Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Komputer: Garis Waktu Singkat

 

Sejarah Komputer
credit:freepik.com

Komputer Bertenaga Uap Victoria - Ahli matematika terkenal Charles Babbage merancang komputer era Victoria yang disebut Mesin Analitik. Ini adalah bagian dari penggilingan dengan mekanisme pencetakan.

Komputer lahir bukan untuk hiburan atau email saja, tetapi karena kebutuhan untuk memecahkan krisis penghitung angka yang serius. Pada tahun 1880, populasi AS telah tumbuh begitu besar sehingga butuh lebih dari tujuh tahun untuk membuat tabulasi hasil Sensus AS. 

Pemerintah mencari cara yang lebih cepat untuk menyelesaikan pekerjaan, dengan memunculkan komputer berbasis kartu berlubang yang menempati seluruh ruangan.

Saat ini, kita membawa lebih banyak daya komputasi pada ponsel cerdas kita daripada yang tersedia di model awal ini. Sejarah singkat komputasi berikut ini adalah garis waktu tentang bagaimana komputer berevolusi dari awal yang sederhana menjadi mesin saat ini yang menjelajahi Internet, bermain game, dan streaming multimedia di samping menghitung angka.

1. Tahun 1801: Di Prancis, Joseph Marie Jacquard menemukan alat tenun yang menggunakan kartu kayu berlubang untuk menenun desain kain secara otomatis. Komputer awal akan menggunakan kartu berlubang serupa.

2. Tahun 1822: Matematikawan Inggris Charles Babbage membayangkan mesin hitung bertenaga uap yang dapat menghitung tabel angka. Proyek yang didanai oleh pemerintah Inggris ini gagal. Lebih dari seabad kemudian, komputer pertama di dunia benar-benar dibuat.

3. Tahun 1890: Herman Hollerith merancang sistem kartu berlubang untuk menghitung sensus tahun 1880, menyelesaikan tugas hanya dalam tiga tahun dan menghemat $ 5 juta pemerintah. Dia mendirikan perusahaan yang akhirnya menjadi IBM.

4. Tahun 1936: Alan Turing menyajikan gagasan tentang mesin universal, yang kemudian disebut mesin Turing, yang mampu menghitung apa pun yang dapat dihitung. Konsep sentral komputer modern didasarkan pada idenya.

5. Tahun 1937: JV Atanasoff, seorang profesor fisika dan matematika di Iowa State University, mencoba membangun komputer pertama tanpa roda gigi, cam, ikat pinggang, atau poros.

6. Tahun 1939: Hewlett-Packard didirikan oleh David Packard dan Bill Hewlett di garasi Palo Alto, California, menurut Computer History Museum. 

7. Tahun 1941: Atanasoff dan mahasiswa pascasarjana, Clifford Berry, merancang komputer yang dapat menyelesaikan 29 persamaan secara bersamaan. Ini menandai pertama kalinya komputer dapat menyimpan informasi di memori utamanya.

8. Tahun 1943-1944: Dua profesor Universitas Pennsylvania, John Mauchly dan J. Presper Eckert, membangun Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC). Dianggap sebagai kakek dari komputer digital, ia memenuhi ruangan berukuran 20 kali 40 kaki dan memiliki 18.000 tabung vakum.

9. Tahun 1946: Mauchly dan Presper meninggalkan Universitas Pennsylvania dan menerima dana dari Biro Sensus untuk membangun UNIVAC, komputer komersial pertama untuk aplikasi bisnis dan pemerintahan.

10. Tahun 1947: William Shockley, John Bardeen dan Walter Brattain dari Bell Laboratories menemukan transistor. Mereka menemukan cara membuat saklar listrik dengan bahan padat dan tidak membutuhkan ruang hampa. 

11. Tahun 1953: Grace Hopper mengembangkan bahasa komputer pertama, yang akhirnya dikenal sebagai COBOL. Thomas Johnson Watson Jr., putra CEO IBM Thomas Johnson Watson Sr., menyusun IBM 701 EDPM untuk membantu Perserikatan Bangsa-Bangsa mengawasi Korea selama perang.

12. Tahun 1954: Bahasa pemrograman FORTRAN, singkatan dari FORmula TRANslation, dikembangkan oleh tim programmer di IBM yang dipimpin oleh John Backus, menurut University of Michigan.

13. Tahun 1958: Jack Kilby dan Robert Noyce memperkenalkan sirkuit terintegrasi, yang dikenal sebagai chip komputer. Kilby dianugerahi Hadiah Nobel Fisika pada tahun 2000 untuk karyanya.

14. Tahun 1964: Douglas Engelbart menunjukkan prototipe komputer modern, dengan mouse dan antarmuka pengguna grafis (GUI). Ini menandai evolusi komputer dari mesin khusus untuk ilmuwan dan matematikawan ke teknologi yang lebih mudah diakses oleh masyarakat umum.

15. Tahun 1969: Sekelompok pengembang di Bell Labs memproduksi UNIX, sistem operasi yang menangani masalah kompatibilitas. Ditulis dalam bahasa pemrograman C, UNIX portabel di berbagai platform dan menjadi sistem operasi pilihan di antara mainframe di perusahaan besar dan entitas pemerintah. Karena sifat sistem yang lambat, ia tidak pernah mendapatkan daya tarik di antara pengguna PC rumahan.

16. Tahun 1970: Intel yang baru dibentuk memperkenalkan Intel 1103, chip Dynamic Access Memory (DRAM) pertama.

17. Tahun 1971: Alan Shugart memimpin tim insinyur IBM yang menemukan "floppy disk", yang memungkinkan data dibagikan di antara komputer.

18. Tahun 1973: Robert Metcalfe, anggota staf peneliti Xerox, mengembangkan Ethernet untuk menghubungkan banyak komputer dan perangkat keras lainnya.

19. Tahun 1974-1977: Sejumlah komputer pribadi memasuki pasar, termasuk Scelbi & Mark-8 Altair, IBM 5100, Radio Shack TRS-80 - yang dikenal sebagai "Sampah 80" - dan Commodore PET.

20. Tahun 1975: Majalah Popular Electronics edisi Januari menampilkan Altair 8080, yang digambarkan sebagai "perangkat komputer mini pertama di dunia yang menyaingi model komersial." 

Dua "ahli komputer", Paul Allen dan Bill Gates, menawarkan untuk menulis perangkat lunak untuk Altair, menggunakan bahasa BASIC yang baru. Pada tanggal 4 April, setelah keberhasilan usaha pertama ini, kedua teman masa kecil itu membentuk perusahaan perangkat lunak mereka sendiri, Microsoft. 

21. Tahun 1976: Steve Jobs dan Steve Wozniak memulai Apple Computers pada April Mop dan meluncurkan Apple I, komputer pertama dengan papan sirkuit tunggal, menurut Stanford University. 

TRS-80, diperkenalkan pada tahun 1977, adalah salah satu mesin pertama yang dokumentasinya ditujukan untuk non-geek

TRS-80, diperkenalkan pada tahun 1977, adalah salah satu mesin pertama yang dokumentasinya ditujukan untuk non-geek (Kredit gambar: Radioshack)

22. Tahun 1977: Produksi awal TRS-80 Radio Shack hanya 3.000. Itu terjual seperti orang gila. Untuk pertama kalinya, non-geek dapat menulis program dan membuat komputer melakukan apa yang mereka inginkan.

23. Tahun 1977: Jobs dan Wozniak menggabungkan Apple dan menampilkan Apple II di West Coast Computer Faire pertama. Ini menawarkan grafik berwarna dan menggabungkan drive kaset audio untuk penyimpanan.

24. Tahun 1978: Akuntan bersukacita atas pengenalan VisiCalc, program lembar kerja terkomputerisasi pertama.

25. Tahun 1979: Pemrosesan kata menjadi kenyataan saat MicroPro International merilis WordStar. "Perubahan yang menentukan adalah menambahkan margin dan pembungkus kata," kata pencipta Rob Barnaby melalui email kepada Mike Petrie pada tahun 2000. "Perubahan tambahan termasuk menghilangkan mode perintah dan menambahkan fungsi cetak.

Saya adalah otak teknisnya - saya tahu caranya untuk melakukannya, dan melakukannya, dan mendokumentasikannya. "

Komputer pribadi IBM pertama, yang diperkenalkan pada 12 Agustus 1981, menggunakan sistem operasi MS-DOS.

Komputer pribadi IBM pertama, yang diperkenalkan pada 12 Agustus 1981, menggunakan sistem operasi MS-DOS. (Kredit gambar: IBM)

26. Tahun 1981: Komputer pribadi IBM pertama, dengan nama kode "Acorn," diperkenalkan. Ini menggunakan sistem operasi Microsoft MS-DOS. Ini memiliki chip Intel, dua floppy disk dan monitor warna opsional. 

Sears & Roebuck dan Computerland menjual mesin tersebut, menandai pertama kalinya komputer tersedia melalui distributor luar. Ini juga mempopulerkan istilah PC.

27. Tahun 1983: Lisa dari Apple adalah komputer pribadi pertama dengan GUI. Ia juga dilengkapi dengan menu drop-down dan ikon. Itu gagal tetapi akhirnya berkembang menjadi Macintosh. Gavilan SC adalah komputer portabel pertama dengan faktor bentuk flip yang sudah dikenal dan yang pertama dipasarkan sebagai "laptop".

28. Tahun 1985: Microsoft mengumumkan Windows, menurut Encyclopedia Britannica. Ini adalah tanggapan perusahaan terhadap GUI Apple. Commodore memperkenalkan Amiga 1000, yang memiliki kemampuan audio dan video tingkat lanjut.

29. Tahun 1985: Nama domain dot-com pertama didaftarkan pada 15 Maret, bertahun-tahun sebelum World Wide Web menandai awal resmi sejarah Internet. The Symbolics Computer Company, produsen komputer kecil di Massachusetts, mendaftarkan Symbolics.com. Lebih dari dua tahun kemudian, hanya 100 dot-com yang terdaftar.

30. Tahun 1986: Compaq menghadirkan Deskpro 386 ke pasar. Arsitektur 32-bitnya menyediakan kecepatan yang sebanding dengan mainframe.

31. Tahun 1990: Tim Berners-Lee, seorang peneliti di CERN, laboratorium fisika energi tinggi di Jenewa, mengembangkan HyperText Markup Language (HTML), memunculkan World Wide Web.

32. Tahun 1993: Mikroprosesor Pentium meningkatkan penggunaan grafik dan musik pada PC.

33. Tahun 1994: PC menjadi mesin game karena "Command & Conquer", "Alone in the Dark 2", "Theme Park", "Magic Carpet", "Descent", dan "Little Big Adventure" adalah beberapa game yang masuk ke pasar.

34. Tahun 1996: Sergey Brin dan Larry Page mengembangkan mesin pencari Google di Universitas Stanford.

35 Tahun 1997: Microsoft menginvestasikan $ 150 juta di Apple, yang saat itu sedang berjuang, mengakhiri kasus pengadilan Apple terhadap Microsoft di mana ia menuduh bahwa Microsoft menyalin "tampilan dan nuansa" dari sistem operasinya.

36. Tahun 1999: Istilah Wi-Fi menjadi bagian dari bahasa komputasi dan pengguna mulai terhubung ke Internet tanpa kabel.

37. Tahun 2001: Apple memperkenalkan sistem operasi Mac OS X, yang menyediakan arsitektur memori terlindungi dan multi-tasking pre-emptive, di antara keuntungan lainnya. Tidak mau kalah, Microsoft meluncurkan Windows XP, yang memiliki GUI yang didesain ulang secara signifikan.

38. Tahun 2003: Prosesor 64-bit pertama, AMD Athlon 64, tersedia untuk pasar konsumen.

39. Tahun 2004: Mozilla's Firefox 1.0 menantang Microsoft's Internet Explorer, browser Web yang dominan. Facebook, situs jejaring sosial, diluncurkan.

40. Tahun 2005: YouTube, layanan berbagi video, didirikan. Google memperoleh Android, sistem operasi telepon seluler berbasis Linux.


41. Tahun 2006: Apple memperkenalkan MacBook Pro, komputer seluler inti ganda berbasis Intel yang pertama, serta iMac berbasis Intel. Konsol game Nintendo Wii menyentuh pasar.

42. Tahun 2007: iPhone menghadirkan banyak fungsi komputer ke smartphone.

43. Tahun 2009: Microsoft meluncurkan Windows 7, yang menawarkan kemampuan untuk menyematkan aplikasi ke bilah tugas dan memajukan pengenalan sentuhan dan tulisan tangan, di antara fitur-fitur lainnya.

44. Tahun 2010: Apple meluncurkan iPad, mengubah cara konsumen melihat media dan memulai segmen komputer tablet yang tidak aktif.

45. Tahun 2011: Google merilis Chromebook, laptop yang menjalankan Google Chrome OS.

46. Tahun 2012: Facebook memperoleh 1 miliar pengguna pada 4 Oktober

47. Tahun 2015: Apple merilis Apple Watch. Microsoft merilis Windows 10.

48 Tahun 2016: Komputer kuantum pertama yang dapat diprogram ulang dibuat. "Hingga saat ini, belum ada platform komputasi kuantum yang memiliki kemampuan untuk memprogram algoritme baru ke dalam sistem mereka. 

Mereka biasanya masing-masing disesuaikan untuk menyerang algoritme tertentu," kata pemimpin penulis studi Shantanu Debnath, fisikawan kuantum dan insinyur optik di Universitas Maryland, College Park.

49. Tahun 2017: Badan Proyek Penelitian Lanjutan Pertahanan (DARPA) sedang mengembangkan program "Molekuler Informatika" baru yang menggunakan molekul sebagai komputer. "Kimia menawarkan sekumpulan properti yang kaya yang mungkin dapat kami manfaatkan untuk penyimpanan dan pemrosesan informasi yang cepat dan dapat diskalakan," kata Anne Fischer, manajer program di Kantor Ilmu Pertahanan DARPA, dalam sebuah pernyataan. 

"Ada jutaan molekul, dan setiap molekul memiliki struktur atom tiga dimensi yang unik serta variabel seperti bentuk, ukuran, atau bahkan warna. Kekayaan ini menyediakan ruang desain yang luas untuk menjelajahi cara baru dan bernilai banyak untuk menyandikan dan memproses data di luar 0 dan 1 dari arsitektur digital berbasis logika saat ini. " 

Demikian artikel tentang Sejarah Komputer. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Posting Komentar untuk "Sejarah Komputer: Garis Waktu Singkat"