Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Jaringan Saraf

jaringan-saraf-manusia
credit:instagram@qutublab

Jaringan saraf merupakan bagian penting dalam tubuh manusia. Bagian ini berfungsi untuk membantu gerakan setiap bagian tubuh manusia. Jika bagian saraf manusia terganggu akan berdampak pada hilangnya keseimbangan dan kemampuan tubuh seseorang.

Pada jaringan saraf ini, tersusun oleh sel saraf atau yang dikenal dengan nama neuron. Setiap sel saraf ini tersusun oleh badan sel saraf, cabang dendrit serta cabang akson. Setiap cabang ini pada nantinya akan mengintegrasikan masing-masing sel saraf sampai terbentuk jaringan saraf.

Macam Sel Saraf

Di dalam tubuh manusia, terdapat tiga macam sel saraf dengan masing-masing fungsi. Ketiga sel saraf tersebut antara lain :

1. Sel Saraf Sensorik

Pada sel ini memiliki fungsi untuk menyampaikan rangsangan dari reseptor atau penerima rangsang ke bagian sumsum tulang belakang.

2. Sel Saraf Motorik

Fungsi dari sel saraf motorik adalah menyampaikan impuls motorik dari bagian saraf pusat ke bagian efektor.

3. Sel Saraf Penghubung

Fungsi dari sel saraf penghubung adalah menghubungkan satu bagian sel saraf ke bagian lainnya.

Apabila bagian saraf manusia mengalami gangguan, akan berdampak pada hilangnya fungsi tubuh. Seperti jika saraf motorik yang mengalami gangguan, akan mengakibatkan manusia mengalami hambatan untuk melakukan suatu aktivitas. Seperti sulit berjalan atau menjadi sulit bicara.

Kondisi tersebut disebabkan kemampuan sel saraf  yaitu iritabilitas dan konduktivitas sudah tidak bisa berjalan dengan normal. Kemampuan iritabilitas merupakan fungsi sel saraf untuk melakukan reaksi apabila muncul perubahan di sekitarnya. Sedangkan kemampuan konduktivitas merupakan kemampuan yang dimiliki sel saraf dalam menghantarkan impuls-impuls saraf.

Penyakit Saraf

Ada beberapa jenis penyakit yang berkaitan dengan jaringan saraf manusia. penyakit ini kerap disebut sebagai penyakit saraf. Beberapa jenis penyakit saraf itu diantaranya adalah :

1. Gangguan Pembuluh Darah Otak

Sebagian orang mengenal penyakit ini dengan istilah stroke. Penyakit ini menyerang saraf manusia, khususnya pada sistem saraf pusat pada otak. Tanda-tanda dari terserang penyakit ini adalah munculnya beberapa gangguan pada peredaran darah. 

Gangguan tersebut bisa disebabkan karena adanya sumbatan pembuluh darah atau juga dikarenakan pendarahan. Pada proses pendarahan ini biasanya terjadi karena pecahnya bagian pembuluh darah yang ada di otak. Dampaknya, muncul gangguan anatomi serta fisiologi otak yang menyebabkan penyakit saraf manusia.

Beberapa penyebab yang menyebabkan terjadinya penyakit saraf ini diantaranya adalah :

  • Adanya tekanan darah tinggi yang terjadi secara berlebih dan dalam jangka waktu panjang.
  • Gejala penyakit jantung yang tidak terdeteksi.
  • Ancaman penyakit kencing manis atau diabetes.

Beberapa indikasi awal munculnya penyakit ini adalah timbulnya rasa kesemutan yang menyerang seluruh tubuh. Pada beberapa kasus, hal tersebut akan diiringi dengan gangguan bicara seperti cadel. Gangguan ini tidak selalu datang, hanya sesekali datang dan sesekali hilang namun biasanya akan mengalami kecenderungan untuk bertambah berat. 

Dampak jangka panjang adalah menyebabkan kelumpuhan pada seluruh bagian tubuh manusia. Apabila muncul penyakit ini, langkah terbaik adalah membawanya ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis, sehingga bisa mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Penyakit ini bisa dicegah antara lain dengan cara :

  • Membiasakan hidup sehat dengan olahraga rutin dan menjaga pola makan.
  • Mengurangi stres agar tidak memicu naiknya tekanan darah
  • Memeriksakan diri secara rutin

2. Radang Otak

Radang otak merupakan salah satu penyakit yang faktor penyebabnya berupa bakteri, virus atau parasit. Ketiga zat ini akan menelusup masuk ke dalam otak serta bagian selaput otak sehingga menyebabkan infeksi dan muncul peradangan di bagian otak.

Penyakit radang otak ini biasanya dikenali dari adanya beberapa gejala awal. Misalnya adalah meningkatnya suhu badan sehingga menjadi sangat tinggi, kondisi tubuh lemah, bagian leher menjadi kaku serta muncul muntah yang tidak bisa disembuhkan dengan obat anti mual.

Penyakit ini biasanya baru akan menimbulkan dampak yang fatal, apabila proses peradangan tersebut sudah meluas sehingga menimbulkan bengkak otak atau abses. Abses adalah luka yang menyerupai luka borok pada bagian kulit manusia. 

Jika seseorang sudah mengalami hal ini, ancaman yang akan terjadi adalah menyebabkan seseorang mengalami hilang kesadaran atau koma.  

3. Sindrom Guillain Barre

Penyakit ini disebabkan oleh proses imunologi yang menyebabkan kerusakan pada selaput saraf. Hal ini menyebabkan munculnya kelumpuhan pada anggota gerak tubuh.

Penyakit ini diawali munculnya gejala infeksi pada saluran nafas dan bagian pencernaan yang berupa batuk, pilek serta buang air besar yang berlanjut pada kelumpuhan. Biasanya berawal dari bagian bawah kemudian menjalar ke atas.

 Jaringan Saraf Tiruan

Dalam perkembangannya, manusia mulai meniru sistem yang ada dalam tubuh manusia khususnya jaringan saraf tersebut. manusia membuat sebuah sistem yang terintegrasi menjadi sebuah jaringan yang kemudian dikenal sebagai jaringan saraf tiruan.

Jaringan saraf tiruan ini tidaklah digunakan untuk menggantikan jaringan saraf manusia yang sebenarnya. Namun pemanfaatannya digunakan untuk sistem robotik yang pada nantinya akan digunakan membantu berbagai kegiatan manusia.

Jaringan saraf tiruan ini juga disebut dengan istilah artificial intelligence atau kecerdasan buatan. Jaringan ini merupakan alat pemodelan statistik non linear. Dimana pada nantinya jaringan saraf tiruan bisa dimanfaatkan untuk menciptakan hubungan yang rumit di antara input dan output guna menemukan gambaran pada data.

Konsep dari jaringan saraf tiruan ini pada awalnya ditemukan pada makalah Waffen McCulloch dan Walter Pitts yang dibuat tahun 1943. Pada makalah tersebut kedua peneliti itu mencoba merangkai model matematika sel otak. 

Model yang dikembangkan, didasarkan pada sistem saraf biologi manusia. Hal ini merupakan langkah maju yang menjadi dasar dalam pengembangan teknologi komputer.

Posting Komentar untuk " Pentingnya Jaringan Saraf"