Sejarah Dan Timeline Ilmuwan Terkenal di Dunia

 

Sejarah Dan Timeline Ilmuwan Terkenal di Dunia
credit image:freepik.com

Sekitar 2,3 juta tahun yang lalu, nenek moyang kita menemukan alat primitif pertama mereka, yakni batu pecah, yang mereka gunakan untuk memotong dan mengikis.

Manusia modern pertama kali muncul sekitar 200.000 tahun yang lalu. Sekitar 50.000 tahun yang lalu mereka mulai menggunakan bahasa, simbol, dan alat yang lebih kompleks.

Saat penemuan ditambahkan satu sama lain, maka peradaban manusia, teknologi, dan sains menjadi semakin maju dan berkembang.

Ilmuwan Dan Penemu Paling Terkenal Dalam Sejarah

Permulaan sains dan metode ilmiah sebagian besar berasal dari dari dunia Yunani kuno, yang meliputi bagian timur Mediterania.

Nama-nama ilmuwan dan filsuf besar pada masa itu, seperti Pythagoras, Archimedes, Aristoteles, Eratosthenes dan Thales, masih dikenal hingga sekarang, lebih dari 2.000 tahun kemudian.

Era Modern Sains Dimulai

Sains memasuki era baru dengan Renaissance, yang dimulai pada abad ke-14 Italia. Pada abad ke-17 itu telah meluas dan berkembang di sebagian besar Eropa.

Jatuhnya Konstantinopel pada tahun 1453 mengakibatkan sejumlah besar pengungsi melarikan diri ke Eropa, membawa serta buku-buku Yunani dan Romawi yang telah diarsipkan di Konstantinopel, yang tidak terpakai selama berabad-abad. 

Hal ini, dan penemuan mesin cetak pada sekitar tahun 1450 mempercepat laju pembelajaran di Eropa Renaisans.

Sayangnya untuk sains, hanya sedikit orang yang haus akan pengetahuan dan kemajuan ilmiah, sementara sebagian besar intelektual berfokus pada disiplin seni atau seni liberal. Baru pada abad ke-17 revolusi ilmiah yang pesat akhirnya terjadi.

Garis Waktu Revolusi Ilmiah

Berikut Ini Adalah Sejarah Dan Timeline Ilmuwan Terkenal di Dunia, Yaitu:

1. Tahun 1600 M - Galileo Galilei menemukan prinsip inersia, membangun panggung untuk pandangan gerak yang rasional.

2. Tahun 1600 M - William Gilbert menemukan bahwa Bumi memiliki kutub magnet dan bertindak seperti magnet besar.

3. Tahun 1600 M - Galileo Galilei menemukan bahwa proyektil bergerak dengan lintasan parabola.

4. Tahun 1608 M - Hans Lippershey menemukan teleskop pembiasan, yang segera digunakan oleh Galileo Galilei.

5. Tahun 1609 M - Galileo Galilei mengamati empat bulan terbesar Jupiter, menyangkal dogma gereja bahwa semua gerakan di alam semesta berpusat di Bumi.

6. Tahun 1609 M - Johannes Kepler menerbitkan dua hukum pertama gerakan planet yang menunjukkan bahwa planet bergerak dalam orbit elips mengelilingi matahari.

7. Tahun 1610 M - John Napier menerbitkan tabel logaritma, menunjukkan bagaimana tabel tersebut dapat digunakan untuk mempercepat perhitungan.

8. Tahun 1619 M - Kepler menerbitkan hukum ketiganya tentang gerak planet yang menghubungkan waktu yang dibutuhkan sebuah planet untuk mengorbit matahari dengan jaraknya dari matahari.

8. Tahun 1621 M - Willebrord Snell menemukan hukum refraksi cahaya.

9. Tahun 1628 M - Kepler menerbitkan tabel planetnya, kalkulasi yang membutuhkan waktu bertahun-tahun tanpa logaritma Napier.

10. Tahun 1629 M - Niccolò Cabeo menemukan ada dua jenis muatan listrik dan mencatat gaya tarik menarik dan gaya tolak yang bekerja.

11. Tahun 1632 M - William Oughtred menciptakan mistar hitung. Dengan gabungan kekuatan logaritma dan aturan geser, kecepatan kalkulasi meledak.

12. Tahun 1632 M - Galileo Galilei menemukan bahwa hukum gerak adalah sama di semua kerangka acuan inersia.

13. Tahun 1637 M - Rene Descartes menciptakan sistem koordinat Cartesian - yaitu sumbu xy untuk grafik, yang memungkinkan perubahan jumlah dengan waktu untuk diplot.

14. Tahun 1645 M - Blaise Pascal menemukan mesin penambah.

15. Tahun 1652 M - Thomas Bartholin menemukan sistem limfatik manusia.

16.Tahun 1654 M - Blaise Pascal dan Pierre de Fermat menemukan matematika probabilitas dan statistik.

17. Tahun 1656 M - Christiaan Huygens menemukan cincin Saturnus setelah membangun teleskop baru - yang terbaik di dunia.

18, Tahun 1657 M - Pierre de Fermat menggunakan prinsip waktu paling sedikit dalam optik.

19. Tahun 1658 M - Jan Swammerdam menemukan sel darah merah.

20. Tahun 1619 M - Kepler menerbitkan hukum ketiganya tentang gerak planet yang menghubungkan waktu yang dibutuhkan sebuah planet untuk mengorbit matahari dengan jaraknya dari matahari.

21. Tahun 1621 M - Willebrord Snell menemukan hukum refraksi cahaya.

22. Tahun 1628 M - Kepler menerbitkan tabel planetnya, kalkulasi yang membutuhkan waktu bertahun-tahun tanpa logaritma Napier.

23. Tahun 1629 M - Niccolò Cabeo menemukan ada dua jenis muatan listrik dan mencatat gaya tarik menarik dan gaya tolak yang bekerja.

24. Tahun 1632 M - William Oughtred menciptakan mistar hitung. Dengan gabungan kekuatan logaritma dan aturan geser, kecepatan kalkulasi meledak.

25. Tahun 1632 M - Galileo Galilei menemukan bahwa hukum gerak adalah sama di semua kerangka acuan inersia.

26. Tahun 1637 M - Rene Descartes menciptakan sistem koordinat Cartesian - yaitu sumbu xy untuk grafik, yang memungkinkan perubahan jumlah dengan waktu untuk diplot.

27. Tahun 1645 M - Blaise Pascal menemukan mesin penambah.

28. Tahun 1652 M - Thomas Bartholin menemukan sistem limfatik manusia.

29. Tahun 1654 M - Blaise Pascal dan Pierre de Fermat menemukan matematika probabilitas dan statistik.

30. Tahun 1656 M - Christiaan Huygens menemukan cincin Saturnus setelah membangun teleskop baru - yang terbaik di dunia.

31. Tahun 1657 M - Pierre de Fermat menggunakan prinsip waktu paling sedikit dalam optik.

32. Tahun 1658 M - Jan Swammerdam menemukan sel darah merah.

33. Tahun 1674 M - Antony van Leeuwenhoek menemukan mikroorganisme.

34. Tahun 1675 M - Robert Boyle menunjukkan bahwa tolakan dan tarikan listrik bertindak dalam ruang hampa.

35. Tahun 1676 M - Ole Christensen Roemer mengukur kecepatan cahaya untuk pertama kalinya.

36. Tahun 1676 M - Christiann Huygens menemukan cahaya dapat dibiaskan dan difraksi dan harus dianggap sebagai fenomena seperti gelombang.

37. Tahun 1684 M - Gottfried Leibniz menerbitkan kalkulusnya, yang ia temukan secara independen dari Isaac Newton. Dia telah mengerjakan kalkulus selama dekade terakhir.

38. Tahun 1687 M - Isaac Newton menerbitkan salah satu buku ilmiah terpenting yang pernah ada: Philosophiae Naturalis Principia Mathematica, merevolusi fisika dan pemahaman kita tentang gravitasi dan gerak.

Ini adalah abad yang penting di mana sains berpindah dari keadaan pengetahuan yang dalam banyak hal sedikit lebih maju dari abad ketiga SM Yunani ke posisi yang jauh lebih maju dan canggih, dan membuka jalan bagi revolusi industri pada 1700-an, dan banyak lagi ilmuwan terkenal.

Mungkin keuntungan terbesar yang dimiliki para ilmuwan Renaisans atas para pendahulu Yunani kuno mereka adalah:

a. Penemuan mesin cetak jenis bergerak pada tahun 1450 oleh Johannes Gutenberg. (Bi Sheng menemukan pencetakan jenis bergerak jauh lebih awal, sekitar 1040 M di Cina, tetapi ini tampaknya tidak mempengaruhi Renaissance.)

b. Leonardo Fibonacci membawa sistem bilangan Hindu-Arab ke Eropa pada 1202 Masehi.

Sistem bilangan Yunani adalah sistem primitif, membuat perhitungan menjadi rumit, dan membatasi sebagian besar pencapaian matematika Yunani pada geometri. Ilmuwan Eropa menggunakan sistem Romawi, yang sedikit lebih baik.

Sistem Hindu-Arab yang familiar dari 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9… membawa serta kemudahan perhitungan dan pengakuan bahwa nol adalah angka tersendiri. Aturan matematika untuk penggunaan nol yang benar pertama kali ditulis pada tahun 628 M dalam buku Brahmagupta, Brahmasputha Siddhanta. Buku ini juga menyoroti penggunaan bilangan negatif, misalnya, solusi persamaan kuadrat.

Mengikuti kemajuan ilmiah yang sangat besar pada tahun 1600-an, kita terus mengambil langkah besar dalam pengetahuan ilmiah, membawa kita ke tempat kita sekarang ini.

Itulah Sejarah Dan Timeline Ilmuwan Terkenal di Dunia. Semoga berguna dan bermanfaat.

sumber: https://www.famousscientists.org/

0 Response to "Sejarah Dan Timeline Ilmuwan Terkenal di Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel