Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Siapa Penemu Kompor Listrik? Sejarah Ditemukannya Kompor Listrik

 

Siapa Penemu Kompor Listrik? Sejarah Ditemukannya Kompor Listrik

Siapa Penemu Kompor Listrik? Sejarah Ditemukannya Kompor Listrik - Orang zaman dahulu pertama kali mulai memasak di atas api terbuka. Api untuk memasak diletakkan di atas tanah dan kemudian konstruksi batu sederhana digunakan untuk menahan kayu dan / atau makanan. Oven sederhana digunakan oleh orang Yunani kuno untuk membuat roti dan makanan panggang lainnya.

Pada abad pertengahan, perapian batu bata dan mortir yang lebih tinggi, sering kali dengan cerobong asap sedang dibangun. Makanan yang akan dimasak sering ditempatkan di kuali logam yang digantung di atas api. 

Catatan sejarah tertulis pertama tentang oven yang sedang dibangun mengacu pada oven yang dibuat pada tahun 1490 di Alsace, Prancis. Oven ini seluruhnya terbuat dari batu bata dan ubin, termasuk cerobong asap.

Perbaikan Pada Pembakaran Kayu 

Para penemu tungku mulai melakukan perbaikan pada tungku pembakaran kayu terutama untuk menampung asap mengganggu yang dihasilkan. Ruang api ditemukan yang berisi kayu api, dan lubang dibuat di bagian atas ruangan ini sehingga panci masak dengan dasar datar dapat ditempatkan langsung setelah mengganti kuali. 

Salah satu desain pasangan bata adalah kompor Castrol 1735 (alias kompor kompor). Ini ditemukan oleh arsitek Prancis François Cuvilliés. Itu mampu sepenuhnya menahan api dan memiliki beberapa lubang yang ditutupi oleh pelat besi berlubang.

Kompor Besi

Sekitar tahun 1728, oven besi cor benar-benar mulai dibuat dalam jumlah yang banyak. Oven pertama desain Jerman ini disebut kompor lima piring atau tiang tiang.

Sekitar 1800, Count Rumford (alias Benjamin Thompson) menemukan kompor dapur besi yang disebut kompor Rumford yang dirancang untuk dapur kerja yang sangat besar. Rumford memiliki satu sumber api yang dapat memanaskan beberapa panci masak. 

Tingkat pemanasan untuk setiap pot juga dapat diatur secara individual. Namun, kompor Rumford terlalu besar untuk dapur rata-rata dan penemu harus terus memperbaiki desain mereka.

Salah satu desain besi tuang yang sukses dan kompak adalah kompor besi Oberlin milik Stewart, yang dipatenkan pada tahun 1834. Kompor besi tuang terus berkembang, dengan kisi-kisi besi ditambahkan ke lubang memasak, dan menambahkan cerobong asap serta pipa buang penghubung.

Batu Bara Dan Minyak Tanah

Frans Wilhelm Lindqvist merancang oven minyak tanah tanpa jelaga pertama.

Jordan Mott menemukan oven batubara praktis pertama pada tahun 1833. Oven Mott disebut baseburner. Oven memiliki ventilasi untuk membakar batubara secara efisien. Oven batubara berbentuk silinder dan terbuat dari besi cor yang berat dengan lubang pada bagian atasnya, yang kemudian ditutup dengan cincin besi.

Kompor Gas

Penemu asal Inggris James Sharp mematenkan oven gas pada tahun 1826, oven gas semi-sukses pertama yang muncul di pasar. Oven gas ditemukan di sebagian besar rumah tangga pada tahun 1920-an dengan pembakar atas dan oven interior. Evolusi kompor gas ditunda sampai saluran gas yang dapat menyalurkan gas ke rumah tangga menjadi umum.

Selama tahun 1910-an, kompor gas muncul dengan lapisan enamel yang membuat kompor lebih mudah dibersihkan. Salah satu desain gas penting yang perlu diperhatikan adalah kompor AGA yang ditemukan pada tahun 1922 oleh pemenang hadiah Nobel Swedia, Gustaf Dalén.

Kompor Listrik

Baru pada akhir 1920-an dan awal 1930-an oven listrik mulai bersaing dengan oven gas. Oven listrik tersedia sejak tahun 1890-an. Namun, pada saat itu, teknologi dan distribusi tenaga listrik yang dibutuhkan untuk menggerakkan peralatan listrik awal tersebut masih memerlukan penyempurnaan.

Beberapa sejarawan memuji Thomas Ahearn dari Kanada dengan penemuan oven listrik pertama pada tahun 1882. Thomas Ahearn dan mitra bisnisnya Warren Y. Soper memiliki Perusahaan Listrik dan Listrik Chaudiere di Ottawa. 

Namun, oven Ahearn baru digunakan pada tahun 1892, di Hotel Windsor di Ottawa. Perusahaan Manufaktur Pemanas Listrik Tukang Kayu menemukan oven listrik pada tahun 1891. Kompor listrik dipamerkan di Pameran Dunia Chicago pada tahun 1893. 

Pada tanggal 30 Juni 1896, William Hadaway mengeluarkan paten pertama untuk oven listrik. Pada tahun 1910, William Hadaway melanjutkan untuk merancang pemanggang roti pertama yang dibuat oleh Westinghouse, sebuah pemanggang roti kombinasi horizontal.

Salah satu peningkatan besar dalam oven listrik adalah penemuan kumparan pemanas resistor, desain yang sudah dikenal dalam oven juga terlihat pada pelat panas.

Gelombang mikro Oven microwave adalah produk sampingan dari teknologi lain. Selama proyek penelitian terkait radar sekitar tahun 1946, Dr. Percy Spencer, seorang insinyur di Raytheon Corporation, melihat sesuatu yang sangat tidak biasa ketika dia berdiri di depan radar tempur aktif. Batang permen di sakunya meleleh. Dia mulai menyelidiki dan segera, oven microwave ditemukan. 

Itulah ulasan mengenai penemu kompor listrik, semoga bermanfaat untuk Anda.

referensi: https://www.thoughtco.com/

Post a Comment for "Siapa Penemu Kompor Listrik? Sejarah Ditemukannya Kompor Listrik"