Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

John Dalton, Sang Penemu dan PencetusTeori Atom

John Dalton
source : flickr.com

Teori bahwa semua materi terbuat dari partikel yang sangat kecil yang disebut atom yang tidak dapat (dengan cara kimia) dipecah menjadi unit yang lebih kecil tidak mapan. Namun, tidak lebih dari seratus sembilan puluh tahun sejak John Dalton pertama kali mengemukakan teori atomnya.

Filsuf dari peradaban sebelumnya, khususnya pemikir Yunani, Demokritos (460 – 370 SM) memiliki gagasan bahwa semua materi terbuat dari beberapa jenis partikel atau atom elementer. Jadi konsep atom bukanlah hal yang baru, tetapi John Dalton yang mengembangkan ide tersebut. 

Dengan mendefinisikan secara lebih rinci apa yang dia pahami tentang atom, John Dalton membuka jalan bagi para ahli kimia yang mengikutinya untuk mendapatkan gagasan yang lebih baik tentang konstitusi zat kimia dan mekanisme reaksi kimia.

John Dalton memasukkan dalam teorinya beberapa ide baru yang penting. Dia mengatakan bahwa atom dari satu unsur adalah identik dalam segala hal dan khususnya mereka memiliki massa yang persis sama. 

Lebih jauh, unsur-unsur yang berbeda memiliki atom-atom dengan massa yang berbeda, massa atom-atomnya menjadi karakteristik masing-masing unsur. John Dalton juga menyatakan bahwa ketika kombinasi kimia terjadi, sejumlah kecil atom bergabung bersama.

Kecuali untuk sedikit modifikasi yang diperlukan ketika isotop ditemukan, teori ini masih diterima sampai sekarang. Berbagai poin, bagaimanapun, lebih akrab sebagai hukum kimia dasar Kekekalan Massa, Komposisi Konstan dan Proporsi Ganda.

Selama dekade pertama abad kesembilan belas John Dalton sampai pada teori atomnya. Pada saat itu hampir tidak mungkin untuk membuat pengukuran yang akurat karena peralatan yang tersedia masih sangat primitif. 

Itu semua lebih luar biasa; oleh karena itu, bahwa teori John Dalton telah bertahan dalam ujian waktu. Meskipun dia melakukan serangkaian percobaan untuk menguji berbagai bagian dari teorinya, kesalahan eksperimental yang terlibat begitu besar sehingga dia tidak dapat mengklaim telah membuktikannya secara meyakinkan.

Kontribusi berharga lainnya yang dibuat John Dalton untuk kimia adalah idenya untuk merepresentasikan senyawa kimia secara visual. Simbol lingkaran khusus digunakan untuk menunjukkan atom dari setiap elemen – hidrogen adalah lingkaran dengan titik di tengah, sedangkan lingkaran dengan satu garis vertikal melaluinya menunjukkan atom nitrogen.

John Dalton lahir dari keluarga Quaker di Eaglesfield, sebuah desa kecil di Distrik Danau Inggris. Pada 1776, ketika baru berusia sepuluh tahun, ia memasuki layanan Elihu Robinson, seorang Quaker kaya, yang mengajarkan matematika. Pada tahun 1781, setelah beberapa lama mengajar di sekolah desa, ia bergabung dengan saudaranya yang menjadi master di sebuah sekolah di Kendal.

Selama periode inilah dia memulai jurnal pengamatan meteorologi yang disimpan selama sisa hidupnya. Dia juga mengumpulkan kupu-kupu dan mengumpulkan sejumlah besar tanaman kering.

Pada 1793 ia pindah ke Manchester. Pada awalnya ia mengajar matematika dan filsafat alam di New College, tetapi setelah enam tahun ia mengundurkan diri. Setelah itu ia mengabdikan hidupnya untuk penelitian yang dibiayai dengan memberikan les privat.

7 KONTRIBUSI DAN PRESTASI UTAMA JOHN DALTON

Berikut ini adalah kontribusi dan prestasi John Dalton sebagaimana di kutip dari situs https://learnodo-newtonic.com/ :

1 JOHN DALTON MENERBITKAN MAKALAH PERTAMA TENTANG BUTA WARNA

John Dalton buta warna dan begitu juga kakak laki-lakinya Jonathan Dalton. Dalam makalahnya tahun 1794 “Fakta luar biasa yang berkaitan dengan penglihatan warna” Dalton menggambarkan cacat yang dia temukan dalam penglihatannya sendiri dan saudaranya. 

Makalah ini merupakan publikasi pertama tentang buta warna . Meskipun Dalton benar mengakui bahwa kekurangan itu turun-temurun, teorinya tentang hal itu tidak benar. Masih buta warna kadang-kadang disebut sebagai Daltonisme karena ia adalah ilmuwan pertama yang menyelidiki secara menyeluruh cacat tersebut .

2. JOHN DALTON MELAKUKAN PEKERJAAN PERINTIS DALAM HIDROLOGI

Pengamatan dan Esai Meteorologi – Karya pertama John Dalton yang diterbitkan

Makalah Dalton tahun 1799 mengusulkan setelah penelitian dan perhitungan perkiraan bahwa jumlah hujan dan embun sama dengan jumlah air yang dibawa oleh penguapan dan oleh sungai . 

Ini juga berisi definisi paling awal dari 'titik embun' dan menyelesaikan untuk semua tujuan praktis kontroversi tentang asal usul mata air dengan kesimpulannya bahwa mereka diberi makan oleh hujan. Makalah ini merupakan langkah penting dalam pengembangan siklus hidrologi kuantitatif. 

Karena kontribusi John Dalton, Medali Dalton diberikan kepada ahli hidrologi oleh European Geophysical Society untuk penelitian terkemuka di lapangan.

3. JOHN DALTON MEMBERIKAN WAWASAN BARU YANG LUAR BIASA TENTANG SIFAT GAS

Pada tahun 1802, penelitian terobosan John Dalton, yang memberikan wawasan baru yang hebat tentang sifat gas, diterbitkan. Di dalamnya ia mencatat dengan benar bahwa semua gas dapat dicairkan asalkan suhunya cukup rendah dan tekanannya cukup tinggi; dan bahwa semua gas memuai dengan jumlah yang sama oleh panas. 

Dia juga menemukan apa yang dikenal sebagai hukum penguapan Dalton. Ini menyatakan bahwa laju penguapan sebanding dengan perbedaan antara tekanan uap jenuh pada suhu air dan tekanan uap aktual di udara.

4. JOHN DALTON MENGAMATI APA YANG DIKENAL SEBAGAI HUKUM TEKANAN PARSIAL DALTON

Pada tahun 1801, John Dalton menemukan bahwa volume semua gas yang dipelajarinya meningkat secara proporsional dengan kenaikan suhu ketika tekanan dipertahankan konstan (VaT pada P konstan).

Namun undang-undang tersebut menyandang nama ilmuwan Perancis Jacques Charles , yang telah merumuskannya sebelumnya tetapi tidak pernah mempublikasikan hasilnya. 

Pada tahun 1803, Dalton menerbitkan Hukum Tekanan Parsial, yang menyatakan bahwa dalam campuran gas yang tidak bereaksi, tekanan total yang diberikan sama dengan jumlah tekanan parsial masing-masing gas . Juga dikenal sebagai Hukum Dalton , ini biasa diterapkan dalam melihat tekanan wadah tertutup gas dan air.

5. TEORI ATOM DALTON MELETAKKAN DASAR KIMIA MODERN

Meskipun penelitian selanjutnya menemukan bahwa atom dari unsur yang sama tidak selalu identik karena mereka dapat memiliki massa (isotop) yang berbeda dan bahwa atom dapat dipecah dalam reaksi nuklir. 

Teori atom Dalton berlaku baik dalam beberapa aspek bahkan sampai hari ini dan tetap berlaku untuk reaksi kimia. Juga teori Dalton meletakkan dasar kimia modern dan dasar di mana para ilmuwan masa depan membuat banyak penemuan lain yang sangat signifikan.

6. DALTON ADALAH ORANG PERTAMA YANG MENGHITUNG BERAT ATOM RELATIF

Berdasarkan teori atomnya, John Dalton menghitung berat relatif pertama atom. Dia memperkirakan berat atom menurut rasio massa di mana mereka digabungkan; dengan atom hidrogen diambil sebagai satu kesatuan. Dia melanjutkan untuk mencetak tabel pertama yang diterbitkan dari berat atom relatif . 

Diterbitkan pada tahun 1803, daftar pertamanya hanya berisi 6 elemen. Ini diikuti oleh daftar 20 elemen pada tahun 1808 dan daftar 36 elemen pada tahun 1827. Dalam jangka panjang, berat atom akan memberikan cara utama untuk mengatur elemen ke dalam tabel periodik .

7. DALTON MENERIMA BEBERAPA PENGHARGAAN TERMASUK ROYAL MEDAL

John Dalton menjabat sebagai presiden Manchester Literary and Philosophical society (“Lit & Phil”) dari tahun 1817 hingga kematiannya. Pada tahun 1822, ia diangkat menjadi anggota Royal Society of London dan pada tahun 1826 ia dianugerahi Medali Kerajaan Society untuk Teori Atomnya. 

Pada tahun 1830, Dalton terpilih sebagai salah satu dari hanya delapan anggota asing Akademi Ilmu Pengetahuan Prancis dan pada tahun 1834 ia terpilih sebagai Anggota Kehormatan Asing dari Akademi Seni dan Ilmu Pengetahuan Amerika . 

Juga patung Francis Leggatt Chantrey tentang dirinya membuat John Dalton mungkin satu-satunya ilmuwan yang mendapatkan patung seumur hidupnya .

John Dalton Meninggal pada tahun 1844 setelah membuat salah satu kontribusi terbesar bagi kemajuan kimia teoritis. Dia telah mengubah hipotesis yang tidak jelas menjadi teori yang pasti.

Posting Komentar untuk "John Dalton, Sang Penemu dan PencetusTeori Atom"