Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peran Tumbuhan Paku Bagi Kehidupan

Peran Tumbuhan Paku Bagi Kehidupan

Pernahkah kita berpikir tentang peran tumbuhan paku bagi kehidupan yang ada? Atau bahkan kita sendiri masih belum tahu banyak tentang tumbuhan paku itu seperti apa? Tumbuhan paku biasanya tumbuh subur di daerah yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi atau lembab,

Tumbuhan paku juga sama dengan tumbuhan lainnya yang memiliki peran yang begitu penting bagi kehidupan yang ada di bumi ini. Tumbuhan dalam rantai makanan dianggap sebagai produsen utama dalam menciptakan berbagai kebutuhan bagi makhluk lainnya.

Tumbuhan menciptakan makanan dan udara yang begitu segar. Tidak hanya itu saja, dengan adanya tumbuhan juga menjaga adanya ketersediaan air di tempat tersebut. Tumbuhan memang memiliki peran yang begitu penting dalam kehidupan manusia dan tidak ada manusia yang bisa hidup tanpa kehadiran dari tumbuhan tersebut.

Namun demikian, masih saja ada segelintir orang yang tidak menghargai akan hadirnya dari tumbuhan tersebut. Berbagai penebangan liar pun dilakukan hanya demi mengumpulkan kekayaan pribadi yang semakin lama semakin menggunung. Padahal, sebenarnya kekayaan itu tiadalah pernah akan dibawa mati.

Meskipun pengrusakan terhadap tumbuhan ini dilakukan oleh sebagian kecil tetapi efek yang diberikan mampu mempengaruhi sebagian besar manusia. Hal itu disebabkan tingginya pengrusakan yang dilakukan oleh mereka para penebang liar. Bisa kita bayangkan berbagai bencana alam yang telah terjadi akibat ulah dari sebagian kecil orang tersebut.

Bencana alam banjir dan tanah longsor merupakan beberapa akibat saja dari hal yang diakibatkan oleh adanya penebangan liar terhadap tumbuhan dan pohon yang ada di hutan. Belum lagi tentang kekayaan hayati yang ada di hutan yang bisa saja sirna dan punah karena ulah mereka yang telah menghilangkan sebagian besar habitat mereka.

Misalnya, orang utan yang hutannya telah dibabat habis untuk dijadikan perkebunan kelapa sawit. Banyak dari mereka yang pada akhirnya harus lari ke dekat perkampungan warga untuk mencari makanan yang sebetulnya telah dihilangkan dengan sengaja oleh penduduk tersebut. 

Timbul sebuah pertanyaan, apakah yang mendatangi kampung adalah orang utan atau orang utan yang didatangi oleh pemukiman penduduk?

Persoalan seperti ini telah menjadi sebuah pekerjaan rumah bersama untuk segera diselesaikan. Jika dibiarkan berlarut-larut maka akan menjadi momok yang pada akhirnya kita sendiri yang merugi.

Di hutan, terdapat banyak tumbuhan paku yang belum semuanya kita jelajahi tentang fungsi dan manfaatnya bagi kehidupan manusia. Padahal secara keseluruhan di bumi ini, ada sekitar 10.000 jenis tumbuhan paku yang tersebut di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut 3.000 jenis berdiam di wilayah negeri ini.

Bisa kita bayangkan betapa banyaknya varietas dari tumbuhan paku yang berdiam diri di negeri ini. Jika hutan dirusak maka apakah kita masih sempat untuk meneliti tentang manfaat dan peranan dari tumbuhan paku tersebut?

Tumbuhan paku merupakan sekelompok atau kumpulan dari beberapa tumbuhan yang memiliki sistem pembuluh sejati tetapi tidak memiliki biji sebagai bagian dari reproduksi seksualnya. Jadi, tumbuhan paku tidaklah seperti tumbuhan yang memiliki pembuluh sejati lainnya yang berkembang dengan biji.

Jika tumbuhan paku ini tidak berkembang biak dengan biji lalu dengan apa dia berkembang biak? Tumbuhan memang bisa berkembang biak dengan banyak cara yakni akar tinggal, spora, daun, dan yang lainnya. 

Tumbuhan paku melakukan reproduksi atau perkembangan dengan cara seperti yang dilakukan oleh lumut dan fungi. Tumbuhan paku menggunakan spora yang digunakan untuk berkembang biak.

Tempat Hidup Tumbuhan Paku

Peran Tumbuhan Paku Bagi Kehidupan

Tumbuhan paku merupakan tumbuhan yang bisa hidup di mana saja. Keberadaan dari tumbuhan paku ini telah menyebar di seluruh belahan daratan yang ada di bumi ini. Meskipun demikian, ada beberapa tempat yang ternyata tidak bisa ditumbuhi oleh tumbuhan paku.

Beberapa tempat tersebut adalah gurun pasir yang tidak memiliki air dan daerah dengan salju abadi. Artinya, daerah tersebut tidak pernah untuk tidak tertutupi oleh salju. Tumbuhan paku memang tumbuhan yang suka hidup di daerah yang basah dan lembab seperti di Indonesia yang termasuk ke dalam daerah tropika yang lembab dan basah.

Tumbuhan paku bisa hidup di mana saja dengan syarat tempat yang digunakan untuk tumbuh adalah yang lembab dan basah. Hutan merupakan tempat yang sangat cocok bagi tumbuhan paku untuk hidup karena hutan merupakan tempat yang lembab dan basah. 

Tumbuhan paku sering kita lihat tumbuh secara berkelompok dan tumbuhnya secara marginal. Maksudnya, tumbuhan paku ini banyak tumbuh di bagian bawah seperti bawah pohon yang menjulang tinggi di hutan. Tidak hanya hidup di bawah pohon, tumbuhan ini juga ditemui hidup di sekitar batang pohon dan di bebatuan.

Tempat lainnya yang bisa kita temukan dan digunakan sebagai tempat untuk tumbuhan paku hidup adalah di dalam kolam atau danau dengan sinar matahari yang cukup. Selain itu, tumbuhan paku tumbuh di sela-sela bangunan yang tidak terawat tetapi masih memiliki lingkungan yang lembab.

Meskipun tumbuhan paku bukanlah jenis tumbuhan yang mampu tumbuh besar dan menjulang tinggi ke angkasa. Namun, tumbuhan ini pernah menjadi penguasa di masanya. Tumbuhan paku pernah menguasai seluruh daratan yang ada di bumi yaitu pada zaman karbon yang terjadi jutaan tahun yang lalu.

Tumbuhan paku yang berasal dari masa itulah yang memiliki peranan yang cukup penting bagi perkembangan industri yang ada saat ini. Berkat dari adanya zaman keemasan tumbuhan paku yang menguasai seluruh daratan itu, kini telah memfosil dan menjadi batu bara. Batu bara inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh manusia sebagai penggerak roda perekonomian dan industri.

Manfaat dan Peran Tumbuhan Paku

Tumbuhan paku terkadang dianggap sebagai tumbuhan parasit oleh sebagian orang. Tidak hanya gelar itu saja yang diterima oleh tumbuhan paku. Tumbuhan paku juga dikenal sebagai salah satu jenis tanaman pengganggu oleh sebagian besar masyarakat karena sering tumbuh di mana-mana.

Tumbuhan paku tersebut biasanya tumbuh di tempat yang basah dan lembab. Oleh karena itu, tidak jarang jika kita melihat tumbuhan paku bisa hidup subur di tembok atau dinding yang ternyata basah dan lembab. 

Jika dibiarkan memang akan merusak struktur dari bangunan itu sendiri maka tidak heran jika tumbuhan paku dianggap sebagai tumbuhan pengganggu.

Di sisi lain tumbuhan ini memiliki peranan yang cukup penting, yakni sebagai berikut:

1. Tanaman obat, misalnya Aspidium filix-mas, Dryopteris filix-mas, dan Lycopodium clavatum.

2. Tanaman hias, misalnya paku tanduk rusa, paku sarang burung, suplir, dan paku rane.

3. Sayuran, misalnya semanggi (Marsilea crenata), dan paku sampan atau kiambang (Salvinia natans).

4. Sebagai pupuk, misalnya Azolla pinnata.

5. Pembentuk batu bara, merupakan tumbuhan paku yang hidup jutaan tahun lalu yang sudah memfosil.

Tumbuhan paku memang dianggap parasit tetapi harus kita ingat bahwa tumbuhan ini sangat berjasa bagi kehidupan manusia. Tumbuhan paku menjadi sumber daya alam yang bermanfaat bagi manusia. 

Post a Comment for " Peran Tumbuhan Paku Bagi Kehidupan"