Sejarah Ditemukannya Jam Mekanis

 

Sejarah Ditemukannya Jam Mekanis

Sejarah Ditemukannya Jam Mekanis  - Selama abad Pertengahan, mulai dari sekitar tahun 500 M hingga 1500 M, kemajuan dan perkembangan teknologi terhenti di Eropa. Gaya jam matahari telah berevolusi, akan tetapi tetap tidak jauh dari prinsip jam Mesir kuno.

Jam matahari sederhana yang ditempatkan di atas ambang pintu digunakan untuk mengidentifikasi tengah hari dan empat "pasang" siang hari yang di sinari oleh Matahari pada Abad Pertengahan. 

Beberapa jenis jam matahari saku digunakan pada abad ke-10, salah satu model Inggris mengidentifikasi pasang surut dan bahkan mengkompensasi perubahan musim dari ketinggian matahari. 

Jam Mekanik

Pada awal hingga pertengahan abad ke-14, jam mekanik besar mulai muncul di menara beberapa kota di Italia. Tidak ada catatan model kerja yang mendahului jam publik ini yang digerakkan oleh bobot dan diatur oleh "escapements verge-and-foliot"

Mekanisme "verge-and-foliot" berkuasa selama lebih dari 300 tahun dengan variasi dalam bentuk foliot, tetapi semuanya memiliki masalah dasar yang sama yaitu periode osilasi sangat bergantung pada jumlah tenaga penggerak dan jumlah gesekan pada penggerak sehingga tarifnya sulit diatur.

Kemajuan lain adalah penemuan yang dihasilkan oleh Peter Henlein, seorang tukang kunci asal Jerman yakni dari Nuremberg, sekitar tahun 1500 M dan 1510 M. Henlein menciptakan jam bertenaga pegas. Mengganti beban hard drive menghasilkan jam, dan jam tangan yang lebih kecil dan lebih portabel. Henlein menamakan jam temuannya dengan "Telur Nuremberg".

Meskipun jam tersebut akan melambat saat pegas utama dilepas, jam tersebut populer di kalangan orang kaya karena ukurannya dan karena mereka dapat ditempatkan di rak atau meja daripada digantung di dinding. Itu adalah penunjuk waktu portabel pertama, tetapi hanya memiliki jarum jam. 

Jarum menit belum ada hingga sampai 1670 M, dan jam tersebut tidak memiliki pelindung kaca selama kurun waktu itu. Kaca yang ditempatkan di bagian depan jam tangan baru muncul pada abad ke-17. Namun, kemajuan Henlein dalam desain adalah pendahulu untuk ketepatan waktu yang benar-benar akurat. 

Jam Mekanik Akurat 

Christian Huygens, yakni seorang ilmuwan asal Belanda, membuat jam pendulum pertama pada tahun 1656 M. Jam itu diatur oleh mekanisme dengan periode osilasi "alami". Meskipun Galileo Galilei kadang-kadang dianggap sebagai penemu pendulum dan dia mempelajari gerakannya sejak tahun 1582, desain jamnya tidak dibuat sebelum kematiannya. 

Jam pendulum hasil penemuan Huygens mengalami kesalahan kurang dari satu menit sehari, pertama kali akurasi tersebut dicapai. Perbaikan selanjutnya adalah mengurangi kesalahan jamnya menjadi kurang dari 10 detik dalam sehari. 

Huygens mengembangkan roda keseimbangan dan perakitan pegas sekitar tahun 1675 M dan masih ditemukan di beberapa jam tangan saat ini. Peningkatan ini memungkinkan jam tangan abad ke-17 mempertahankan waktu hingga 10 menit sehari.

William Clement mulai membuat jam dengan escapement "jangkar" atau "mundur" baru di London pada tahun 1671 M. Ini merupakan peningkatan yang substansial selama ini karena tidak terlalu mengganggu gerakan pendulum. 

Pada tahun 1721 M, George Graham meningkatkan akurasi jam pendulum menjadi satu detik sehari dengan mengkompensasi perubahan panjang pendulum karena variasi suhu. John Harrison, seorang tukang kayu dan pembuat jam otodidak, menyempurnakan teknik kompensasi suhu Graham dan menambahkan metode baru untuk mengurangi gesekan. 

Pada tahun 1761 M, ia telah membuat kronometer laut dengan pegas dan pelarian roda keseimbangan yang telah memenangkan hadiah pemerintah Inggris tahun 1714 yang ditawarkan untuk alat penentuan garis bujur hingga dalam satu setengah derajat. 

Itu membuat waktu di atas kapal bergulir menjadi sekitar seperlima detik sehari, hampir sama baiknya dengan jam pendulum yang bisa dilakukan di darat, dan 10 kali lebih baik dari yang dibutuhkan. 

Selama abad berikutnya, perbaikan mengarah pada jam Siegmund Riefler dengan pendulum yang hampir bebas pada tahun 1889 M. Ia mencapai akurasi seperseratus detik sehari dan menjadi standar di banyak observatorium astronomi.

Prinsip pendulum bebas yang sejati diperkenalkan oleh RJ Rudd sekitar tahun 1898 M, yang merangsang perkembangan beberapa jam pendulum bebas. Salah satu yang paling terkenal, jam WH Shortt, yang didemonstrasikan pada tahun 1921. 

Jam Shortt segera menggantikan jam Riefler sebagai pencatat waktu tertinggi di banyak observatorium. Jam ini terdiri dari dua bandul, satu disebut "budak" dan yang lainnya disebut "tuan". Pendulum "budak" memberi pendulum "tuan" dorongan lembut yang diperlukan untuk mempertahankan gerakannya, dan juga menggerakkan jarum jam. Hal ini memungkinkan pendulum "master" tetap bebas dari tugas mekanis yang akan mengganggu keteraturannya.

Jam Kuarsa 

Jam kristal kuarsa menggantikan jam Shortt sebagai standar pada tahun 1930-an dan 1940-an, meningkatkan kinerja penunjuk waktu jauh melampaui pendulum dan pelepasan roda keseimbangan. 

Pengoperasian jam kuarsa didasarkan pada properti piezoelektrik kristal kuarsa. Ketika medan listrik diterapkan pada kristal, kristal berubah bentuk. Ini menghasilkan medan listrik saat ditekan atau ditekuk. 

Ketika ditempatkan di sirkuit elektronik yang sesuai, interaksi antara tegangan mekanik dan medan listrik ini menyebabkan kristal bergetar dan menghasilkan sinyal listrik frekuensi konstan yang dapat digunakan untuk mengoperasikan tampilan jam elektronik.

Jam kristal kuarsa lebih baik karena tidak memiliki roda gigi atau escapement untuk mengganggu frekuensi regulernya. Meski begitu, mereka mengandalkan getaran mekanis yang frekuensinya sangat bergantung pada ukuran dan bentuk kristal. 

Tidak ada dua kristal yang bisa persis sama dengan frekuensi yang persis sama. Jam kuarsa terus mendominasi pasar dalam jumlah karena kinerjanya sangat baik dan harganya murah. Tetapi kinerja penunjuk waktu jam kuarsa secara substansial telah dilampaui oleh jam atom. 

Itulah ulasan artikel  mengenai Sejarah Ditemukannya Jam Mekanis. Semoga berguna dan bermanfaat untuk Anda.

referensi: https://www.thoughtco.com/

0 Response to "Sejarah Ditemukannya Jam Mekanis "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel