Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prediksi Pemanasan Global Dimasa Depan

 

Prediksi Pemanasan Global Dimasa Depan
image via freepik

Prediksi Pemanasan Global Dimasa Depan - Jika saja setiap orang tahu bahaya dan dampak yang ditimbulkan dari pemanasan global, maka mereka kemungkinan ingin melakukan lebih banyak tindakan nya untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Masalahnya adalah bahwa untuk memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan terkait dengan masalah pemanasan global adalah hal yang sangat kompleks dan rumit.  

Sama seperti halnya  dengan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) yang tidak selalu tepat dalam meramalkan cuaca maka untuk memprediksi masa depan terkait pemanasan global juga sebuah hal yang tidak pasti dan sebatas analisa berdasarkan fakta - fakta yang ada.

Beberapa kesulitan yang terkait dengan prediksi atau perkiraan pemanasan global di masa depan ada hubungannya dengan faktor-faktor yang sama yang dihadapi oleh setiap ahli meteorologi.  Angin dapat mendinginkan udara atau menghangatkannya tergantung pada arah yang mereka ambil.  

Sementara awan dapat mendinginkan hari yang panas.  Massa udara terus bergerak yang dapat menyebabkan terjadinya badai di suatu tempat di bumi.

Arus laut dapat mengubah suhu tanah.  Atmosfer bumi terus-menerus dalam siklus penguapan dan curah hujan.  Semua sifat siklus ini akan mempengaruhi pemanasan global.  Dan pada saat yang sama, semua variabel ini akan dipengaruhi oleh pemanasan global sebagai akibatnya.

Sulit untuk memprediksi masa depan terkait dengan pemanasan global ketika sedikit fakta - fakta yang diketahui untuk memutuskan tindakan yang akan diambil untuk mencegahnya.  Negara - negara miskin dan berkembang akan terus  berusaha keras meneruskan proses pembangunan mereka.  

Umumnya di masa lalu ini berarti menggunakan peralatan industri termurah yang tersedia, bahkan jika itu adalah yang paling berpolusi sekalipun.  Namun, negara-negara ini dapat memutuskan untuk menekankan pada pencegahan pemanasan global sebagai gantinya.  

Tidak diketahui saat ini seberapa cepat populasi dunia akan tumbuh.  Ahli statistik dapat membuat prediksi dan analisa secara akademis, tetapi sejumlah faktor selalu dapat mengubah dinamika pertumbuhan populasi.  

Faktor biologis, serta kebijakan pemerintah dan ekonomi, semuanya dapat berperan.  Semakin banyak populasi manusia di bumi, maka akan semakin besar kesempatan untuk terjadinya pemanasan global.  

Mobil dan kendaraan lainnya yang hemat bahan bakar telah mulai dikembangkan, dan penelitian secara terus - menerus akan membuatnya lebih baik.  Namun, ada pertanyaan apakah orang-orang di dunia akan merangkul dan menggunakan teknologi ini?  

Setidaknya pada awalnya, biaya yang mahal mungkin akan menghalangi dan mencegah orang - orang miskin untuk memiliki mobil hibrida atau mobil hemat bahan bakar lainnya.  Sejauh mana teknologi ini tersedia untuk semua orang akan mempengaruhi jumlah pemanasan global seperti yang dapat diharapkan.  

Prediksi Pemanasan Global Dimasa Depan
image via freepik

Ketika es mencair di daerah kutub, maka secara otomatis suhu lautpun akan terpengaruh.  Hal ini disebabkan oleh pemanasan global.  Namun, itu juga dapat melanggengkan pemanasan global dengan mengubah tingkat penguapan laut.  

Kecepatan arus lautan tidak dapat diprediksi dengan akurat, tetapi mereka akan memiliki pengaruh penting pada pemanasan global.  

Menjamurnya area gelap di bumi dapat menyebabkan terjadinya pemanasan global.  Masalah dengan menggunakan fakta ini untuk memprediksi pemanasan global adalah bahwa tidak diketahui berapa banyak area gelap yang akan terbongkar oleh mencairnya es di kutub bumi.  

Selama ada cukup lapisan es untuk mempertahankan warna terang, maka akan banyak panas matahari yang dipantulkan kembali ke atmosfer.  

Meskipun hampir tidak mungkin untuk memprediksi masa depan terkait pemanasan global dengan akurasi yang tepat, maka ada baiknya untuk mengeksplorasi subjek pemansan global itu sendiri.  

Penting untuk memperkirakan kerusakan yang akan disebabkan oleh pemanasan global untuk membuat konsep pemanasan global menjadi lebih konkret.  

Marilah kita semua bergandengan tangan untuk selalu menjaga dan melestarikan hutan dan lingkungan kita, karena kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi dimasa depan terkait dengan masalah pemansan global ini.

Kunjungi blog saya di www.duniasains.my.id untuk membaca artikel - artikel menarik lainnya.

Posting Komentar untuk "Prediksi Pemanasan Global Dimasa Depan"