Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sistem Manajemen Basis Data | Dunia Sains

Sistem Manajemen Basis Data

Basis data adalah kumpulan data record, file, dan lain-lain yang tergabung. Sistem manajemen basis data adalah paket perangkat lunak yang mengontrol desain, pemeliharaan, dan manipulasi basis data. 

Ini adalah jenis khusus dari sistem perangkat lunak yang mengelola satu atau lebih basis data, yang merupakan kumpulan file datar yang disimpan pada pita atau disk komputer atau dapat terdiri dari tabel basis data. 

DBMS memungkinkan bisnis untuk mengelola organisasi, penyimpanan, akses, keamanan, dan integritas data dalam database terstruktur. Sebuah DBMS juga memungkinkan program aplikasi pengguna yang berbeda untuk secara bersamaan mengakses database yang sama, paralel satu sama lain. 

Terlepas dari semua ini, sistem manajemen basis data menyediakan kemampuan tambahan untuk menyortir data, pemeriksaan integritas yang mudah, dan akses yang sering ke data.

Ada berbagai macam sistem manajemen database praktis yang tersedia di pasar, bervariasi dalam struktur, ukuran dan fungsionalitas. Anda dapat memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan individu atau bisnis Anda.   

Untuk perusahaan dan organisasi yang lebih besar, lebih murah untuk menyewa program DBMS daripada mengembangkannya. DBMS dapat menggunakan berbagai model database. Karena ada berbagai DBMS yang tersedia, Anda harus mengetahui beberapa fitur dasar, serta kekuatan dan kelemahan, dari jenis utama.

Ada empat tipe struktural utama dari sistem manajemen basis data: hierarki, jaringan, relasional, dan berorientasi objek.

1. Basis Data Hirarki

Mereka adalah salah satu jenis struktur basis data tertua, dan biasanya digunakan dengan komputer mainframe. Ini diatur dalam semacam gaya piramida, seperti cabang-cabang pohon yang memanjang ke bawah. Susunan dalam database hierarkis dapat dianggap menyerupai pohon keluarga, di mana orang tua duduk di atas anak-anak yang disubordinasikan. 

Demikian pula, entry atau data terkait dikelompokkan bersama, membuat catatan tingkat yang lebih tinggi dan catatan tingkat yang lebih rendah. Basis data hierarkis bekerja dengan bergerak dari atas ke bawah. Dalam kasus pencarian catatan, catatan dicari dari puncak piramida dan bekerja ke bawah melalui pohon dari orang tua ke anak sampai catatan anak yang sesuai ditemukan.

Catatan induk di bagian atas piramida disebut catatan akar. Hubungan orang tua-anak adalah satu ke banyak. Ini membatasi segmen anak untuk hanya memiliki satu segmen induk. Sebaliknya, catatan induk dapat memiliki lebih dari satu entri anak yang terhubung dengannya. Selanjutnya, setiap anak juga dapat menjadi orang tua dengan anak-anak di bawahnya.

Keuntungan dari basis data hierarkis adalah mereka dapat dengan mudah diambil dan diatur ulang dengan cepat karena hubungan antara catatan dan entri yang berbeda ditentukan sebelumnya. 

Kerugian terbesar dari jenis struktur database ini adalah bahwa setiap catatan anak hanya dapat memiliki satu orang tua untuk itu, dan koneksi di antara anak-anak tidak dapat diterima, bahkan jika mereka masuk akal dari perspektif logis. 

Basis data hierarkis sangat ketat dalam rencana mereka sehingga jika Anda ingin menambahkan bidang atau catatan baru, Anda harus mendefinisikan ulang seluruh basis data.

2. Basis Data Jaringan

Basis data jaringan mirip dengan basis data hierarkis karena mereka juga memiliki struktur hierarkis, dan sebagian besar digunakan untuk komputer mainframe. Tapi itu lebih menyerupai jaring laba-laba atau jaringan catatan yang saling terkait.

Dalam jenis database ini, anak-anak disebut anggota dan orang tua disebut pemilik. Aspek utama dari database jaringan adalah bahwa setiap catatan anggota dapat memiliki lebih dari satu induk, atau pemilik. Ini memungkinkan hubungan banyak ke banyak antara entri data yang berbeda.

Jenis database ini dianggap lebih fleksibel karena lebih banyak tautan dapat dibuat di antara berbagai jenis data. Model database jaringan agak berbeda dari model database hirarkis. Ini harus digunakan ketika diperlukan untuk memiliki cara yang fleksibel untuk merepresentasikan objek dan hubungannya.

Beberapa keuntungan menggunakan model database ini termasuk konsep yang sederhana, aksesibilitas data yang fleksibel, kemampuan untuk menangani lebih banyak jenis hubungan, dan mempromosikan integritas data dan kemandirian data. 

Di sisi lain, kelemahannya adalah strukturnya kompleks dan sulit diubah. Kurangnya independensi struktural, membuat modifikasi struktural ke database sangat sulit.

3. Basis Data Relasional

Sistem Manajemen Basis Data

Basis data relasional lebih fleksibel daripada struktur basis data hierarkis atau jaringan. Dalam database relasional, hubungan antara file data bersifat relasional, bukan hierarkis. 

Sebuah database relasional memungkinkan untuk definisi yang lebih baik dari struktur data, pilihan penyimpanan dan pengambilan dan kontrol integritas. Database relasional menghubungkan data dari sejumlah file menggunakan elemen data umum atau bidang kunci. 

Data dan hubungan di antara mereka dipertahankan dalam tabel yang berbeda, masing-masing memiliki bidang kunci yang secara unik mengidentifikasi setiap baris. Dalam database relasional, tabel atau file yang diisi dengan data disebut relasi, tupel menunjuk baris atau record, dan kolom disebut sebagai atribut atau bidang.

Model basis data relasional menyiratkan teori dasar dimana setiap tabel memiliki bidang kunci tertentu, yang berfungsi untuk mengidentifikasi setiap baris secara individual, dan bidang kunci ini selanjutnya menghubungkan satu file data dengan yang lain. 

Model database ini sangat praktis untuk perusahaan, dimana informasi pelanggan dapat dihubungkan dengan informasi produk tertentu.

Basis data relasional telah menjadi sangat populer, karena pendekatan relasional adalah pendekatan yang menarik secara logis dan layak secara komersial. Ini juga memungkinkan pengguna untuk menerapkan data yang sepenuhnya aman dan terkontrol, dengan memindahkan atribut sensitif dalam tabel tertentu ke dalam relasi terpisah dengan kontrol otorisasinya sendiri.

Ini sangat fleksibel, dan data dapat dipanggil dari tabel tertaut yang berbeda, dan disajikan dalam satu bentuk. Penggunaan aljabar relasional dan kalkulus relasional dalam manipulasi hubungan menjamin bahwa Anda mendapatkan data yang akurat, yang mungkin muncul dalam membangun hubungan dalam database tipe jaringan yang rumit. 

Independensi data dicapai dengan lebih mudah. Menanggapi pertanyaan yang berbeda mudah dalam pendekatan database relasional.

Dengan banyak poin plus, pendekatan ini juga memiliki beberapa kelemahan. Kendala utama dalam sistem ini adalah kinerja mesin. Dengan bertambahnya jumlah atau ukuran tabel, kinerjanya pasti menurun. 

Kedua, sistem dapat kehilangan informasi jika kunci utama atau alternatif tumpang tindih dalam permintaan yang dibuat oleh pembuatnya. Terkadang ini benar dan terkadang tidak.

4. Database Berorientasi Objek

Konsep berorientasi objek adalah tren baru dalam struktur database. Dibangun untuk menangani banyak tipe data baru, dan dapat menyimpan grafik, foto, audio, dan video. Semua jenis struktur database lainnya beroperasi dengan model data tertentu yang telah ditentukan sebelumnya yang dikelola di bidang dan tabel yang tepat. 

Model terstruktur ini praktis di mana potongan-potongan kecil informasi terlibat. Sebaliknya, database berorientasi objek dapat menyimpan lebih banyak bentuk data yang serbaguna dari berbagai sumber media, seperti foto dan teks. DBMS berorientasi objek menambahkan operasi database ke bahasa pemrograman berorientasi objek.

Model database berorientasi objek memungkinkan kombinasi aplikasi dan catatan database menjadi model data dan lingkungan bahasa yang sempurna. Database berorientasi objek memanfaatkan variabel kecil yang disebut objek yang disimpan dalam database berorientasi objek. 

Objek-objek ini berisi data dalam bentuk teks atau file multimedia, serta metode atau instruksi, yang memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan dengan data tersebut.

Ini adalah pilihan terbaik untuk program dengan tipe data yang kompleks dan antarmuka yang jelas. Kemampuan untuk mencampur dan mencocokkan objek yang dapat digunakan kembali memberikan kemampuan multimedia yang luar biasa. 

Dengan menggunakan struktur ini, Anda dapat mempertahankan dan menyesuaikan program apa pun, dan juga memberikan dasar yang bagus untuk membangun dan memodifikasi komponen perangkat lunak baru, dan antarmuka pengguna grafis. 

Di sisi lain, ini sangat mahal, dan akibatnya, tidak praktis untuk sebagian besar industri kecil atau menengah. Juga, dibutuhkan banyak waktu dan energi untuk memulai.

Posting Komentar untuk " Sistem Manajemen Basis Data | Dunia Sains"