Cara Untuk Menghemat Air Bersih Di Rumah Anda

 

Cara Untuk Menghemat Air Bersih Di Rumah Anda
image via freepik

Cara Untuk Menghemat Air Bersih Di Rumah Anda - Tentu saja, sebagian dari kita tinggal di daerah di mana kita mendapatkan banyak hujan sepanjang tahun, atau bahkan mungkin terlalu banyak. Namun, sadarkah kita bahwa ternyata di daerah lain persediaan air bisa cepat habis, terutama di musim panas?

Jadi, itu semua adalah tanggung jawab kita untuk melestarikan sumber daya alam yang penting ini kapan pun kita bisa. Dan bahkan jika kita sedikit berhati-hati dengan kebiasaan penggunaan air kita, kita dapat membuat perbedaan besar. 

Berikut Cara Untuk Menghemat Air Bersih Di Rumah Anda, antara lain:

A. Di Bagian Dapur Anda

Cara Untuk Menghemat Air Bersih Di Rumah Anda
image via freepik

1. Lihat apakah Anda dapat mengalihkan air limbah dari wastafel dapur ke taman. Selain itu, gunakan mangkuk saat mencuci piring sehingga Anda tidak membiarkan keran mengalir begitu saja. 

2. Jika Anda memiliki mesin pencuci piring, tunggu sampai Anda memiliki muatan penuh dan gunakan siklus ekonomi, sekali lagi mengurangi jumlah air yang digunakan. Juga sebelum memasukkan piring kotor, dan sebagainya. Saat mencuci piring, buang sisa makanan ke dalam tempat sampah daripada membilasnya di bawah keran yang mengalir. 

3. Tunggu sampai beban penuh sebelum mencuci pakaian kotor dan loader depan menggunakan lebih sedikit air daripada loader atas. 

 B. Di Bagian Taman Anda

Cara Untuk Menghemat Air Bersih Di Rumah Anda
image via freepik

1. Sirami taman Anda di pagi hari atau sebelum matahari terbenam. Ini memungkinkan air terserap ke dalam tanah alih-alih menguap di bawah terik matahari jika Anda menyiramnya di siang hari. Selain itu tetesan air yang tertinggal pada daun dari penyiraman dapat merusak tanaman Anda jika terik matahari terlalu terik, jadi lebih baik tunggu hingga menjadi dingin.

2. Jika Anda telah mengarahkan air kamar mandi dan dapur Anda ke taman dan terhubung ke selang taman di sekitar taman, tusuk selang tersebut dengan lubang yang akan memungkinkan air menyaring dari berbagai tempat, bukan dari satu ujung saja. Hal ini memungkinkan air untuk menembus ke tingkat yang lebih dalam dan mendorong akar tanaman untuk tumbuh lebih lama dan lebih kuat, dan karenanya meningkatkan pencarian air oleh tanaman itu sendiri.

3. Penyiram air adalah penghemat waktu, tetapi gunakan air dalam jumlah besar jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama. Rata -rata mereka menggunakan 300 - 650 liter air per jam. Jika dibiarkan semalaman, itu minimal 2.400 liter! Jadi, jika Anda harus menggunakannya, coba gunakan hanya untuk jangka waktu yang lebih singkat dan cari alternatif jika memungkinkan.

4. Air hujan adalah sumber air yang gratis, alami dan mudah. Siapkan tangki besar atau bak air dan letakkan di tempat air atap dari rumah Anda mengalir. Ini akan cepat mengisi hujan lebat dan menyediakan sumber air yang bagus untuk taman, atau bahkan untuk mencuci.

C. Di Bagian  Kamar Mandi Anda

Shower
image via freepik

1. Menyiram toilet bisa menggunakan 12 - 20 liter air, jadi masukkan batu bata atau botol plastik berisi air ke dalam bak toilet dan ini akan mengurangi penggunaan air. Atau Anda bisa memasang toilet dua siram di mana Anda bisa memilih toilet siram kecil atau besar.  

2. Hingga 4,5 liter air terbuang percuma saat kita menyikat gigi karena kebanyakan orang membiarkan keran mengalir. Matikan keran saat membersihkan gigi atau, lebih baik lagi, siapkan sebotol air dan gelas di dekat baskom dan gunakan ini untuk membilas alih-alih menjalankan keran setiap kali Anda menyikat.

3. Mandi dengan menggunakan shower jauh lebih ramah lingkungan daripada mandi dengan gayung. Meskipun Anda menggunakan pancuran, Anda mungkin masih bisa mengurangi jumlah air yang Anda gunakan. 

4. Buang sampah Anda ke tempat sampah dan bukan ke toilet.

5. Pertimbangkan cara untuk mengalirkan air dari pancuran ke taman dan menggunakan air dari kamar mandi ini untuk tanaman Anda.

Kiat-kiat ini tidak hanya ditujukan untuk rumah tangga pribadi tetapi juga untuk kalangan bisnis. Jika Anda memiliki atau mengelola bisnis, atau bahkan jika Anda merasa majikan Anda dapat melakukan lebih baik dalam hal penghematan air, coba gunakan beberapa metode ini di tempat kerja. Demi kepentingan Anda sendiri, maka Anda akan memiliki persediaan air yang berlimpah dan dapat diandalkan.

Jika Anda memasukkan kebiasaan dan tindakan ini perlahan-lahan ke dalam rutinitas Anda, Anda akan menemukan bahwa itu benar-benar tidak akan berdampak pada kehidupan Anda sehari-hari, tetapi Anda akan menghemat banyak air.

Dapatkan artikel - artikel menarik lainnya tentang lingkungan hidup, sains dan sebagainya di blog saya www.duniasains.my.id

0 Response to "Cara Untuk Menghemat Air Bersih Di Rumah Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel