Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Penemuan GPS

Sejarah Penemuan GPS

Penemuan GPS oleh Ivan Getting dan Bradford Parkinson adalah keajaiban modern, dan Anda dapat membacanya di sini. Garis waktu penemuan dimulai pada awal abad ke-20.

Maju cepat ke tahun 1960 dan Ivan mendirikan perusahaannya sendiri yang diberi nama "The Aerospace Corporation" di California. Misi perusahaan ini hampir sama dengan Raytheon, dan Getting bekerja pada sistem peluncuran rudal dan ruang angkasa, serta teknologi anti-pesawat untuk Departemen Pertahanan.

Sekarang jika kita mengikuti garis waktu penemuan ini kembali ke tahun 1957, kita dapat bergabung dengan Bradford Parkinson ketika dia bergabung dengan Angkatan Udara. Parkinson lahir di Wisconsin pada tahun 1935 dan memperoleh gelar di Akademi Angkatan Laut, MIT, dan Universitas Stanford. 

Tak lama setelah bergabung dengan Angkatan Udara, ia diberi tanggung jawab untuk memimpin Departemen Astronautika dan Ilmu Komputer di Akademi Angkatan Udara.

Pada tahun 1972, Parkinson ditunjuk untuk menjalankan program GPS untuk Departemen Pertahanan, yang didasarkan pada ide asli Ivan Getting. Penemuan GPS sudah mendekati kenyataan.

Gagasan GPS yang awalnya dibayangkan oleh Getting adalah memiliki sinyal yang ditransmisikan oleh satelit tertentu yang berfungsi sebagai titik referensi saat mengorbit bumi di jalur yang ditentukan secara tepat. 

Penerima GPS akan mengambil sinyal tersebut dari satelit, dan menghitung posisi berdasarkan waktu kedatangan sinyal dari satelit yang berbeda.

Pada tahun 1978, sistem GPS NAVSTAR berfungsi, dan akurat hingga jarak 3 meter! Penemuan GPS sangat menakjubkan sehingga Parkinson dianugerahi Penghargaan Kinerja Unggul Departemen Pertahanan atas pencapaiannya. Dia kemudian pensiun dari Angkatan Udara sebagai Kolonel tahun itu.

Selama 20 tahun ke depan, teknologi GPS terus meningkat, dan menjadi akurat dalam jarak satu meter untuk sebagian besar produk konsumen. Beberapa sistem GPS komersial mencapai akurasi di bawah sentimeter. 

Pada tahun 2000, penemuan GPS telah menjadi cukup terjangkau untuk diintegrasikan ke dalam produk konsumen seperti mobil, kapal dan bahkan unit GPS genggam.

Ivan Mendapatkan dan Bradford Parkinson dihormati pada tahun 2003 dengan Hadiah Draper Charles Stark sebesar $ 500.000 untuk penemuan teknologi GPS. 

Posting Komentar untuk " Sejarah Penemuan GPS"