Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Biologi Melalui Cabang-Cabang Ilmunya

Mengenal Biologi Melalui Cabang-Cabang Ilmunya

Meskipun kita sudah mengenal ilmu biologi sejak duduk di bangku sekolah, tidak semua orang yang masih ingat dengan cabang-cabang ilmu biologi. Bahkan, bukan tidak mungkin kita hanya mengetahui ilmu biologi tanpa mengetahui bila ilmu biologi juga memiliki cabang-cabang ilmu biologi, seperti halnya dengan cabang ilmu yang lainnya.

Rasanya kurang lengkap jika kita hanya mengetahui ilmu biologi berupa pengetahuan dasarnya saja, tanpa mengetahui apa saja cabang-cabang ilmu biologi. Lalu apa saja cabang-cabang ilmu biologi itu?

Setiap ilmu tidak bisa berdiri sendiri, termasuk ilmu biologi. Oleh karena itulah, ilmu biologi memiliki cabang-cabang ilmu biologi. Cabang-cabang ilmu biologi itu menjabarkan lebih rinci lagi apa yang bisa kita pelajari dan apa saja yang bisa kita dapatkan.

Anda masih ingat pelajaran biologi ketika masih duduk di bangku sekolah dulu? Materinya cukup banyak bukan? Tetapi tahukah Anda jika apa yang kita pelajari waktu itu hanyalah sebagian dari cabang-cabang ilmu biologi? Apa yang kita pelajari dahulu ternyata masih ada yang belum kita ketahui.

Cabang-cabang Ilmu Biologi – Lingkup Ilmu Biologi yang Perlu Kita Tahu

Ilmu biologi yang sudah kita pelajari ternyata masih menyimpan banyak cabang-cabang ilmu biologi yang belum kita eksplor semuanya. 

Bisa kita bayangkan betapa banyaknya ilmu biologi yang tergabung dalam cabang-cabang ilmu biologi, jika melihat dahulu saja sudah ada beberapa buku materi biologi yang harus kita ketahui, sedangkan itu baru sebagian saja dari cabang-cabang ilmu biologi yang ada. 

Cabang-cabang ilmu biologi tidak hanya berdasarkan apa yang sudah kita pelajari saja, tetapi masih ada yang lebih mendasar lagi. 

Cabang-cabang ilmu biologi itu tidak hanya mengemukakan hewan vertebrata dan invertebrata, atau mengemukakan sistem ekskresi dan peredaran darah manusia, atau mengemukakan pembelahan sel dan keanekaragaman hayati saja, masih banyak lagi yang bisa dikemukakan dalam cabang-cabang ilmu biologi. Jadi wajar, jika ilmu biologi memiliki cabang-cabang ilmu biologi lagi.

Setiap ilmu tidak bisa muncul begitu saja, karena melalui beberapa tahapan sehingga bisa menjadi sebuah ilmu, termasuk juga dengan cabang-cabang ilmu biologi. Dalam ilmu, apa pun ilmu yang dikembangkan sudah tentu memiliki hukum sebab akibat.

Dengan kata lain, ilmu itu muncul dan berkembang mulai dari sebab ilmu itu muncul, dan akibat yang ditimbulkannya menjadikan ilmu itu mempunyai banyak cabang teorinya, termasuk juga dengan cabang-cabang ilmu biologi. 

Bisa kita bayangkan para ahli ilmu biologi yang sejak awal mengembangkan ilmu biologi melalui cabang-cabang ilmu biologi hingga saat ini, sudah tentu melalui tahap yang sangat panjang.

Belajar ilmu biologi itu harus kita pahami mulai dari awal teori biologi itu muncul, sehingga kita bisa memahami dari mana cabang-cabang ilmu biologi itu terbentuk. Untuk menjabarkan sebuah teori ternyata tidaklah sebatas dari definisi saja, tetapi lebih dari itu.

Oleh karena itulah, untuk mengklasifikasikan ilmu biologi supaya lebih mudah dipahami, dibuat dalam bentuk cabang-cabang ilmu biologi. Melalui cabang-cabang ilmu biologi kita menjadi tahu dan mengerti dari mana saja atau termasuk dalam klasifikasi ilmu biologi mana saja dari apa yang sudah kita pelajari. 

Pembagian ilmu biologi melalui cabang-cabang ilmu biologi, bisa membantu kita untuk menarik akar ilmu biologi itu sendiri. Mungkin kita masih bingung sebenarnya dari manakah ilmu biologi itu berasal, tetapi jika kita merunut lebih jauh lagi ilmu biologi melalui cabang-cabang ilmu biologi, kita akan mengetahui apa saja yang menjadi lingkup ilmu biologi.

Jadi, cabang-cabang ilmu biologi tidak hanya memisahkan atau memilah-milah teori berdasarkan kelompok definisi saja, tetapi ada beberapa pengkategorian yang menjadi acuan untuk memisahkan antara lingkup yang satu dengan lingkup ilmu biologi yang lainnya dalam cabang-cabang ilmu biologi.

Ruang Lingkup Ilmu Biologi melalui Cabang-cabang Ilmu Biologi

Anda ingin tahu apa saja cabang-cabang ilmu biologi itu? Atau Anda masih bingung dengan apa yang sudah Anda pelajari selama ini termasuk ke dalam cabang-cabang ilmu biologi yang mana, berarti Anda harus mengetahui apa saja ilmu biologi yang terjabarkan dalam cabang-cabang ilmu biologi.

Dengan demikian, bisa memudahkan pemahaman Anda selanjutnya. Bahkan, jika selama ini Anda hanya mengetahui sebagian kecil saja cabang-cabang ilmu biologi, dengan membaca cabang-cabang ilmu biologi yang juga mengalami perkembangan ilmu itu, bisa menambah pemahaman lebih mendalam lagi.

Cabang-cabang ilmu biologi bisa memberikan kita fokus dari mana dan ke mana saja sebuah teori dalam ilmu biologi itu dipergunakan. Pada dasarnya cabang-cabang ilmu biologi itu memiliki tiga dimensi atau bentuk di mana ketiganya saling tegak lurus atau berbanding lurus satu sama lainnya. 

Maksudnya, jika hanya fokus pada salah satu cabang-cabang ilmu biologi, kita tidak akan mendapatkan pemahaman yang utuh.

Tiga dimensi atau bentuk dari cabang-cabang ilmu biologi itu adalah keanekaragaman hayati, organisasi kehidupan, serta interaksi. Di mana keanekaragaman hayati itu dikelompokkan berdasarkan organisme, dalam organisme kehidupan dikelompokkan berdasarkan taraf kajian sistem kehidupan, serta interaksi dikelompokkan berdasarkan hubungan antar unit kehidupan dengan lingkungan tempat antar unit itu tinggal.

Dari ketiga dimensi atau bentuk cabang-cabang ilmu biologi tersebut, berkambang lagi menjadi beberapa bagian atau kelompok cabang-cabang ilmu biologi yang lainnya. Namun, perkembangan dimensi cabang-cabang ilmu biologi ini tidak bisa lepas dari satu dimensi ke dimensi yang lainnya.

Oleh karena itu, ketika kita mempelajari ilmu biologi, meski sudah memasuki bahasan yang lain, tetap saja bersinggungan dengan cabang-cabang ilmu biologi yang lainnya. Dengan kata lain, tidak akan cukup mempelajari satu cabang-cabang ilmu biologi saja, tetapi harus menyeluruh. 

Pembagian Cabang-cabang Ilmu Biologi

Mengenal Biologi Melalui Cabang-Cabang Ilmunya

Jika kita melihat materi dari ilmu biologi, banyak sekali pembagian cabang-cabang ilmu biologinya. Namun, karena kita tidak memfokuskan pada pembagian atau bentuk dari cabang-cabang ilmu biologi ini, kita tidak mengetahui dengan pasti apa saja cabang-cabang ilmu biologi.

Dengan kata lain, kita kurang memahami bagian dari cabang-cabang ilmu biologi manakah yang sedang kita pelajari. Oleh karena itu, rasanya sangat penting untuk kita ketahui apa saja pengelompokkan atau pembagian cabang-cabang ilmu biologi ini.

Pembagian cabang-cabang ilmu biologi secara garis besar terbagi berdasarkan berbagai kelompok. Berikut ini tiga pembagian cabang-cabang ilmu biologi secara umum:

1. Cabang-cabang ilmu biologi berdasarkan kelompok organisme

Kelompok organisme ini terdiri dari taksonomi yang mempelajari organisme berdasarkan kemiripannya, sehingga didapat kelompok botani atau tumbuhan, zoologi atau hewan, entomologi atau serangga.

2. Cabang-cabang ilmu biologi berdasarkan organisasi kehidupannya

Setiap kehidupan berlangsung dalam hirarki yang sudah terorganisir dengan baik. Hirarki kehidupan organisme tersebut terdiri dari sel, jaringan sel, organ tubuh, sistem organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem, serta  bioma. 

Masing-masing hirarki kehidupan organisme tersebut memiliki cabang-cabang ilmu biologinya seperti biologi sel yang terdiri dari sitologi, histologi dan organologi.

3. Cabang-cabang ilmu biologi berdasarkan interaksi

Cabang-cabang ilmu biologi yang ketiga ini terdiri dari astrobiologi sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari makhluk hidup selain yang ada di bumi.

Biologi perkembangan sebagai ilmu yang pengetahuan yang mempelajari perkembangan makhluk hidup, genetika sebagai ilmu yang mempelajari pewarisan gen atau keturunan, etologi sebagai ilmu yang mempelajari perilaku makhluk hidup, sistematika sebagai ilmu yang mempelajari keanekaragaman organisme, ekologi sebagai ilmu yang mempelajari perubahan yang dialami oleh makhluk hidup.

Cabang-cabang ilmu biologi juga tidak terbatas pada pembagian yang telah disebutkan di atas. Masih ada beberapa cabang-cabang ilmu biologi yang lainnya yang bersumber dari perkembangan cabang-cabang ilmu biologi yang sudah disebutkan. 

Berikut beberapa cabang-cabang ilmu biologi:

  • Bakteriologi, sebagai cabang-cabang ilmu biologi yang mempelajari seluk-beluk kehidupan bakteri.
  • Embriologi, sebagai cabang-cabang ilmu biologi yang mempelajari seluk-beluk pembentukkan dan perkembangan embrio atau organisme dari berbentuk telur hingga embrio.
  • Entomologi, sebagai cabang-cabang ilmu biologi yang mempelajari seluk-beluk kehidupan serangga.
  • Palaeontology, sebagai cabang-cabang ilmu biologi yang mempelajari kehidupan makhluk di masa lalu melalui fosil.
  • Parasitologi, sebagai cabang-cabang ilmu biologi yang mempelajari kehidupan parasit serta pengaruhnya terhadap kehidupan makhluk hidup yang ada disekitarnya.
  • Virologi, sebagai ilmu biologi yang mempelajari seluk-beluk virus, serta pengaruh virus terhadap kehidupan makhluk hidup di sekitarnya.

Demikianlah ulasan artikel tentang Mengenal Biologi Melalui Cabang-Cabang Ilmunya. Semoga ulasan diatas bermanfaat untuk para pembaca semua.

Posting Komentar untuk " Mengenal Biologi Melalui Cabang-Cabang Ilmunya "