Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Turbin Angin - Sejarah Dan Manfaat Turbin Angin

Turbin Angin - Sejarah Dan Manfaat Turbin Angin
image via freepik

Sejarah Turbin Angin - Turbin angin (kincir Angin) pertama kali digunakan di Persia, 200 tahun SM untuk keperluan menggiling biji-bijian. Pada tahun 250 M, orang -orang Romawi mulai menggunakan proses yang sama untuk tujuan yang sama. 

Dan di negara Belanda penggunaan kincir angin untuk mulai di gunakan untuk mengalirkan air dari daerah yang tergeletak di delta Sungai Rhine. 

Kincir angin mulai digunakan untuk produksi listrik pada tahun 1888 oleh Charles F Brush di Cleveland, Ohio. Pada tahun 1908, sekitar 72 turbin angin digunakan untuk menghasilkan listrik antara kisaran 5 kilowatt hingga 25 kilowatt. 

Di Amerika Serikat kincir angin untuk menghasilkan listrik umumnya ditemukan di sektor peternakan pada tahun 1930-an. 

Turbin Angin Sumbu Horizontal

Turbin Angin Sumbu Horizontal atau HAWT menampung generator listrik dan poros rotator utama di bagian atas menara. Keduanya perlu diarahkan kearah datangnya angin, untuk pembangkit listrik. 

Sebuah vane angin biasanya cukup untuk tujuan ini dalam kasus turbin kecil, tetapi dalam kasus turbin besar, motor servo ditambah dengan sensor angin digunakan untuk menunjuk kearah angin. Rotasi bilah dikendalikan oleh gearbox yang meningkatkan kecepatan rotasi bilah saat diperlukan. 

Turbin biasanya diarahkan ke arah atas sehingga melindunginya dari turbulensi yang diciptakan oleh menara. Banyak mesin downwind waktu juga dibangun dalam upaya untuk memerangi masalah turbulensi. 

Mesin-mesin tersebut menghalangi penggunaan mekanisme tambahan untuk menjaga turbin sejalan dengan angin, hal ini disebabkan karena bilah dapat dibiarkan ditekuk selama angin kencang. 

Turbin Angin Sumbu Vertikal

Turbin Angin Sumbu Vertikal atau VAWT, memiliki perataan poros vertikal. Salah satu keuntungan terpenting dari turbin tersebut adalah tidak perlu turbin yang diarahkan kearah angin untuk mendapatkan hasil. 

Turbin angin ini umumnya digunakan di lokasi yang terdapat arah angin variabel. Gaya angin dari segala arah dapat digunakan oleh Turbin Angin Sumbu Vertikal.

Kehadiran sumbu vertikal berarti bahwa gearbox dan generator dapat ditempatkan di dekat tanah karena tidak perlu menara untuk menawarkan dukungan. Ini juga berarti bahwa gearbox dan generator dapat diakses ketika datang ke pemeliharaan turbin angin. 

Desain Dan Konstruksi

Ini adalah tugas turbin angin untuk mengeksploitasi energi angin yang ada di lokasi tertentu. Desainer dan pembangun menggunakan pemodelan aerodinamis untuk penentuan berbagai sistem kontrol yang akan digunakan, jumlah bilah, bentuk pisau, dan ketinggian menara yang optimal.

Turbin angin modern terutama digunakan untuk konversi energi angin menjadi energi listrik. Sesuai dengan tujuan ini, turbin angin memiliki tiga komponen utama, yaitu komponen rotor, komponen generator, dan komponen struktural. 

Hampir 20% dari biaya turbin angin diambil oleh komponen rotor, sementara sekitar 34% dari biaya dikonsumsi oleh komponen generator. 15% dari biaya turbin angin diambil komponen struktural.

Aktivis lingkungan saat ini memperjuangkan penggunaan turbin angin, untuk produksi listrik karena ramah lingkungan dan hanya melepaskan sejumlah polutan.

Keuntungan Tenaga Angin

Kadang-kadang ketika pasokan listrik mati secara tak terduga karena mati listrik dapat berlangsung selama beberapa hari.  Tidak memiliki air panas, tidak ada fasilitas memasak, kurangnya pendinginan dan tidak ada bentuk pemanasan atau pencahayaan hanyalah beberapa ketidaknyamanan yang ditimbulkan.  

Kemandirian terhadap  jaringan listrik hanyalah salah satu dari banyak alasan untuk mempertimbangkan pemasangan turbin angin yang mencegah Anda menjadi hanya bergantung pada perusahaan listrik.  

Memasang turbin angin akan memungkinkan Anda untuk bertanggung jawab atau lingkungan Anda sendiri.  Masalah yang dialami oleh orang lain melalui kegagalan pasokan listrik arus utama tidak akan mempengaruhi Anda. 

Bahkan, Anda bahkan mungkin tidak menyadari bahwa orang lain mengalami kesulitan sampai mereka menghubungi Anda dan meminta bantuan Anda karena mereka menderita selama mati listrik tersebut. 

Manfaat besar lain dari tenaga angin adalah rabat yang ditawarkan oleh banyak negara bagi orang-orang yang bersedia memasang generator angin di rumah mereka.  

Secara keseluruhan kemungkinan akan memakan waktu hingga sepuluh tahun atau mungkin sedikit lebih untuk melihat manfaat moneter dari memiliki instalasi asli yang dilakukan, tetapi sejak saat itu dan seterusnya bagian terbaik dari kekuatan Anda akan bebas.  

Bayangkan saja fakta bahwa biaya operasional rumah atau bisnis Anda, atau bahkan keduanya, dapat dikurangi menjadi hampir tidak ada. Ini karena meteran Anda akan melambat jauh saat peralatan listrik angin Anda menendang, sehingga mengurangi pasokan Anda dari daftar.

Meskipun harus kita akui, bahwa tenaga angin tidak sempurna, itu adalah rencana hemat biaya yang aman dan jujur untuk waktu di depan keluarga dan negara Anda.  

Luangkan waktu sebentar untuk duduk dan berolahraga seberapa banyak Anda mengharapkan tagihan listrik Anda dikenakan biaya untuk sisa hidup Anda dan anak-anak Anda.  

Buatlah perbandingan dengan pasokan listrik angin dan manfaatnya akan jelas bagi Anda. Bahkan jika Anda merasa memiliki tenaga angin yang dipasang adalah biaya yang tidak dapat Anda bayarkan pada menit, mungkin ada baiknya mempertimbangkan untuk mengambil pinjaman karena tabungan yang mungkin Anda lakukan akan lebih dari cukup untuk membayar jumlah yang telah Anda pinjam.  Pastikan Anda memeriksa informasi yang tersedia tentang skema mana yang ditawarkan kepada Anda.

Manfaat Turbin Angin

Saat ini kita hidup di dunia yang sadar energi dan semakin banyak orang mencari cara untuk mengurangi emisi karbon dan membantu melindungi lingkungan. Mengurangi bahan bakar fosil dan penggunaan energi terbarukan adalah bagian penting dari melindungi planet kita.

Tenaga angin telah muncul sebagai salah satu cara paling efektif untuk memanfaatkan sumber daya alam bumi untuk menghasilkan bentuk energi bersih yang tidak merusak lingkungan kita. 

Karena harga minyak terus meningkat dan tekanan meningkat untuk mengurangi emisi karbon, manfaat tenaga angin dan sumber energi alternatif lainnya menjadi semakin nyata.

Menurut para ahli, tenaga angin dapat memenuhi sekitar 10 persen listrik dunia dalam waktu 20 tahun, bahkan jika jumlah listrik yang digunakan berlipat ganda. Saat ini, tingkat pertumbuhan tahunan tenaga angin lebih dari 40 persen dan akan segera memasok listrik ke 100 juta orang di seluruh dunia. 

Eropa saat ini adalah pemimpin dunia dalam hal tenaga angin dengan Jerman dan Spanyol menyediakan listrik paling banyak melalui tenaga angin. Amerika Serikat berada di urutan ketiga dalam daftar, diikuti oleh India dan Denmark.

Tenaga angin adalah sumber energi alternatif yang tumbuh paling cepat di Amerika Serikat dan di seluruh dunia. Setiap tahun, semakin banyak rumah tangga yang mendapatkan listrik melalui tenaga angin. 

Namun, sumber energi yang murah dan bersih ini hanya digunakan sebagian kecil dari potensinya. Namun, hal ini kemungkinan akan berubah dalam beberapa tahun mendatang karena sejumlah alasan.

Berikut adalah beberapa manfaat Turbin angin, antara lain:

1. Tenaga Angin Bersih

Keuntungan utama tenaga angin adalah kebersihannya. Tidak ada asap, tidak ada kabut asap dan tidak ada udara kotor untuk kita hirup. Sebuah turbin hanya memanfaatkan energi angin dan menghasilkan listrik tanpa menghasilkan limbah apa pun.

Tenaga angin dapat menghasilkan listrik yang dapat disalurkan langsung ke rumah dan pabrik, menggantikan daya yang dipasok oleh pembangkit listrik utama. Saat ini, pembangkit listrik adalah salah satu penyumbang polusi terbesar di Amerika Serikat. 

Namun, satu turbin angin 1 MW dapat menghemat 2.000 ton karbon dioksida dalam satu tahun. Ini sama saja dengan menanam hutan seluas satu mil persegi. Dan itu hanya dari satu turbin, bayangkan apa yang akan dilakukan oleh seratus turbin untuk membantu menyelamatkan lingkungan kita.

2. Tenaga Angin Murah

Angin itu gratis sehingga energi angin murah. Faktanya, ini adalah yang paling kompetitif dari semua sumber energi terbarukan dalam hal biaya dan dapat dengan mudah menyaingi biaya bahan bakar tradisional lainnya seperti gas atau minyak. 

Tenaga angin adalah teknologi yang relatif baru dan pada awalnya merupakan sumber tenaga yang cukup mahal. Namun, perkembangan teknologi berarti bahwa biaya telah berkurang secara drastis dan terus turun. 

Sementara itu, biaya pembangkit listrik dari bahan bakar fosil terus meningkat sehingga tenaga angin kemungkinan besar akan menjadi yang termurah untuk listrik dalam waktu dekat. Dan begitu menjadi yang termurah, kita bisa berharap untuk melihat peningkatan yang signifikan dalam jumlah ladang angin di Amerika Serikat.

3. Tenaga Angin Bersifat Lokal

Angin ada di mana-mana sehingga berpotensi untuk membangun ladang angin di mana saja. Tentu saja, beberapa daerah lebih baik daripada yang lain untuk memanfaatkan tenaga angin tetapi kemampuan untuk memiliki tenaga angin sebagai sumber energi lokal merupakan nilai tambah yang nyata. 

Ini dapat menghemat bermil-mil pemasangan kabel, menyediakan pekerjaan dan investasi di area lokal, dan pada umumnya dapat meningkatkan ekonomi lokal.

Tenaga angin juga menguntungkan masyarakat pada tingkat yang lebih luas. Itu membuat lingkungan lebih bersih yang berarti orang lebih sehat dan lebih sedikit masalah medis terkait polusi udara. Ini juga dapat dilakukan dengan cepat, murah, dan mudah untuk menghasilkan sumber energi yang andal dalam waktu yang relatif singkat.

4. Masalah Yang Lebih Luas

Masa depan tenaga angin dipengaruhi oleh sejumlah masalah lingkungan global dan geo-politik yang lebih besar. 

Dengan para pemimpin dunia saat ini mengembangkan kesepakatan baru tentang bagaimana dunia akan menangani perubahan iklim, sejumlah perubahan besar dapat diharapkan dalam pasokan energi dunia. Perpindahan ke sumber energi yang lebih ramah lingkungan dan lebih bersih tidak bisa dihindari.

Ini menandakan masa depan yang sibuk untuk tenaga angin. Saat ini kami baru saja menyentuh permukaan dari sumber daya yang berharga ini. 

Di Amerika Serikat, tenaga angin memasok kurang dari 1 persen dari total kebutuhan listrik negara itu. Namun, terdapat potensi 60 persen listrik dipasok oleh tenaga angin, dan angkanya serupa pada skala global.

Jadi, di tahun-tahun mendatang kita cenderung melihat jumlah ladang angin di seluruh dunia meroket karena semakin banyak negara memanfaatkan sumber listrik yang bersih dan murah ini.

Kunjungi blog saya di www.duniasains.my.id untuk membaca artikel - artikel menarik lainnya.

Post a Comment for "Turbin Angin - Sejarah Dan Manfaat Turbin Angin"