Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penemuan Luar Biasa dan Penting | Dunia Sains

hover-bike
credit:freepik.com

Ada beberapa contoh Penemuan Luar Biasa dan Penting yang sangat bermanfaat bagi kita. Dan pada artikel kali ini saya akan membagikannya kepada Anda.

5 Penemuan Luar Biasa dan Penting, antara lain:

1. Bekas luka yang aneh & jelek

Ketika seseorang menghadapi kecelakaan, setelah sembuh ia akan menghadapi bekas luka di tubuhnya. Terutama bekas luka wajah memberikan tampilan yang aneh. Itu karena kulit di sisi luka mulai terkelupas, dan dukungan sendi fibrosa sudah tidak ada lagi.

Akibatnya bekas luka terbentuk di sekitar luka akibat jaringan tersebut. Tidak ada yang menginginkan bekas luka ini karena keanehan dan keburukan.

Masalah tersebut telah diatasi oleh para peneliti dari Stanford University. Mereka mengembangkan jenis pembalut baru yang tidak memungkinkan luka stres secara mekanis. Elemen jahat ini membentuk bekas luka.

Para peneliti yang memproduksi pembalut ini terbuat dari lapisan tipis silikon elastis yang ditekan di atas luka setelah pengangkatan sendi fibrosa. Lapisan plastik ajaib mulai berkontraksi secara merata dalam waktu yang tepat dan menekan tepi luka bersama-sama. Lapisan plastik tidak memungkinkan ujung-ujungnya terlepas. Jadi tidak tampak bekas luka.

2. Mengontrol suhu setelah kehilangan darah

Para prajurit mengambil bagian dalam pertempuran dan berkorban untuk negara mereka, memberikan hidup mereka karena kehilangan darah. Dalam istilah medis disebut “Hipotermia”, dalam kondisi ini suhu tubuh turun dan karena kehilangan darah mereka menghadapi kematian.

Para mahasiswa Institut New Jersey sedang mencoba mengembangkan perangkat jenis baru yang akan membantu tentara yang bertempur di medan perang. Alat tersebut dapat mencegah terjadinya hipotermia dengan cara memanaskan darah secara artifisial hingga bantuan medis dapat diberikan. 

Saat ini dengan perangkat ini peneliti menaikkan suhu tubuh setelah kehilangan darah. Kondisi orang yang terluka menjadi stabil setelah 16 jam untuk menaikkan suhu ke tingkat yang diperlukan.

Alat ini dapat bekerja dalam waktu yang lebih singkat hanya 4 jam dan mengalirkan udara hangat ke paru-paru orang yang terluka. Ketika suplai darah lewat dari paru-paru, suhu tubuh naik ke tingkat yang aman.

3. Bakteri penghasil listrik

Pasti dia melakukan sihir untuk menghasilkan listrik dari bakteri. Dia adalah seorang profesor botani di Universitas Durham di Inggris selama satu abad. Dasar dari keajaiban ini adalah sel bahan bakar biologis yang telah diselidiki untuk produksi listrik.

Pekerjaan profesor dikembangkan oleh seorang ilmuwan Jepang pada tahun 1976. Sel bahan bakar mikroba memiliki ruang anoda dan katoda, sedangkan listrik dihasilkan dengan menggerogoti bahan organik.

Bagaimana listrik dihasilkan masih belum dipahami. Tetapi tim ilmuwan di University of Anglia menemukan struktur sebenarnya dari protein bakteri yang menghasilkan arus listrik.

Struktur ini dirancang oleh alam yang meringankan gerakan elektron dari bagian dalam sel bakteri ke atmosfer luar, sehingga menyebabkan arus listrik.

4. Hover bike

Anda tahu betul bahwa orang menyeberangi Selat Inggris setiap hari dengan hovercraft.

Kapal-kapal ini terbang hanya dua kaki di atas permukaan air. Mengingat ide yang sama, pengrajin Australia Chris Malloy telah mengembangkan sepeda motor dan menamakannya sepeda Hover yang akan terbang beberapa ribu kaki di atas tanah.

Sepeda hover didesain sedemikian rupa sehingga dapat terbang dengan kecepatan 173 mil/jam saat terbang di udara. Sepeda hover ini terbuat dari serat karbon dan memiliki 2 baling-baling berputar yang disalurkan. 

Sebuah kain yang menarik dan luar biasa telah diperkenalkan di pasar yaitu kain kertas. Dengan produk ini telepon seluler dan perangkat listrik dapat dibuat dari kertas. Para ilmuwan dari Universitas Carolina menemukan kemungkinan untuk menyimpan lapisan nano konduktif di atas kertas. 

Anda akan terkejut mengetahui bahwa semua jenis bahan tersebut dapat digunakan dalam perangkat elektronik. Lapisannya ribuan kali lebih tipis dari rambut manusia, dan terbuat dari bahan anorganik. Mereka dapat dilapisi di atas kertas, kapas dan bahan polypropylene yang biasanya digunakan untuk membuat tas bekas sehari-hari.

Posting Komentar untuk " Penemuan Luar Biasa dan Penting | Dunia Sains"