri dari beberapa bagian yaitu:

1. Mesin

Gergaji Mesin umumnya terdiri dari mesin pembakaran internal bertenaga gas dua langkah atau motor listrik yang digerakkan oleh baterai atau kabel daya listrik.

2. Mekanisme Penggerak 

Mekanisme penggerak gergaji mesin memiliki kopling sentrifugal & sproket. Kopling melindungi pengguna dari bantingan.

3. Guide Bar

Chainsaw memiliki batang yang diperpanjang dengan baja paduan ujung bulat. Dan semua batang pemandu memiliki beberapa elemen umum untuk pengoperasiannya, seperti pengukur, slot pemandu, lubang oli, lubang gemuk pada hidung batang.

4. Rantai Pemotongan 

Rantai pemotongan dari gergaji mesin memiliki gigi potong yang tajam & kecil. Rantai ini sangat mirip dengan sepeda kecuali penggulung. Setiap gigi rantai ini berbentuk tab yang dilipat dari baja berlapis krom dengan sudut lengkung atau sudut tajam.

5. Fitur Keamanan

Pada gergaji modern, pabrikan menyertakan banyak fitur keselamatan untuk melindungi pengguna. Seperti- rem rantai, penangkap rantai, pelindung pegangan belakang.

Sejarah Gergaji Mesin

Setiap kali Anda perlu memindahkan atau mengerjakan pohon, Anda tidak dapat berpikir melakukannya tanpa gergaji mesin. Alat ini dapat mencabut atau memendekkan pohon dengan mudah dalam waktu singkat tanpa banyak tenaga fisik.

Singkatnya, gergaji mesin telah menjadi alat paling penting untuk ukiran kayu. Tapi tahukah Anda, bahwa gergaji mesin itu tidak dibuat untuk memotong kayu !?

Anda mungkin bertanya-tanya apa tujuannya kemudian? Apa lagi yang bisa dilakukan tanpa berurusan dengan hutan?

Saya telah melakukan beberapa penelitian tentang gergaji mesin dan sejarahnya dan sekarang saya membagikan informasi itu kepada Anda.

Kehidupan Awal Gergaji Mesin

Anda mungkin tidak percaya bahwa gergaji mesin digunakan untuk tujuan medis di awal kehidupan mereka. Ya, sumber paling awal yang saya temukan menunjukkan bahwa sekitar tahun 1830 ortopedi menjadi terspesialisasi dengan instrumen osteotome baru, yang ditemukan oleh Bernard Hein (sumber: Jurnal Asosiasi Medis Kanada oleh Wolf Seufert). 

Dari inventaris kontemporer alat bedah menggambarkan bahwa ahli prostetik ini telah menemukan gergaji mesin.

Bagaimana Gergaji Diciptakan?

Gergaji tangan pertama memiliki rantai dan gigi yang terhubung dengan satu sisi yang membentang di antara dua pegangan gergaji. Pengguna perlu mengganti satu pegangan dengan jarum melengkung kemudian memasukkan jarum melalui jaringan lunak pasien dan mengganti pegangannya.

Kemudian pada tahun 1830, dokter Jerman Bernard Heine mengembangkan dan memperluas desain gergaji yang sangat mirip dengan gergaji modern saat ini. 

Dalam desain ini, dia menutup lingkaran rantai bergerigi itu dan mengembangkan gergaji tulang retak tangan yang lebih baik. Versi ini membawa dunia ke abad lain yang menciptakan gergaji mesin seperti yang kita lihat sekarang.

Osteotom Pertama

Sebagian besar dari kita percaya bahwa osteotom adalah gergaji mesin pertama. Dengan alat ini, ortopedi menjadi terspesialisasi di bidangnya.

Klaim lain yang kami temukan yang mengklaim Muir, penemu California pertama kali menggabungkan rantai dengan pisau untuk tujuan penebangan. 

Tapi mesinnya beratnya lebih dari seratus pon dan itu membutuhkan derek dan banyak orang untuk mengoperasikannya. Jadi itu bukan penemuan yang sukses.

Di sisi lain, banyak pabrikan mengklaim bahwa mereka yang menemukan gergaji mesin pertama. Tetapi sebagian besar dari klaim ini menunjuk ke awal atau akhir 1920-an di mana 1830 osteotome mendahului semuanya.

Gergaji Bertenaga Gas Pertama 

Gergaji bertenaga gas pertama kali diperkenalkan pada tahun 1926. Berwarna air, dioperasikan dengan dua silinder dan motor bengkok tipe laut ditampilkan dari posisi normalnya. Butuh 4,5 menit untuk melihat batang kayu setinggi sepuluh kaki.

Andreas Stihl, insinyur Jerman dan bapak gergaji modern, menemukan gergaji listrik pertama di tahun ini. Untuk tenaga listrik dikenal dengan Cutoff Chainsaw. Tahun ini, sebuah mesin diterima sebagai gergaji mesin asli dan dikenal sebagai gergaji mesin yang sepenuhnya bergerak.

Gergaji modern adalah peralatan bergerak bertenaga gas yang beroperasi pada mesin yang lebih kecil dari sebelumnya. Dan penemu gergaji modern adalah Joseph Buford Cox, dia adalah seorang operator gergaji yang ahli.

Masa Depan Gergaji Mesin

Anda mungkin berpikir setelah berevolusi dari osteotome, gergaji mesin bertenaga gas dan gergaji listrik, bagaimana masa depan gergaji mesin!

Faktanya adalah gergaji mesin tidak banyak berubah dalam beberapa dekade terakhir. Mereka jarang memiliki perubahan besar, menarik, atau inovatif.

Namun belakangan ini, dua insinyur STIHL, Matt Santjer dan Ander Prager mengembangkan gergaji mesin profesional yang didukung dengan turbin yang sama dari mesin jet.

Menurut desainnya, gergaji ini berfungsi penuh dengan nol getaran, memiliki start otomatis dan rasio bobot terhadap daya yang besar.

Kesimpulan

Jadi ini adalah sejarah singkat dari gergaji mesin modern. Tujuan penggunaan, desain dan fitur telah berubah dari yang pertama.

Meskipun sudah lama tidak ada perubahan yang dapat disebutkan, itu dapat diubah kapan pun dibutuhkan dengan bantuan teknologi modern.

0 Response to " Evolusi dan Perkembangan Gergaji Mesin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel