Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Mesin CNC Lebih Baik Dari Mesin Konvensional?

 

Apakah Mesin CNC Lebih Baik Dari Mesin Konvensional?

APA ITU MESIN CNC?

Pemesinan kontrol numerik komputer adalah proses yang digunakan terutama oleh produsen untuk menghasilkan suku cadang, produk, barang mesin. Mesin CNC adalah yang menyelesaikan prosesnya.

Mesin CNC adalah mesin yang menggunakan Kontrol Numerik Komputer atas peralatan mesin seperti mesin bubut, router, penggiling atau pabrik. 

Kontrol Numerik Komputer adalah PC khas yang berbeda dalam jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengontrol mesin, yang secara khusus disesuaikan dan diprogram dengan G-Code,  bahasa mesin CNC khusus yang memungkinkan kontrol yang tepat dari fitur seperti kecepatan, lokasi, koordinasi, dan laju umpan.

APAKAH MESIN CNC LEBIH BAIK DARI KONVENSIONAL?

Pemesinan CNC dan pemesinan konvensional bertujuan untuk mencapai tujuan yang sama, dan keduanya dimulai dengan potongan logam atau plastik mentah dan membentuknya menjadi satu bagian. 

Perbedaan paling mendasar antara keduanya adalah otomatisasi CNC versus sifat manual konvensional. Kecepatan, laju produksi, dan akurasi adalah beberapa keunggulan utama pemesinan CNC dibandingkan pemesinan konvensional.

Dengan CNC, perangkat lunak program karyawan terampil untuk memotong bagian. Dengan konvensional, karyawan yang terampil mengambil semua langkah untuk menyiapkan dan mengoperasikan mesin. 

Dalam situasi manual, operator yang sangat terampil juga harus mengatur roda gigi, sedangkan pemesinan CNC tidak menggunakan roda gigi.

Biaya konvensional biasanya lebih murah dan digunakan untuk proyek-proyek dalam jumlah kecil. Pemesinan CNC biasanya digunakan untuk jumlah tinggi dan tidak hemat biaya untuk yang lebih kecil.

Bayangkan bagian hipotetis, misalnya. Sebuah komponen membutuhkan busur cekung dan cembung, benang imperial dan metrik, dan dua lancip dengan derajat yang berbeda. Mesin CNC otomatis akan menggunakan tiga alat untuk memotong bagian tersebut, sedangkan mesin konvensional akan membutuhkan lima alat dan tidak diragukan lagi waktu yang lebih lama.

Di antara hal-hal pertama yang terjadi dengan pemesinan CNC adalah penggunaan perangkat lunak desain berbantuan komputer (CAD) untuk menghasilkan model dua atau tiga dimensi dari komponen akhir. 

Gambar prototipe dari komponen tersebut kemudian dimasukkan ke dalam perangkat lunak, yang beroperasi melalui komputer untuk memerintahkan alat pemesinan untuk menghasilkan item yang identik dengan model.

Setelah komputer memuat gambar baru untuk pemesinan CNC, komputer dapat menarik model itu lagi dan lagi untuk menghasilkan lebih banyak dari itu, yang merupakan keunggulan mesin CNC lainnya. Teknologi ini dirancang untuk mencapai akurasi pemesinan dalam 0,0001.

APA KEUNGGULAN MESIN CNC?

Siapa pun yang bertanggung jawab untuk merencanakan pembuatan suku cadang dan komponen logam ingin mengetahui manfaat apa yang mereka peroleh dengan menggunakan pemesinan CNC. Meskipun jenis bisnis dan produknya berbeda, keunggulan CNC jelas.

KEUNTUNGAN MESIN CNC

1. Komponen Presisi

Template digital dan pemesinan otonom CNC secara praktis menghilangkan kesalahan manusia dan mencapai akurasi dalam 1/1000.

2. Produksi dan Skalabilitas Tinggi

Setelah parameter desain dan spesifikasi dimasukkan ke dalam mesin CNC, mesin tersebut secara konsisten mengeksekusi jumlah besar dan memberikan skalabilitas yang fleksibel.

3. Kemampuan Lebih

Saat digunakan bersama-sama dengan perangkat lunak desain canggih, mesin CNC menghasilkan keluaran yang tidak dapat direplikasi oleh mesin manual. 

Bahkan insinyur yang paling berbakat sekalipun tidak dapat melakukan apa yang dapat dilakukan oleh perangkat lunak canggih dengan mesin CNC dengan mesin konvensional. Mesin ini dapat menghasilkan berbagai ukuran, bentuk atau tekstur yang dibutuhkan.

4. Produk Seragam

Bila Anda memilih keunggulan mesin CNC dibandingkan mesin konvensional, keluaran CNC Anda sama persis. Bahkan insinyur paling berbakat di mesin konvensional akan menghasilkan komponen yang sedikit berbeda. Dengan mesin CNC, setiap bagian sangat cocok dengan spesifikasi persis prototipe.

5. Biaya Lebih Rendah

Hasil kolektif dari kecepatan tinggi, efisiensi, spesialisasi, presisi, dan yang terpenting, jam kerja yang lebih sedikit, semuanya menghasilkan keuntungan yang lebih baik untuk bisnis Anda. Biaya yang lebih rendah, pada gilirannya, dapat digunakan untuk menciptakan keunggulan kompetitif dan investasi ulang bisnis. Menghemat uang atau menghasilkan lebih banyak uang adalah salah satu manfaat populer dari pemesinan CNC.

6. Keamanan yang Lebih Baik

Seiring dengan proses produksi yang bijaksana dan bagian yang konsisten, muncul lingkungan yang lebih aman. Meskipun ada operator yang terlibat dalam pengoperasian mesin CNC, alat tajamnya berada di kejauhan, sedangkan operator mesin bubut, bor, pukulan, dan alat lain manual konvensional bersentuhan langsung dengan alat tersebut.

7. Keserbagunaan

Pemesinan CNC sendiri menciptakan hampir semua komponen yang dapat Anda bayangkan. Beberapa model menyertakan fitur dan aksesori khusus yang semakin mempercepat dan menyederhanakan proses produksi, misalnya layar sentuh dan pengubah alat otomatis.

8. Komponen presisi

Manusia hanya bisa begitu presisi. Meminta seseorang untuk memotong lembaran logam menjadi 100 mikrometer dengan tangan meminta mereka untuk melakukan tugas yang hampir mustahil. Namun, untuk meja potong CNC, presisi ini mudah dicapai. 

Tingkat presisi pemesinan CNC yang tinggi memungkinkan produk dapat disempurnakan ke tingkat yang lebih tinggi, dengan lebih mudah.

9. Produksi Yang Skalabel

Toko mesin hanya dapat beroperasi secepat yang diizinkan oleh stafnya. Jika Anda hanya memiliki 4 operator bubut atau 2 teknisi meja, tenaga kerja Anda akan dibatasi sampai Anda mempekerjakan lebih banyak orang, dan bahkan kemudian, Anda perlu mempekerjakan mereka untuk lebih banyak mesin. 

Membuatnya bekerja lebih cepat menghasilkan masalah, yang diterjemahkan menjadi ketidaksempurnaan dan pemborosan. Pemesinan CNC menawarkan alternatif: produksi yang dapat diskalakan tanpa pertimbangan logistik untuk mempekerjakan lebih banyak pekerja. 

Pemrograman spesifikasi proyek memungkinkannya berjalan secara otomatis, sementara teknologi menerapkan bakatnya di tempat lain.

10. Waktu kerja konstan

Pekerja akan merasa lelah. Mereka harus pulang dan tidur atau berhenti untuk makan siang dan makan. Mesin CNC tidak. Ini berarti dapat menjalankan mesin CNC dalam waktu yang lebih lama, tanpa risiko kompromi karena mesin lapar atau lelah. Lebih banyak waktu aktif dengan lebih sedikit kesalahan berarti lebih banyak profitabilitas dan perputaran yang lebih baik.

11. Keseragaman

Jika Anda meminta seseorang untuk mengulangi tugas yang persis sama 100 kali berturut-turut, niscaya akan ada sedikit perbedaan. Ketidaksempurnaan kecil ini dari waktu ke waktu mungkin tidak terlihat banyak, tetapi dapat merusak ketepatan dan kualitas produk secara keseluruhan. 

Sebuah mesin CNC, bagaimanapun, hanya dapat membaca file pemrograman yang sama berulang kali untuk menghasilkan ulangan yang sempurna sebanyak 10, 100 atau 1000 kali.

12. Pengulangan

Mengajari seseorang secara spesifik tugas atau keterampilan dan mengharapkan mereka dapat menduplikasinya berminggu-minggu, berbulan-bulan atau bertahun-tahun kemudian tidak selalu berakhir dengan hasil yang sama. 

Untuk mesin CNC, bagaimanapun, itu bisa. Mesin hanya memproses dan mengeksekusi skema secara logis, menghasilkan hasil yang sama setiap saat. Meminta pekerja manusia untuk melakukan hal yang sama hari ini yang dia lakukan bertahun-tahun yang lalu, bahkan dengan instruks dapat menghasilkan sesuatu yang sedikit berbeda.

Saat Anda menggabungkan presisi, skalabilitas, keseragaman, dan pengulangan dengan kemampuan untuk bekerja secara konstan dan efisien, mudah untuk melihat mengapa inovasi mesin seperti CNC telah berdampak besar pada industri manufaktur. 

Dan, seiring pembelajaran mesin dan Internet of Things (IIoT) industri semakin dekat, manufaktur dapat mengalami kebangkitan kembali lebih cepat dari yang diharapkan!

sumber: https://kimsen.vn/

Post a Comment for "Apakah Mesin CNC Lebih Baik Dari Mesin Konvensional?"