Biografi Charles Goodyear, Penemu Ban Vulkanisir

 

Biografi Charles Goodyear, Penemu Ban Vulkanisir

Biografi Charles Goodyear, Penemu Ban Vulkanisir - Charles Goodyear adalah seorang penemu Amerika abad ke-19, terkenal karena menemukan proses vulkanisasi karet. 

Goodyear lahir di New Haven, Connecticut pada tahun 1800. Ayahnya adalah seorang penemu dan produsen perangkat keras. Goodyear bekerja di pabrik kancing ayahnya dan mendidik dirinya sendiri di rumah. 

Pada tahun 1816 ia magang di sebuah perusahaan pedagang perangkat keras di Philadelphia. Setelah kembali ke rumah pada tahun 1821, ia membentuk kemitraan bisnis dengan ayahnya yang berlangsung hingga tahun 1830 ketika bisnis tersebut harus ditutup.

Industri karet Amerika pada masa itu menderita karena "demam karet" yang awalnya melanda dunia sedang mereda. Pada awalnya karet tampaknya menjadi kegemaran dan ribuan ton diimpor dari Brasil untuk pembuatan berbagai produk. 

Namun, segera menjadi tidak praktis karena meleleh sepenuhnya di musim panas dan membeku menjadi zat keras yang tidak dapat digunakan di musim dingin. 

Goodyear telah menemukan katup untuk pelindung kehidupan karet yang dia coba jual ke Roxbury India Rubber Co. (produsen karet pertama di Amerika) tetapi manajer toko menolaknya, menjelaskan bahwa mereka sudah memiliki rak produk yang tidak terjual dan pemasukan yang dipasang dari pelanggan yang tidak puas.

Charles Goodyear memutuskan untuk meneliti metode perbaikan karet. Terlepas dari kenyataan bahwa dia hidup dalam kemiskinan ekstrim dan dikirim ke penjara debitur beberapa kali karena tidak dapat memenuhi kewajibannya, Goodyear bertahan tanpa henti dengan penelitiannya dan menghabiskan sebagian besar hidupnya didedikasikan untuk pengejaran ini. 

Saat berada di penjara, dia meminta istrinya untuk membawakan dia sekumpulan karet mentah dan penggilas adonan, jadi dia memulai percobaan pertamanya pada tahun 1834. Setelah dia keluar dari penjara, dia mencoba menambahkan bubuk magnesia ke dalam campuran karet agar tidak terlalu lengket. 

Dia memperoleh beberapa tingkat kesuksesan sehingga dia meminta teman masa kecilnya untuk menginvestasikan sejumlah uang dalam usahanya. Goodyear, bersama istri dan anak-anaknya membuat beberapa ratus pasang sepatu karet magnesia kering di lantai dapur keluarga mereka tetapi sebelum mereka bisa menyelesaikannya, tibalah saat musim panas dan semua sepatu itupun meleleh.

Karena bau karet yang menyengat, para tetangganya mengeluhkan eksperimennya sehingga Goodyear pindah ke New York dan melanjutkan pekerjaannya di sebuah apartemen di sana. 

Dia menghadapi tentangan dari anggota keluarganya yang mencoba meyakinkan dia bahwa rubber tidak akan pernah kembali tetapi Goodyear bersikeras dan menyatakan bahwa dia akan menjadi orang yang membuatnya sukses. 

Beberapa kali dia hampir menemukan dukungan finansial yang kuat tetapi usaha ini tidak pernah berjalan seperti yang dia harapkan. Pada tahun 1839, secara tidak sengaja, Goodyear menemukan proses yang kemudian dikenal sebagai vulkanisasi. 

Sepotong karet secara tidak sengaja terlempar ke permukaan kompor yang panas dan ketika Goodyear mencoba mengikisnya, dia menemukan bahwa karet itu telah mengeras dan menjadi sangat keras. 

Dia mengabdikan lima tahun berikutnya untuk mencoba menyempurnakan proses ini, sementara dia dan keluarganya sangat melarat sehingga mereka harus bertahan hidup dengan ikan yang ditangkap dari sungai untuk makanan. Suatu saat mereka bahkan harus tinggal di pabrik yang ditinggalkan karena telah kehilangan rumah.

Charles Goodyear dapat memperoleh paten penting pada tahun 1944 tetapi idenya dicuri oleh produsen karet lain dan sebagai akibatnya ia menghabiskan sebagian besar waktunya di pengadilan untuk memperdebatkan klaim patennya. 

Dia menerima 60 paten secara keseluruhan untuk penerapan proses vulkanisasinya dalam pembuatan berbagai produk seperti kondom, alat kontrasepsi dalam rahim, jarum suntik, dan diafragma. 

Pada saat kematiannya pada tahun 1960, total utangnya mencapai $ 200.000 dan hanya setelah kematiannya istri dan anak-anaknya mulai mendapatkan cukup uang dari royalti patennya. 

Metode vulkanisasinya merevolusi industri karet dan "Perusahaan Ban dan Karet Goodyear" yang dibentuk pada tahun 1898 dinamai untuk menghormatinya.

sumber: https://www.famousscientists.org/

0 Response to "Biografi Charles Goodyear, Penemu Ban Vulkanisir"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel