Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Asal Mula Pemesinan CNC

 

Asal Mula Pemesinan CNC

Asal Mula Mesin CNC - Control Numeric Computer atau CNC adalah proses penting yang digunakan selama proses machining dan produksi. Meskipun mesin CNC adalah proses manufaktur modern yang digunakan untuk permesinan yang rumit, asal - usulnya dapat ditelusuri kembali ke konsep dasar kontrol numerik yang lebih lama.

Pada artikel kali ini, kita akan mempelajari sejarah yang menarik dan asal muasal munculnya mesin CNC. 

Apa Itu Mesin CNC?

Mesin CNC memfasilitasi pembuatan bagian fisik dari instruksi file desain komputer. Sebagai proses subtraktif, mesin CNC mengambil material dari stok untuk membuat desain yang diinginkan. 

Aluminium, baja atau titanium biasanya digunakan sebagai bahan baku yang di gunakan sebagai alat pemotong. Mesin CNC mengikuti instruksi digital (G-code) untuk secara otomatis mengontrol alat yang digunakan untuk memotong bahan baku. 

Sejarah Dan Evolusi Mesin CNC

Sebelum munculnya mesin CNC, peralatan mesin yang digunakan untuk memotong bahan baku dikontrol secara manual. Prinsip-prinsip di balik pemesinan CNC telah bertahan lama dan berkembang seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan teknologi yang semakin canggih. 

Berikut ini adalah garis waktu singkat terkait dengan evolusi pemesinan CNC, yaitu:

Tahun 1751

Dengan dimulainya era industrialisasi, muncul salah satu mesin pertama yang mencoba melakukan operasi yang lebih tepat daripada teknik buatan tangan sebelumnya. Teknik pemesinan yang melibatkan pembubutan mesin dengan rangka logam ditemukan saat itu. 

Tahun 1940-an

Mesin NC pertama kali dibuat. Mesin awal ini mengandalkan konsep logika yang dapat diprogram, di mana kode tersebut secara manual dimasukkan ke dalam kartu data dan dimasukkan ke dalam sistem. Metode ini disebut sebagai "Selotip Berlubang"

Tahun 1949

John Parsons memulai penelitian untuk memperbaiki pesawat dengan bahan badan pesawat yang kaku. Profesor MIT JF Reintjes dan timnya memulai mesin penggilingan eksperimental.

Tahun 1952

Selama berlangsungnya era perang dingin, otomatisasi menjadi penting. Pada tahun 1952, Richard Kegg (dan MIT) menciptakan mesin penggilingan CNC pertama yang disebut Cincinnati Milacron Hydrotel. 

Tahun 1958

Kegg mengajukan hak paten untuk Motor Controlled Apparatus untuk alat mesin positioning. 

Tahun 1967

Konsep pemesinan yang dikendalikan oleh komputer mulai mendapatkan daya tarik. 

Tahun 1972

Desain dengan bantuan komputer dimulai yang kemudian ikut mendorong perkembangan penting dalam pemesinan CNC. 

Tahun 1976

Tahun pertama desain dengan komputer 3D dan pemesinan bantuan komputer muncul. 

Tahun 1989

Munculnya mesin CNC modern karena mesin yang dikendalikan perangkat lunak CAD dan CAM menjadi standar industri saat itu.

Teknologi CNC Modern 

Mesin CNC berevolusi seiring dengan perjalanan waktu, dan menjadi pembangkit tenaga listrik otomatis yang kita kenal sekarang. Mereka mulai sebagai perangkat sederhana yang dikendalikan dengan metode selotip ke dalam mesin bertenaga perangkat lunak. 

Mesin CNC modern mengandalkan input perangkat lunak dan jauh lebih cepat dan lebih dinamis daripada rekan NC aslinya. 

Itulah ulasan singkat tentang  Asal Mula Pemesinan CNC. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda.

referensi: https://mainstaymfg.com/

Post a Comment for " Asal Mula Pemesinan CNC"