Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapan komputer pertama kali ditemukan?

 

Kapan komputer pertama kali ditemukan?
credit image:pixabay

Kapan komputer pertama kali ditemukan? Tidak ada jawaban yang mudah untuk pertanyaan ini, karena banyaknya klasifikasi komputer yang ada. Komputer mekanis pertama, yang dibuat oleh Charles Babbage pada tahun 1822, tidak menyerupai apa yang dianggap sebagai kebanyakan komputer saat ini. 

Oleh karena itu, halaman ini memberikan daftar pertama dari masing-masing komputer, dimulai dengan Difference Engine dan menuju ke komputer yang kita gunakan saat ini.

Kapan Kata "Komputer" Pertama Kali Digunakan?

Kata "Komputer" pertama kali digunakan pada tahun 1613 dalam buku "The Yong Mans Gleanings" oleh Richard Braithwaite, dan aslinya menggambarkan manusia yang sedang melakukan penghitungan.. Definisi komputer tetap sama sampai akhir abad ke-19, ketika revolusi industri memunculkan mesin yang tujuan utamanya adalah untuk menghitung.

Komputer Mekanis Pertama Atau Konsep Mesin Komputasi Otomatis

Pada tahun 1822, Charles Babbage membuat konsep dan mulai mengembangkan "Difference Engine", yang dianggap sebagai mesin penghitung otomatis pertama. Difference Engine mampu menghitung beberapa set angka dan membuat salinan cetak hasilnya. 

Babbage mendapat bantuan untuk pengembangan "Difference Engine" dari Ada Lovelace, yang dianggap sebagai pemrogram komputer pertama untuk pekerjaannya. Sayangnya, karena masalah biaya, Babbage tidak pernah bisa menyelesaikan versi fungsional dalam skala penuh dari mesin ini. 

Pada bulan Juni 1991, Museum Sains London menyelesaikan "Difference Engine" No 2 untuk dua abad kelahiran Babbage dan kemudian menyelesaikan mekanisme pencetakan pada tahun 2000.

Mesin Analitik

Pada tahun 1837, Charles Babbage mengusulkan komputer mekanik umum pertama, yaitu Mesin Analitik. Mesin Analitik berisi ALU (Arithmetic Logic Unit), kontrol aliran dasar, kartu berlubang (terinspirasi oleh Jacquard Loom), dan memori terintegrasi. 

Ini adalah konsep komputer tujuan umum pertama. Sayangnya, karena masalah pendanaan, komputer ini juga tidak pernah dibuat ketika Charles Babbage masih hidup. Pada tahun 1910, Henry Babbage, putra bungsu dari Charles Babbage, mampu menyelesaikan sebagian dari mesin ini dan melakukan perhitungan dasar.

Komputer Terprogram Pertama

Z1 dibuat oleh Konrad Zuse Jerman di ruang tamu orang tuanya antara tahun 1936 dan 1938. Ini dianggap sebagai komputer terprogram biner elektromekanis pertama dan komputer modern fungsional pertama. Konsep pertama dari apa yang kami anggap sebagai komputer modern.

Mesin Turing pertama kali diusulkan oleh Alan Turing pada tahun 1936 dan menjadi landasan teori tentang komputasi dan komputer. Mesin tersebut adalah perangkat yang mencetak simbol pada pita kertas dengan cara meniru seseorang yang mengikuti serangkaian instruksi logis. Tanpa dasar-dasar ini, kita tidak akan memiliki komputer yang kita gunakan saat ini.

Komputer Programmable Listrik Pertama

Colossus Mark 2

Colossus adalah komputer programmable listrik pertama, yang dikembangkan oleh Tommy Flowers, dan pertama kali didemonstrasikan pada bulan Desember 1943. Colossus diciptakan untuk membantu pemecah kode Inggris membaca pesan-pesan terenkripsi Jerman.

Komputer Digital Pertama

ABC adalah singkatan dari Atanasoff-Berry Computer, ABC mulai dikembangkan oleh Profesor John Vincent Atanasoff dan mahasiswa pascasarjana Cliff Berry pada tahun 1937. Perkembangannya berlanjut hingga tahun 1942 di Iowa State College (sekarang Iowa State University).

ABC adalah komputer listrik yang menggunakan lebih dari 300 tabung vakum untuk komputasi digital, termasuk matematika biner dan logika Boolean, dan tidak memiliki CPU (tidak dapat diprogram). 

Pada tanggal 19 Oktober 1973, Hakim Federal AS Earl R. Larson menandatangani keputusannya bahwa paten ENIAC oleh J. Presper Eckert dan John Mauchly tidak valid. Dalam keputusannya, Larson menyebut Atanasoff sebagai satu-satunya penemu.

ENIAC ditemukan oleh J. Presper Eckert dan John Mauchly di Universitas Pennsylvania dan mulai dibangun pada tahun 1943, namun tidak selesai sampai dengan tahun 1946. Itu menempati sekitar 1.800 kaki persegi dan menggunakan sekitar 18.000 tabung vakum, dengan berat hampir 50 ton.

Meskipun hakim kemudian memutuskan bahwa komputer ABC adalah komputer digital pertama, banyak yang masih menganggap ENIAC sebagai komputer digital pertama karena itu dapat berfungsi penuh.

ENIAC Komputer Program Tersimpan Pertama 

Program yang disimpan secara elektronik pertama kali dijalankan oleh komputer, ditulis oleh Tom Kilburn pada tahun 1948 untuk SSEM.

Komputer pertama yang secara elektronik menyimpan dan menjalankan program adalah SSEM (Small-Scale Experimental Machine), juga dikenal sebagai "Baby" atau "Manchester Baby", pada tahun 1948. Ini dirancang oleh Frederic Williams, dan dibangun oleh anak didiknya, Tom Kilburn, dengan bantuan Geoff Tootill, di Universitas Manchester, Inggris. 

Kilburn menulis program pertama yang disimpan secara elektronik, yang menemukan faktor tertinggi yang tepat dari sebuah bilangan bulat, menggunakan pengurangan berulang daripada pembagian. Program Kilburn dilaksanakan pada tanggal 21 Juni 1948.

Komputer program tersimpan kedua juga menjadi milik Inggris, yaitu EDSAC, yang dibuat dan dirancang oleh Maurice Wilkes di Laboratorium Matematika Universitas Cambridge di Inggris. 

EDSAC melakukan penghitungan pertamanya pada 6 Mei 1949. Itu juga merupakan komputer pertama yang menjalankan permainan komputer grafis, "OXO," sebuah implementasi "tic-tac-toe" yang ditampilkan pada tabung sinar katoda 6 inci.

EDSAC Manchester Mark 1

Sekitar waktu yang sama, Manchester Mark 1 adalah komputer lain yang dapat menjalankan program yang tersimpan. Dibangun di Victoria University of Manchester, versi pertama dari komputer Mark 1 mulai beroperasi pada bulan April 1949. Mark 1 digunakan untuk menjalankan program untuk mencari bilangan prima Mersenne selama sembilan jam tanpa kesalahan pada tanggal 16 dan 17 Juni pada tahun yang sama.

Perusahaan Komputer Pertama 

Perusahaan komputer pertama adalah Electronic Controls Company dan didirikan pada tahun 1949 oleh J. Presper Eckert dan John Mauchly, orang yang sama yang membantu menciptakan komputer ENIAC. Perusahaan ini kemudian berganti nama menjadi EMCC atau Eckert-Mauchly Computer Corporation dan merilis serangkaian komputer mainframe dengan nama UNIVAC.

Komputer Pertama Dengan Program Yang Disimpan Di Memori

UNIVAC 1101

Pertama kali dikirim ke pemerintah Amerika Serikat pada tahun 1950, UNIVAC 1101 atau ERA 1101 dianggap sebagai komputer pertama yang mampu menyimpan dan menjalankan program dari memori.

Komputer Komersial Pertama

Pada tahun 1942, Konrad Zuse mulai mengerjakan Z4 yang kemudian menjadi komputer komersial pertama. Komputer tersebut dijual kepada Eduard Stiefel, seorang matematikawan dari Institut Teknologi Federal Swiss Zurich, pada 12 Juli 1950.

Komputer Pertama IBM

Pada 7 April 1953, IBM secara terbuka memperkenalkan 701, komputer ilmiah komersial pertamanya.

Komputer Pertama Dengan RAM

MIT memperkenalkan mesin Whirlwind pada 8 Maret 1955, sebuah komputer revolusioner yang merupakan komputer digital pertama dengan RAM inti magnet dan grafik waktu nyata.

Komputer Transistor Pertama

Transistor TX-0 (Transistorized Experimental computer) adalah komputer transistorized pertama yang didemonstrasikan di Massachusetts Institute of Technology pada tahun 1956.

Komputer Mini Pertama

Pada tahun 1960, Digital Equipment Corporation merilis komputer PDP pertamanya, PDP-1.

Komputer Desktop Dan Pasar Massal Pertama

Pada tahun 1964, komputer desktop pertama, Programma 101, diluncurkan ke publik di Pameran Dunia New York. Itu ditemukan oleh Pier Giorgio Perotto dan diproduksi oleh Olivetti. Sekitar 44.000 komputer Programma 101 dijual, masing-masing dengan label harga $ 3.200.

Pada tahun 1968, Hewlett Packard mulai memasarkan HP 9100A, yang dianggap sebagai komputer desktop pertama yang dipasarkan secara massal.

Workstation Pertama

Meskipun tidak pernah dijual, workstation pertama dianggap sebagai Xerox Alto, diperkenalkan pada tahun 1974. Komputer revolusioner pada masanya dan termasuk komputer, layar, dan mouse yang berfungsi penuh. 

Komputer dioperasikan seperti banyak komputer saat ini yang memanfaatkan jendela, menu, dan ikon sebagai antarmuka ke sistem operasinya. Banyak dari kemampuan komputer yang pertama kali didemonstrasikan di The Mother of All Demos oleh Douglas Engelbart pada 9 Desember 1968.

Mikroprosesor Pertama

Intel memperkenalkan mikroprosesor pertama, Intel 4004, pada 15 November 1971.

Komputer Mikro Pertama

Insinyur Vietnam-Prancis André Truong Trong Thi dan Francois Gernelle mengembangkan komputer Micral pada tahun 1973. Dianggap sebagai komputer mikro pertama, ia menggunakan prosesor Intel 8008 dan merupakan komputer non-rakitan komersial pertama. Ini awalnya dijual seharga $ 1.750.

Komputer Pribadi Pertama

Pada tahun 1975, Ed Roberts menciptakan istilah "komputer pribadi" ketika dia memperkenalkan Altair 8800. Meskipun komputer pribadi pertama dianggap oleh banyak orang sebagai KENBAK-1, yang pertama kali diperkenalkan seharga $ 750 pada tahun 1971. Komputer tersebut mengandalkan rangkaian sakelar untuk penginputan data dan data keluaran dengan cara menyalakan dan mematikan rangkaian lampu.

Laptop Atau Komputer Portabel Pertama

IBM 5100

IBM 5100 adalah komputer portabel pertama, yang dirilis pada September 1975. Komputer ini memiliki berat 55-pound dan memiliki layar CRT lima inci, tape drive, prosesor PALM 1,9 MHz, dan 64 KB RAM. Dalam gambar adalah iklan IBM 5100 yang diambil dari Scientific American edisi November 1975.

Komputer atau laptop portabel pertama yang dianggap sebagai Osborne I, yang dirilis pada April 1981 dan dikembangkan oleh Adam Osborne. Osborne I memiliki berat 24,5 pon, memiliki layar 5 inci, memori 64 KB, dua drive floppy 5 1/4 ", menjalankan sistem operasi CP / M 2.2, termasuk modem, dan berharga $ 1.795.

IBM PCD ( PC Division) kemudian merilis IBM portable pada tahun 1984, komputer portabel pertamanya yang memiliki berat 30 pon Kemudian pada tahun 1986, IBM PCD mengumumkan komputer laptop pertamanya, PC Convertible, dengan berat 12 pon Akhirnya, pada tahun 1994, IBM memperkenalkan IBM ThinkPad 775CD, notebook pertama dengan CD-ROM terintegrasi.

Komputer Apple Pertama 

Apple I (Apple 1) adalah komputer Apple pertama yang awalnya dijual seharga $ 666,66. Kit komputer ini dikembangkan oleh Steve Wozniak pada tahun 1976 dan berisi 6502 Prosesor 8-bit dan memori 4 kb, yang dapat ditingkatkan menjadi 8 atau 48 kb menggunakan kartu ekspansi. 

Meskipun Apple I memiliki papan sirkuit yang dirakit sepenuhnya, kit tersebut memerlukan catu daya, layar, keyboard, dan casing agar dapat beroperasi. Di bawah ini adalah gambar Apple I dari sebuah iklan oleh Apple.

Komputer Pribadi IBM IBM PC 5150

IBM memperkenalkan komputer pribadi pertamanya, IBM PC, pada tahun 1981. Komputer itu diberi nama kode Acorn. Ini menampilkan prosesor 8088, memori 16 KB, yang dapat diperluas hingga 256 dan menggunakan MS-DOS.

Klon PC Pertama

Compaq Portable dianggap sebagai klon PC pertama dan dirilis pada Maret 1983 oleh Compaq. Compaq Portable 100% kompatibel dengan komputer IBM dan mampu menjalankan perangkat lunak apapun yang dikembangkan untuk komputer IBM.

Komputer Multimedia Pertama

Pada tahun 1992, Tandy Radio Shack merilis M2500 XL / 2 dan M4020 SX, di antara komputer pertama yang memiliki fitur standar MPC.

Perusahaan Komputer Pertama Lainnya

Di bawah ini adalah daftar dari beberapa komputer pertama perusahaan komputer, antara lain:

1. Commodore - Pada tahun 1977, Commodore memperkenalkan komputer pertamanya, "Commodore PET."

2. Compaq - Pada bulan Maret 1983, Compaq merilis komputer pertamanya dan komputer pertama yang 100% kompatibel dengan IBM, "Compaq Portable."

3. Dell - Pada tahun 1985, Dell memperkenalkan komputer pertamanya, "Turbo PC".

4. Hewlett Packard - Pada tahun 1966, Hewlett Packard merilis komputer umum pertamanya, "HP-2115".

5. NEC - Pada tahun 1958, NEC membangun komputer pertamanya, "NEAC 1101."

6. Toshiba - Pada tahun 1954, Toshiba memperkenalkan komputer pertamanya, komputer digital "TAC".

sumber: https://www.computerhope.com/

Posting Komentar untuk " Kapan komputer pertama kali ditemukan?"