Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Enzim Alfa Amilase dan Keutamaan Karbohidrat

enzim-alfa-amilase
credit:instagra[email protected]

Karbohidrat sebagai satu dari tiga kelompok khusus yang diperlukan tubuh untuk ketercukupan gizi. Enzim alfa amilase adalah enzim pencernaan yang diperlukan untuk mengolah karbohidrat.

Karbohidrat pada makanan adalah sumber penting dan sumber energi untuk badan. Pati merujuk pada karbohidrat yang ditemukan dalam tanaman. Sayur dan buah-buahan sebagai sumber pati dan dibagi menjadi gula dan glukosa.

Karbohidrat umumnya ada pada makanan walaupun dalam jumlah kecil. Namun, sumber intinya adalah gula dan pati. 

Berikut ini adalah beberapa makanan yang memiliki kandungan gula dan pati, antara lain:

  • Gula, termasuk gula pasir, gula madu, maple, dan molase.
  • Gula simpel adalah fruktosa dan gula buah.
  • Gula double adalah gula tebu, bit gula, maltosa atau gula malt, dan laktosa atau gula susu. Semua buah masak dan sayur memiliki kandungan beberapa macam gula alami.
  • Pati ada pada makanan seperti beras, gandum, dan kentang.

Karbohidrat bisa disimpan pada tubuh sebagai glikogen untuk pemakaian di masa datang. Jika karbohidrat dikonsumsi dengan jumlah berlebihan, tubuh kita akan menggantinya menjadi lemak dan menyimpannya dalam bentuk lemak. Jika karbohidrat tidak betul-betul hancur saat diserap, resiko kesehatan kemungkinan bisa terjadi.

Keutamaan Enzim Alfa Amilase

Amilase merujuk pada satu kelompok enzim katalis yang berperan untuk menghidrolisis gula dan pati. Amilase mengubah karbohidrat (polisakarida) menjadi unit-unit disakarida yang lebih kecil. Pada akhirnya, menggantinya menjadi monosakarida seperti glukosa.

Orang yang tidak sanggup mentolerir lemak (tidak bisa mengolah lemak) akan seringkali makan gula dan karbohidrat untuk membayar minimnya lemak pada makanan mereka. Bila makanan mereka terlalu berlebih karbohidrat, makanan itu bisa mengakibatkan kekurangan amilase.

Amilase bukan hanya mengolah karbohidrat, tapi beberapa sel darah mati putih atau nanah. Sebagai contoh, saat mempunyai amilase yang rendah, Anda ialah calon abses (daerah meradang dengan nanah tapi tidak berbakteri). 

Jika Anda sakit gigi dan sedang diobati dengan antibiotik, tapi tidak pulih , peluang Anda mempunyai abses.

Amilase turut serta dalam reaksi anti inflamasi, sama seperti yang disebabkan karena pelepasan histamin dan beberapa zat sama. Tanggapan inflamasi, umumnya, terjadi di organ yang terkait dengan dunia luar, yakni paru-paru dan kulit.

Dampaknya termasuk juga pada permasalahan kulit, seperti psoriasis, eksim, gatal-gatal, gigitan serangga, alergi, sengatan lebah, dermatitis atopik, dan semua tipe herpes. 

Beberapa permasalahan paru-paru terhitung asma dan emphysema kemungkinan membutuhkan formulasi enzim amilase plus yang lain tergantung pada keadaan tertentu.

Post a Comment for " Enzim Alfa Amilase dan Keutamaan Karbohidrat"