Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mudahnya Daur Ulang Kertas, Anda bisa Mencobanya Sendiri

Daur Ulang Kertas

Tahukah Anda kertas daur ulang? Tipe kertas ini tidak asing. Tetapi, sudah pernahkah terpikir bagaimanakah cara daur ulang kertas itu? Nach, artikel ini akan mengulas sekitar kertas daur ulang. Tetapi, sebelumnya baca dahulu narasi ini.

"Ih lucu! berbahan dibuat dari apa sih?" bertanya Aline pada Ayesha. "Berwarna ada yang pink! saya suka sekali", ikat Chika. "Jika saya sukai yang memiliki tekstur cukup kasar semacam ini, kesannya alami", Ayesha turut menyahut. "Saya kelak ingin buat semacam ini ah, kece!" Tia yang sejak dari barusan diam juga sekarang ikut-ikutan nimbrung.

Akhirnya Febi yang bagi-bagi undangan pernikahan kakaknya jadi repot jawab pertanyaan. Anehnya tidak ada ada yang bertanya mengenai pernikahan, tetapi malah justru bertanya seputar bahan pembuat kertas undangan itu.

Kemungkinan peristiwa yang dirasakan oleh Febi ini pernah Anda alami. Orang lebih tertarik dengan cover bukan isi, dalam makna yang sebetulnya. Sebetulnya undangan pernikahan yang dibagi oleh Febi pada cerita di atas ialah undangan dengan bahan kertas daur ulang. Apa yang diartikan dengan kertas daur ulang itu?

Pemahaman Kertas Daur Ulang

Kertas daur ulang adalah kertas yang dibuat dari kertas-kertas sisa yang diolah kembali hingga dapat dipakai kembali. Proses itu disebutkan daur ulang kertas. 

Karena struktur yang dibuat lebih kasar dan berkesan alami, jadi tidak mengejutkan jika kertas daur ulang ini laku manis jadi bahan pembikinan beragam kerajinan tangan. Sebutlah saja undangan, amplop, hiasan dinding, pemisah kertas, pigura photo, dan sebagainya.

Apa lagi di saat proses daur ulang kertas ini berjalan, dapat dipertambah beragam jenis bahan warna. Dengan demikian, warna yang dibuat akan bervariatif, seperti merah marun, coklat, pink, kuning, hijau dan sebagainya, bukan hanya putih seperti kertas biasa.

Bagaimanakah proses daur ulang kertas ini hingga hasilkan kertas yang sebegitu menariknya?

Gunakan Sampah di Sekitaran Rumah dengan Daur Ulang Kertas

Sama seperti yang sudah diterangkan awalnya bahan baku atau bahan khusus pembuatan kertas daur ulang ini adalah kertas-kertas sisa. 

Anda tidak perlu cemas untuk menelusurinya ditanggung gampang karena ada disekitar kita. Nyaris tiap rumah tentu memiliki kertas sisa baik yang dari koran, majalah, kertas print yang keliru, buku yang sudah tidak dipakai dan hancur dan sebagainya.

Dibanding kertas-kertas sisa itu cuman jadi sampah di dalam rumah, lebih bagus Anda mengumpulkan, dalam kurun waktu relatif cepat tentu sudah terkumpul bertumpukan kertas sisa. Lainnya kertas sisa sebagai bahan khusus, Anda pun membutuhkan lem kertas sebagai bahan kombinasi bubur kertas supaya lebih lekat dan gampang dibuat.

Sedang sebagai bahan warna, Anda dapat memanfaatkan bahan warna alami seperti kunyit untuk warna orange, daun pandan (hijau), gambir (putih), dan yang lain atau memakai bahan warna kimia yang siap gunakan.

Daur Ulang Kertas dengan Alat Simpel yang Gampang Didapatkan

Rupanya kertas daur ulang yang cantik dan menarik ini tidak membutuhkan alat yang sulit dan susah. Alat yang dibutuhkan hanya tempat besar yang sanggup memuat bubur kertas seperti ember besar sekitar 2 buah, alat perusak kertas, dalam masalah ini Anda dapat memakai jus yang umum digunakan di dapur. Meskipun sebetulnya ada alat yang khusus untuk melembutkan kertas.

Anda pun memerlukan screen sablon sebagai cetakan kertas sekitar 2 buah, satu sama saringan dan satu tanpa saringan ditengahnya. Alat ini dapat Anda bikin sendiri dari 2 buah frame kayu yang dirangkai dengan saringan kawat kasa atau kain katun di tengahnya. aku lupa spons untuk mem penyerap air.

Ukuran screen sablon ini akan mempengaruhi ukuran kertas yang dibuat, apa itu memiliki ukuran folio, HVS, kuarto atau ganda polio. Untuk menjemur kertas yang telah diciptakan, Anda pun memerlukan alas yang luas seperti kain terpal atau kain sisa banner.

Proses Daur Ulang Kertas

Untuk memperoleh kertas daur ulang yang bagus, karena itu harus melalui proses seperti berikut :

1. Menyobek-nyobek Kertas

Proses daur ulang kertas dengan diawali menyobek-nyobek kertas sisa yang telah terkumpul barusan jadi beberapa bagian kertas yang kecil-kecil. Sama ukuran yang kecil maka mempermudah jus untuk bekerja melembutkan kertas.

2. Perendaman

Sesudah kertas dirobek-robek, karena itu seterusnya kertas dipendam dalam tempat berisi air. Arah perendaman in ialah supaya kertas jadi lunak dan gampang dibikin bubur kertas. Proses perendaman dapat berjalan sepanjang 2 hari dua malam, bergantung jumlah volume kertas.

Tetapi pada konsepnya, makin lama dipendam karena itu makin lunak dan gampang dilumatkan. Bahkan juga jika ingin memperoleh hasil terbaik, karena itu selainnya dipendam kertas dapat dipanaskan atau direbus saat sebelum dilumatkan.

3. Penghalusan

Sesudah direbus karena itu tingkatan daur ulang kertas setelah itu penghalusan. Masukan kertas ke jus sesuai kemampuannya lalu hidupkan jus. Sesudah sesaat karena itu kertas bisa menjadi benar-benar lembut yang wajar disebutkan bubur kertas.

Alihkan bubur kertas ke tempat yang besar seperti ember. Bubur kertas ini lalu digabungkan sama air, lem putih (white glue), bahan warna alami atau kimia lalu diaduk-aduk sampai lembut.

Tambah juga daun kering, kelopak bunga, sisa parutan kelapa kering, atau serbuk kayu supaya memperoleh struktur kertas daur ulang yang unik dan alami.

Ingat, tambahan white glue di saat menambah kertas harus sesuai keperluan. Konsepnya, makin banyak penggunaan white glue, karena itu kertas yang dibuat jadi makin kuat. Disamping itu, tepung jagung atau serat tangkai pisang bisa gantikan white glue, untuk perkuat materi kertas yang dibuat.

4. Pembuatan

Sesudah seluruh bahan bubur kertas sudah terkumpul dalam tempat ember besar, karena itu proses daur ulang kertas setelah itu pembuatan. Untuk memperoleh hasil yang terbaik karena itu di saat proses pembuatan ini harus extra berhati-hati.

Pertama kali masukan cetakan screen sablon ke tempat dengan status tegak lempeng lalu angkat perlahan-lahan. Bubur kertas yang tersangkut screen sablon upayakan tidak boleh terlampau tebal. 

Diamkan air menetes sampai tetes paling akhir yang mengisyaratkan bubur kertas cukup kering untuk diserap oleh cetakan ke-2 , yakni cetakan yang mempunyai saringan spons.

Di cetakan berspons ini yakinkan jika semua airnya meresap oleh spons. Tolong proses peresapan ini dengan menggosok spons dengan arah yang serupa. Sesudah bubur kertas dirasakan cukup kering karena itu seterusnya mengalihkan bubur kertas ke atas kain untuk dijemur.

Triknya statuskan bubur kertas secara kebalik, sisi bawahnya ialah bubur kertas yang bakal dipindahkan ke atas kain. Gosok dan tepuk-tepuk screen sampai lembar kertas basah ini melekat di kain lalu angkat cetakan dengan extra berhati-hati.

5. Penjemuran

Proses daur ulang kertas setelah itu penjemuran. Yakinkan jika cuaca sedang cerah di saat proses penjemuran sedang berjalan. Sesudah beberapa saat dan merasa cukup kering, lalu angkat dengan berhati-hati. Untuk hilangkan kelembaban yang sisa, lalu kain berlapis kertas ini bisa disetrika dengan temperatur yang cukup hangat.

6. Pembelahan

Sesudah disetrika, karena itu proses daur ulang kertas setelah itu pembelahan. Dengan benar-benar berhati-hati pisahkanlah kertas daur ulang yang telah kering di atas kain menjemurnya. 

Di proses ini upayakan kertas janganlah sampai sobek. Sekarang, kertas daur ulang warna elok dengan struktur unik yang siap gunakan sekarang terbentang di muka Anda!

Anda bukan saja sukses manfaatkan kertas artistik yang unik, tetapi sudah bertindak penghematan sumber daya alam, mengirit energi, dan kurangi emisi gas rumah kaca. Rupanya, menurut riset proses daur ulang kertas sekitar satu ton kertas bisa mengirit 17 pohon, 380 galon minyak, dan 7.000 galon air.

Disamping itu, proses ini bisa juga mengirit 3,3 mtr. kubik ruangan TPA (Tempat Pembuangan sampah Akhir) dan 4.000 kilowatt energi yang cukup buat kemampuan rumah rerata di Amerika sepanjang 6 bulan. Tidak itu saja proses ini bisa juga kurangi emisi gas rumah kaca oleh satu metrik ton ekuivalen karbon.

Menarik kan? memperoleh kertas kece hasil dari daur ulang kertas sekalian bertindak pembaruan lingkungan alam. Siap untuk coba?

Post a Comment for "Mudahnya Daur Ulang Kertas, Anda bisa Mencobanya Sendiri"