Energi Matahari Sebagai Energi Terbarukan

 

Energi Matahari Sebagai Energi Terbarukan

Energi Matahari Sebagai Energi Terbarukan - Ketika kita berbicara tentang energi terbarukan, maka kita mengacu pada kekuatan yang memberikan energi dari sumber daya yang tidak akan pernah habis karena penggunaannya. Energi terbarukan adalah alternatif untuk menggantikan energi dari bahan bakar fosil yang tidak terbarukan.

Salah satu manfaat dasar dari energi yang terbarukan, dan alasan pecinta lingkungan di seluruh dunia menganjurkan penggunaannya, adalah untuk mengurangi efek gas rumah kaca dan polutan berbahaya lainnya seperti halnya produk sampingan dari pembakaran bahan bakar fosil untuk mendapatkan energi. Contoh dari energi terbarukan adalah energi matahari, tenaga air dan tenaga angin dan sebagainya.

Di negara-negara yang baru berkembang dan sangat maju, tenaga angin, panas matahari dan tenaga air telah lama digunakan sebagai sumber listrik, meskipun tidak belum digunakan sebagai sumber energi utama bagi masyarakat metropolitan di kota - kota besar. 

Produksi massal energi terbarukan tersebut menjadi hal biasa dalam beberapa tahun terakhir karena semakin banyak orang menyadari bagaimana kondisi iklim terus berubah karena polusi gas bahan bakar fosil, karena semakin menipisnya ketersediaan bahan bakar fosil ini dan kekhawatiran akan situasi politik dan sosial terkait dengan sumber energi yang lain seperti tenaga nuklir.

Banyak negara dan organisasi pecinta lingkungan mendorong penggunaan sumber energi terbarukan dengan mengesahkan undang-undang tentang insentif pajak untuk penggunaan dan subsidi mereka untuk mengimbangi biaya tambahan konversi dari bahan bakar fosil ke energi terbarukan. 

Aliran energi terbarukan melibatkan fenomena yang terjadi secara alami di dunia. Pasang surut, sinar matahari, angin dan panas yang berasal dari kejadian panas bumi semuanya menyediakan energi terbarukan. Masing-masing sumber energi ini unik baik di mana kita dapat menggunakannya dan bagaimana cara kita menggunakannya. 

Sebagian besar teknologi yang mengubah energi terbarukan menjadi sumber daya yang dapat kita gunakan didukung setidaknya sebagian oleh sinar Matahari. Ya, energi matahari sebagai energi terbarukan telah sejak lama di manfaatkan dan secara terus - menerus dilakukan penelitian untuk memaksimalkannya. 

Jika tidak secara langsung setidaknya secara tidak langsung. Sistem atmosfer bumi akan tetap berada dalam keseimbangan seperti itu sehingga panas yang mengeluarkan radiasi ke ruang angkasa dengan jumlah yang sama dengan radiasi yang datang ke bumi dari matahari.

Hasil dari tingkat energi ini dalam atmosfer secara kasar diterjemahkan ke iklim bumi. Air bumi, juga merujuk pada hidrosfernya, menyerap banyak radiasi yang datang kepada kita dari matahari. 

Sebagian besar radiasi akan diserap di garis lintang bawah bumi yang ada di sekitar khatulistiwa (Equator). Energi ini akan hilang di seluruh dunia, namun, dalam bentuk arus laut dan angin.

Gerakan gelombang laut mungkin memiliki peran dalam mentransfer energi mekanik antara laut dan atmosfer bumi dengan cara angin stres. Energi matahari juga menyediakan sarana di mana curah hujan didistribusikan dan kemudian disadap oleh proyek energi hidroelektrik serta pertumbuhan tanaman yang kemudian menciptakan biofuel.

Energi Terbarukan

image via freepik

Teknologi tinggi untuk menangkap sinar matahari yang cukup setiap hari untuk menyalakan segala sesuatu di rumah atau bisnis kita belum ditemukan. Biaya panel surya saat ini masih terbilang mahal, yang mengharuskan investasi pada panel surya untuk menghasilkan listrik selama bertahun-tahun pengembalian investasinya.

Banyak orang yang menggunakan panel surya, yang dapat ditempatkan di sisi atap untuk menarik sinar matahari di siang hari untuk memanaskan sejumlah kecil kamar dan air. Panel surya dapat dibeli di sejumlah lokasi di seluruh Indonesia, serta bisa didapatkan secara online. 

Panel surya melakukan pekerjaan yang bagus untuk membantu keluarga dan bisnis untuk menghemat energi. Harapannya, panel surya akan menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari dimasa depan, dalam rangka mencegah hilangnya sumber daya alam dan menjaga konservasi energi. 

Negara-negara berkembang dengan iklim cerah seperti Indonesia dan juga Afrika adalah tempat yang sempurna untuk memanfaatkan energi terbarukan ini terutama di daerah pedesaan yang tidak terhubung ke jaringan listrik milik pemerintah. Perlu ada komitmen dari pemerintah dalam menyediakan dana untuk mencapai hal ini.

Kita berharap bahwa pemerintah akan terus mengembangkan potensi energi terbarukan ini untuk memenuhi kebutuhan datya listrik masyarakat di daerah - daerah terpencil.

Kunjungi blog saya di www.duniasains.my.id untuk membaca artikel - artikel menarik tentang sains dan teknologi lainnya.

0 Response to "Energi Matahari Sebagai Energi Terbarukan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel