Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Gunung Tertinggi di Indonesia

puncak-cartenzs

Gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 4884 meter dpl (dari permukaan laut) adalah Pegunungan Jayawijaya dengan puncak tertingginya bernama Puncak Carstensz. Sebagai puncak gunung tertinggi di Indonesia, Pegunungan Jaya Wijaya masuk ke dalam salah satu Seven Summit dari tujuh benua di dunia.

Puncak Carstensz di dunia disebut pula dengan Carstensz Pyramid. Namun demikian, ketika berbicara gunung tertinggi di Indonesia, tak bisa dipisahkan dari gunung-gunung tinggi di Indonesia yang hampir di semua wilayah ada. 

Puncak Carstensz yang terletak di areal Pegunungan Jayawijaya ini merupakan jenis gunung karang yang terselimuti hamparan salju. Untuk bisa mencapai puncak Carstensz yang menjadi gunung tertinggi di Indonesia ini telah tersedia rute normal melalui desa Ilaga. 

Gunung Jayawijaya dengan puncak Carstensz ini tidak saja menjadi gunung tertinggi di Indonesia melainkan juga untuk kawasan Oceania dan Australia. Puncak Carstensz tidak menjadi puncak gunung tertinggi di Asia, karena masih kalah dibanding dengan Gunung Himalaya yang berada di wilayah perbatasan antara Cina dan India. 

Gunung Tertinggi di Indonesia Wilayah Jawa

puncak-gunung-semeru

Selain puncak Gunung Jaya Wijaya sebagai gunung tertinggi di Indonesia, sebenarnya hampir di setiap kawasan pulau di Indonesia ini memiliki gunung tinggi. 

Beberapa di antaranya bahkan ada yang hampir mencapai tingginya Puncak Carstensz dari Gunung Jaya Wijaya. Untuk wilayah Pulau Jawa misalnya, ada beberapa gunung tinggi yang tingginya di atas 3000 meter dari atas permukaan laut.

Gunung tertinggi di Jawa sekalipun tidak menjadi gunung tertinggi di Indonesia, terlihat menjulang dan memberi sensasi tersendiri bagi para pendaki. Dalam melakukannya puncak gunung tertinggi di Pulau Jawa ini sama sulit bila dibanding dengan menaklukkan puncak gunung tertinggi di Indonesia, Puncak Carstensz.

Masih terletak di Pulau Jawa, yaitu Gunung Semeru yang tingginya mencapai 3676 meter dpl. Gunung Semeru berada di kawasan pegunungan Tengger, termasuk gunung berapi tertinggi ketiga dari gunung tertinggi di Indonesia. Setiap rentang 10 menit, Gunung Semeru selalu menyemburkan letusan vulkanik.

Semburan vulkanik ini berasal dari kawah Jonggring Saloko. Pada jalur pendakian normal, terdapat danau yang diberi nama Ranu Kumbolo. Danau ini luasnya tak kurang dari 5 hektar dan merupakan pemandangan khas yang disajikan kepada para pendaki.

Di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur terdapat juga gunung tinggi yaitu Gunung Argapura yang tingginya mencapai 3088 meter dpl dan masuk ke dalam sepuluh besar gunung tertinggi di Indonesia. Awalnya Gunung Argopuro atau Argopuro ini merupakan gunung berapi namun sekarang sudah tidak aktif lagi setelah beberapa kali meletus. 

Lokasi Gunung Argopuro terletak diantara Gunung Raung dan Gunung Semeru, dengan puncaknya yang terkenal, yaitu Puncak Rengganis. Gunung Argopuro terdapat di wilayah hutan dipterokarp bukit dan hutan gunung.

Gunung tinggi yang masuk ke dalam sepuluh besar gunung tertinggi di Indonesia lainnya dan terdapat masih di Pulau Jawa, yaitu Gunung Merbabu, yang terletak di Kabupaten Magelang, yang tingginya mencapai 3145 meter dpl. Menurut catatan, Gunung Merbabu pernah meletus pada 1560 dan 1797.

Gunung Merbabu ini termasuk salah satu gunung yang memiliki cerita unik. Konon pada abad ke-15 seorang pertapa terkenal Bujangga Manik pernah singgah di tempat ini. Sampai sekarang pertapaan itu masih ada. 

Merbabu sendiri konon berasal dari gabungan meru dan abu. Meru artinya gunung dan abu artinya abu. Gunung Merbabu merupakan gunung berapi atau bisa pula diartikan sebagai Gunung yang warnanya abu. Istilah penamaan ini pernah muncul pada catatan seorang berkebangsaan Belanda.

Sepuluh besar gunung tertinggi di Indonesia yang terletak di Pulau Jawa adalah Gunung Slamet dengan ketinggian mencapai 3432 meter dpl. Gunung Slamet terdapat di perbatasan antara Banyumas, Purbalingga, Brebes dan Pemalang. Di atas Gunung Slamet ini terdapat empat buah kawah yang masih aktif. Kawasan wisata Baturaden terletak di kaki Gunung Slamet.

Gunung Slamet termasuk salah satu gunung di Provinsi Jawa Tengah yang mendapat perhatian J Noorduyn seorang berkebangsaan Belanda, dan tercatat dalam bukunya Three Old Sundanese Poems. 

Menurut Noorduyn pemberian gunung ini dengan nama Gunung Slamet masih terbilang baru karena dengan merujuk kepada buku karangan Bujangga Manik, nama sebelumnya dari gunung ini adalah Gunung Agung. 

Gunung Tertinggi di Indonesia Wilayah Sumatera

puncak-gunung-kerinci
credit:[email protected]_restuputri_

Gunung Kerinci yang tinggi puncaknya 3805 meter dari permukaan laut, memang bukan gunung tertinggi di Indonesia, tapi merupakan gunung tertinggi di Pulau Sumatera. Gunung Kerinci dikenal dengan beberapa nama antara lain Gunung Kerenci, Berapi Kurinci, Gunung Gadang, Puncak Indrapura dan Gunung Kerinci.

Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di Indonesia kedua di bawah Gunung Jaya Wijaya. Gunung tertinggi di Sumatera yang terletak di kawasan Bukit Barisan ini bisa ditempuh dari Padang sebelah selatan yang jaraknya 130 km, bagian daya tarik dari Taman Nasional Kerinci Seblat. 

Gunung Kerinci yang menjadi bagian gunung tertinggi di Indonesia kedua ini merupakan gunung berapi yang masih aktif. Gunung Merapi terakhir kali meletus pada 1970 di puncaknya terdapat sebuah kawah berbentuk kerucut yang airnya berwarna hijau kekuning-kuningan.

Gunung Tertinggi di Indonesia Wilayah Kalimantan

gunung-bukit-raya

Gunung Bukit Raya yang tingginya 2278 meter dpl ini memang tidak setinggi gunung Kerinci, tapi untuk wilayah Kalimantan, gunung inilah yang paling tinggi. Puncak Bukit Raya merupakan bagian dari pegunungan Schwaner yang terletak di dalam kawasan Taman Nasional Bukit Raya yang merupakan ekosistem hutan hujan tropika yang masih ada. 

Sebenarnya puncak gunung tertinggi yang berada di Kalimantan, bukanlah puncak Gunung Bukit Raya melainkan puncak Gunung Kinabalu yang tingginya mencapai 4095 meter dpl, jauh lebih tinggi dibanding Gunung Kerinci. Tapi Gunung Kinabalu secara administrasi berada di wilayah Malaysia. 

Gunung Tertinggi di Indonesia Wilayah Lainnya

puncak-rinjani
credit:[email protected]_anda

Ada beberapa gunung tinggi sekalipun bukan merupakan gunung tertinggi di Indonesia yang berada di wilayah di luar Jawa, Sumatera dan Kalimantan yaitu sebagian ada di Sulawesi dan sebagian lagi ada di Lombok, Nusa Tenggara. 

Sekalipun bukan merupakan gunung tertinggi di Indonesia, tapi rata-rata tingginya di atas 3500 meter dpl dan masuk ke dalam jajaran sepuluh besar gunung tertinggi di Indonesia.

Salah satunya adalah Gunung Rinjani yang tingginya mencapai 3726 meter dpl. Gunung Rinjani secara administrasi berada di Kepulauan Sunda Kecil, kawasan Lombok bagian utara. 

Selain terkenal karena ketinggiannya, Gunung Rinjani bagi umat Hindu dianggap sebagai tempat suci, karena di puncak Gunung Rinjani itu umat Hindu meyakini sebagai tempat tinggalnya para dewa. 

Pada ketinggian 2000 meter dpl dari kawasan Gunung Rinjani ini terdapat kaldera yang membentuk sebuah danau. Danau ini terkenal sebagai Segara Anak. Di tengah-tengah Segara Anak ini ada Gunung Barujari yang merupakan gunung berapi masih aktif. 

Dari gunung ini pula mengalir sumber air panas alami yang sering dipergunakan sebagai tempat berobat, sementara kawasan Danau Segara Anak, lebih sering dipergunakan sebagai tempat memancing. 

Gunung lain yang tertinggi dan berada di Sulawesi adalah Gunung Jatimojong dengan ketinggian 3430 meter dpl. Tinggi puncak Gunung Jatimojong ini memang masih kalah tinggi dibanding dengan Puncak Carstensz dari Gunung Jaya Wijaya, namun menjadi gunung tertinggi untuk kawasan Sulawesi dan masuk ke dalam jajaran sepuluh besar gunung tertinggi di Indonesia. 

Untuk mencapai puncak gunung Jatimojong ini terdapat rute normal yang dimulai pendakiannya dari Desa Karanggan.

Kepulauan Maluku juga memiliki gunung yang masuk ke dalam sepuluh besar gunung tertinggi di Indonesia, yaitu Gunung Binaiya dengan ketinggian 3027 meter dpl. Gunung Binaiya ini terletak di Pulau Seram, Maluku. Gunung Binaiya termasuk gunung yang jarang didaki para pencinta alam karena termasuk kawasan yang sulit dan pendakian dimulai dari titik o meter dpl. 

Gunung Binaiya menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Maklum gunung tertinggi di Kepulauan Maluku ini berada di lingkungan Taman Nasional Manusela seluas 189000 hektar. 

Bagi yang ingin menaklukkan puncak Gunung Binaiya harus benar-benar memperhatikan bulan dimana terjadinya curah hujan yang tinggi yaitu antara November sampai dengan April.

Post a Comment for " Mengenal Gunung Tertinggi di Indonesia"