10 Fakta Luar Biasa Tentang Penyu Laut

10 Fakta Luar Biasa Tentang Penyu Laut
credit:[email protected]_salim

Penyu Laut adalah salah satu keajaiban alam terbesar dengan manusia yang berusaha selama berabad-abad untuk memahami makhluk purba ini. Mereka bukan yang paling kuat, juga bukan yang terindah, tetapi pemandangan seseorang selalu membuat orang berhenti dan bertanya-tanya. 

Mereka telah ada lebih lama dari manusia tetapi kita sekarang adalah ancaman terbesar bagi kelangsungan hidup mereka. Itu tidak berarti manusia telah meninggalkan penyu, ada banyak proyek konservasi untuk makhluk-makhluk malang ini di seluruh dunia. 

Namun, meski kagum dengan mereka, masih banyak yang belum kita ketahui tentang mereka. Berikut ini beberapa fakta menarik yang mungkin tidak Anda ketahui tentang penyu.

Mereka Memiliki Kompas di Kepala Mereka

Penyu peka terhadap medan magnet bumi karena mereka memiliki GPS bawaan, berkat reseptor khusus yang terletak di otak mereka. 

Mereka dapat menentukan lokasi yang tepat dalam kaitannya dengan medan magnet bumi, sehingga kemampuan untuk menemukan tempat makan yang menguntungkan dan kembali ke tempat bersarang (rumah) kelahiran mereka untuk bertelur tepat di tempat mereka menetas. 

Fitur khusus ini memungkinkan penyu bermigrasi ribuan mil dan masih menemukan lokasi bersarangnya setelah setengah abad. Ini adalah misteri yang belum sepenuhnya dipahami oleh sains.

Jenis Kelaminnya Ditentukan Oleh Temperatur

Kura-kura meninggalkan sarangnya segera setelah bertelur dan tidak pernah melihat bayinya pergi sendiri untuk mengerami sarangnya. Suhu sarang hanya bergantung pada suhu pantai atau tanah di sekitarnya. 

Saat suhu inkubasi 87,8 derajat F, tukik betina, dan 81,86 derajat F, jantan. Di antara akan menghasilkan laki-laki dan perempuan. Pemanasan global telah mengakibatkan lebih banyak tukik betina daripada jantan, yang membahayakan kelangsungan hidupnya.

Bisa Tenggelam

Penyu laut tidak memiliki insang. Oleh karena itu, seperti halnya ikan paus dan lumba-lumba, mereka harus muncul ke permukaan untuk menghirup udara secara berkala. 

Terlepas dari kenyataan bahwa mereka benar-benar dapat memperlambat detak jantung mereka hingga 9 kali, di bawah air, mengurangi laju pemompaan oksigen dalam darah, kura-kura sebenarnya dapat tenggelam ketika terjebak dalam cangkang ikan, mulut predator atau ketika betina kelebihan berat badan oleh banyak pejantan yang mencoba kawin. 

dia pada saat yang sama. Penyakit seperti papillomavirus juga dapat menghalangi kemampuannya untuk muncul ke permukaan.

6 dari 7 spesies Penyu yang ada termasuk jenis yang terancam punah

10 Fakta Luar Biasa Tentang Penyu Laut

Dari 7 spesies penyu yang diketahui, enam di antaranya terdaftar oleh CITIE sebagai rentan, terancam punah, dan sangat terancam punah. Penyu hijau adalah satu-satunya penyu laut herbivora yang bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan rumput secara umum. Mereka juga tergolong terancam punah.

Penyu sisik memiliki cangkang bergerigi indah yang mengkilat sehingga menjadi incaran pasar gelap. Mereka sering diburu dan cangkangnya dibuang, digunakan untuk membuat hiasan dan sisir. 

Jenis penyu ini unik dan vital di dunia laut karena merupakan satu-satunya jenis penyu yang dapat mengkonsumsi spons beracun dan tidak terpengaruh oleh toksisitasnya. 

Pengembangan Perkotaan Pesisir dan pariwisata memiliki dampak yang beragam pada jumlah penyu laut karena ada peningkatan aktivitas manusia baik di pantai maupun penangkapan ikan berlebihan untuk melayani pertumbuhan industri.

Fakta Menarik Tentang Penyu

Beberapa Penyu Bisa Membeku Tanpa Mati

Saat penyu terpapar air dingin dalam waktu lama, mereka menunjukkan reaksi hipotermia yang disebut, Cold Stunning. Ingatlah bahwa penyu bersifat ektotermik - mereka tidak dapat mengatur suhu tubuhnya sehingga air dingin menjadi berbahaya.

Terlepas dari ancaman ini, ada satu spesies yang disebut penyu bercat barat yang dapat membeku, bernapas melalui pantatnya dan sangat memperlambat metabolisme. 

Saat membeku, kura-kura menjadi balok es yang dapat pecah atau retak, tetapi jika tidak ada yang terjadi, itu akan terjadi begitu saja dan akan baik-baik saja saat kedinginan berakhir.

Hanya 1 dari 1000 Tukik Yang Bertahan Hidup

Alasan mengapa penyu bertelur lebih dari 100 telur per sarang dan cukup banyak betina bertelur pada saat yang sama untuk meningkatkan peluang tukik untuk bertahan hidup. 

Pada aktivitas bersarang yang sukses di lokasi bersarang, ribuan tukik pergi ke laut tetapi menghadapi banyak predator dari burung dan anjing liar di pantai serta kepiting dari lubang di bawahnya. Diperkirakan hanya 1 dari 1000 yang bertahan hingga dewasa.

Bayi penyu baru hanya berukuran 10 cm tetapi memiliki kecepatan yang tinggi, naluri bawaan untuk menghindari pemangsaan. Bahkan setelah mencapai laut, bayi-bayi ini mengalami migrasi seumur hidup menghadapi predasi, terjebak dalam jaring ikan dan tenggelam.

10 Fakta Luar Biasa Tentang Penyu Laut

Mereka Dapat Hidup Selama Lebih Dari Satu Abad

Meskipun sebagian besar penyu memiliki umur rata-rata 80 tahun, beberapa penyu sebenarnya dapat hidup hingga 100 tahun dan yang dipelihara sebagai hewan peliharaan bahkan lebih dari satu abad. 

Metabolisme mereka yang lambat dan pola makan ubur-ubur memberi mereka keunggulan untuk hidup lebih lama dan lebih sehat. Kura-kura, kerabat darat mereka diketahui bisa bertahan hingga 150 tahun di penangkaran.

Fakta Menarik Tentang Penyu Laut

Cangkangnya Juga Sangkar Rusuk

Cangkang luar kura-kura terbuat dari bahan yang sama dengan kuku manusia yang disebut keratin. Keratin adalah bentuk protein paling melimpah yang ditemukan pada organisme hidup. 

Hardshell ini tidak ditemukan pada spesies bercangkang lunak seperti penyu belimbing. Kulit terluar menyatu dengan tulang rusuknya, memiliki tulang rusuk yang direntangkan membentuk tulang rusuk yang lebih luas daripada bergabung bersama untuk membentuk lapisan pelindung. 

Tulang rusuk bawah bergabung membentuk Plastron, yang menutupi penyu dari bawah. Setiap pola cangkang kura-kura dan kepalanya unik untuk individu seperti sidik jari manusia

Mereka Bertahan Dari Kepunahan Dinosaurus

Mereka adalah salah satu spesies tertua di planet ini, sekitar usia yang sama dengan dinosaurus. Dengan penyu tertua yang berasal dari 220 juta tahun yang lalu, makhluk menakjubkan ini ada dan selamat dari kepunahan massal yang membuat seluruh populasi dinosaurus musnah. 

Kemampuan mereka untuk memberi makan, berenang, dan menahan napas di bawah air telah memungkinkan kelangsungan hidup mereka selama jutaan tahun.

Beberapa Dapat Bertahan 30 Menit Tanpa Bernapas

Waktu yang dihabiskan di bawah air oleh penyu bervariasi menurut spesiesnya. Beberapa seperti penyu tempayan ditemukan menghabiskan lebih dari 8 jam di bawah air. Kura-kura memiliki kemampuan tidur selama 4-7 jam dan hingga 10 jam saat berhibernasi di bawah air tanpa tenggelam. 

Hanya ketika tertangkap di jaring ikan dan perangkap lain yang digunakan oleh nelayan, mereka gagal untuk bernafas ke permukaan sehingga mati jika tidak diselamatkan.

0 Response to " 10 Fakta Luar Biasa Tentang Penyu Laut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel