Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gunung Everest si Puncak Tertinggi Dunia

mount-everest

Tahukah Anda dimana puncak daratan paling tinggi yang ada di Bumi kita ini? Gunung Everest atau dalam bahasa Inggris biasa disebut dengan Mount Everest adalah puncak tertinggi Bumi jika diukur dari permukaan laut.

Gunung Everest juga dijadikan sebagai acuan perbatasan wilayah antara Tibet dan Nepal. Penduduk Tibet menyebut gunung ini dengan nama Chomolangma atau Qomolangma yang berarti “Bunda Semesta”.

Sementara orang Nepal menamai Gunung Everest dengan sebutan Sagarmatha, sebuah kosakata bahasa Sansekerta yang berarti “Dahi Langit”. Untuk nama Everest sendiri diambil dari nama seorang Surveyor General India berkebangsaan Inggris yang bernama Sir George Everest.

Nama Everest mulai dipakai sebagai nama resmi gunung itu ketika pada 1865 Andrew Waugh, seorang Surveyor General India penerus Sir George Everest, merekomendasikan kepada Royal Geographical Society untuk memakai Everest sebagai nama puncak tertinggi dunia tersebut.

Sebenarnya satu dekade sebelum pemakaian nama Everest, yaitu pada 1852, seorang ahli matematika dari Bengal yang bernama Radhanath Sikdar untuk pertama kalinya menyatakan bahwa Gunung Everest adalah puncak tertinggi Bumi melalui sebuah hitungan trigonometri. 

Maka tidak mengherankan jika sebagian penduduk India berpendapat bahwa puncak tertinggi bumi tersebut seharusnya bernama Sikdar.

Puncak Tertinggi di Bumi

mount-everest

Gunung Everest memiliki tinggi lebih kurang 8.850 meter. Ketika diukur oleh bangsa Eropa pada 1856, Gunung Everest memiliki ketinggian 8.839 meter, tapi kemudian dibulatkan menjadi 8.840 meter. 

Sedangkan ukuran umum yang kini banyak diyakini adalah 8.850 meter setelah dilakukan pengukuran dengan bantuan Global Position System (GPS).

Peningkatan ketinggian gunung dari waktu ke waktu ini akibat bertambahnya ketinggian Himalaya sebagai imbas pergerakan lempeng tektonik di kawasan ini. 

Sebagai tambahan, lempeng tektonik di kawasan Himalaya setiap tahun selalu bertambah tinggi sekitar 4 milimeter, dan terus bergeser ke arah timur laut sejauh 3 sampai 6 milimeter per tahun.

Ekspedisi Pertama

Gunung Everest memiliki dua jalur utama untuk para pendaki, yaitu di sebelah tenggara Nepal dan sebelah timur laut Tibet. Pada 1885, Clinton Thomas Dent, seorang president Alpine Club mengatakan lewat bukunya yang berjudul Above the Snow Line, bahwa mendaki ke puncak Gunung Everest itu mungkin untuk dilakukan.

Selanjutnya pada 1921, George Mallory adalah orang Eropa pertama yang memutuskan untuk mendaki ke puncak Everest. Karena persiapan yang dirasa masih kurang untuk menaklukkan medan, maka Mallory memutuskan untuk kembali turun sebelum ia mencapai puncak. 

Setelah kegagalan Mallory, beberapa ekspedisi kembali diturunkan untuk menaklukkan puncak Everest, namun selalu berakhir dengan kegagalan.

Pertama Mencapai Puncak

Baru pada 1953, atau pada ekspedisi ke sembilan Inggris yang dipimpin oleh John Hunt menuai keberhasilan. Ketika itu rombongan John Hunt membagi tiap dua orang menjadi satu tim pendaki. 

Pendakian pertama dilakukan oleh Tom Bourdillon dan Charles Evans pada 26 Mei 1953, namun mereka kembali turun sebelum mencapai puncak.

Dua hari berikutnya atau pada 28 Mei 1953, tim kedua diberangkatkan, mereka adalah Edmund Hillary seorang pendaki dari New Zealand dan Tenzing Norgay seorang pendaki dari Nepal. 

Akhirnya pada pengiriman tim ke-dua dari rombongan John Hunt inilah puncak Everest untuk pertama kalinya dapat ditaklukkan oleh manusia.

Edmund Hillary dan Tenzing Norgay dilaporkan dapat mencapai puncak Everest pada 29 Mei 1953 pukul 11.30 waktu setempat. Hillary dan Tenzing menyatakan bahwa keberhasilan mereka berdua adalah sebagai sebuah keberhasilan seluruh anggota ekspedisi yang dipimpin oleh John Hunt.

Tenzing mengatakan bahwa Hillary adalah orang pertama yang melangkahkan kakinya di puncak Everest. Di puncak tertinggi itu, mereka berdua kemudian mengambil gambar foto, serta mengubur beberapa buah permen dan sebuah salib kecil sebelum turun hujan salju.

John Hunt, Edmund Hillary, dan Tenzing Norgay adalah tiga orang yang dikenal sebagai orang yang paling berjasa dalam keberhasilan ekspedisi pertama yang mampu mencapai puncak Everest.

Posting Komentar untuk " Gunung Everest si Puncak Tertinggi Dunia"