Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keluarga Mesin CNC

 

Keluarga Mesin CNC
image via freepik

Keluarga Mesin CNC - Anda mungkin belum pernah mendengar tentang mesin CNC sebelumnya, atau apa fungsinya, atau bagaimana hal itu membuat operasi manufaktur yang tinggi menjadi jauh lebih mudah. 

Namun, permesinan CNC dijuluki sebagai salah satu faktor terpenting dari sebagian besar proses produksi. Tugas umum yang biasanya dilakukan oleh mesin CNC adalah mengebor lubang, mengganti alat, mendinginkan dan melumasi mesin pabrik terpisah pada saat yang bersamaan.

Mari kita mulai dengan sebuah pengantar singkat. CNC adalah singkatan dari Computer Numerical Control dan sudah ada sejak awal tahun 1970-an. Sebelum diberi nama CNC, itu disebut NC, yakni singkatan dari Control Numeric. 

Ketika teknologi komputer diperkenalkan pada 1070-an, namanya kemudian berubah. Ini telah mencakup hampir semua bentuk manufaktur di hampir semua tahap produksi. Mesin CNC menggantikan beberapa proses manufaktur yang ada atau menggabungkan beberapa pekerjaan sekaligus.

Program CNC hanyalah serangkaian instruksi lainnya. Itu ditulis seperti kalimat dan urutan operasinya adalah kronologis. Mesin kemudian akan menjalankan serangkaian instruksi itu selangkah demi selangkah. Serangkaian kata / kode CNC khusus digunakan untuk menyampaikan apa yang seharusnya dilakukan oleh mesin tersebut. Kode CNC dimulai dengan alamat huruf (seperti S untuk kecepatan spindel, dan X, Y & Z untuk gerakan sumbu linier umum).

Ketika kode-kode tertentu disusun bersama dalam metode yang koheren, kelompok kode CNC ini membuat "perintah" seperti sebuah kalimat. Mesin CNC umum hanya membutuhkan sekitar 40-50 kata / kode untuk memprogram perintah yang berbeda. Lihatlah, itu tidak terlalu sulit untuk dipelajari.

Meskipun CNC terdengar sangat independen dan melakukan semuanya, ada beberapa kata yang perlu Anda ketahui untuk memahami operasi CNC sepenuhnya.

Beberapa kata yang berhubungan dengan mesin CNC, antara lain:

1. THE CAM

CAM adalah singkatan dari Computer Aided Manufacturing. Ini menyederhanakan proses pemrograman yang baru, dan ditambahkan ke program CNC secara teratur. Tentu saja, aplikasi yang mudah dapat diprogram hanya dengan mesin yang paling sederhana, yakni pena, kertas dan kalkulator. Namun, program yang lebih kompleks sangat penting secara teratur. Saat menyusun program-program ini menjadi jauh lebih rumit dan (lebih buruk) akan menjadi sangat membosankan. 

CAM adalah program yang dijalankan pada komputer yang membantu pemrogram CNC dengan pemrograman. Ini juga bekerja bergandengan tangan dengan gambar desain CAD (Computer Aided Design). 

Dengan bantuan CAM, definisi ulang konfigurasi benda kerja tidak diperlukan. Apa yang harus dilakukan programmer CNC hanyalah menentukan operasi mesin yang akan dijalankan dan sistem CAM akan menyusun program CNC secara otomatis. Berkat CAM, kebosanan pemrograman tidak akan menjadi masalah lagi bagi programmer CNC.

2. DNC SISTEM 

DNC adalah singkatan dari Distributive Numerical Control. Ini adalah komputer yang terhubung dengan satu atau lebih mesin CNC, dan membentuk jaringan. Ketika sebuah program disusun secara manual dan siap untuk dimuat ke kontrol CNC, program itu sedang diketik langsung ke dalam kontrol. Dan ini seperti menggunakan mesin CNC sebagai keyboard yang mewah.

Apalagi jika program CNC dicapai dengan bantuan CAM, sudah dalam bentuk teks dan siap untuk dimuat ke kontrol CNC. DNC hanya mendistribusikan program CNC ke lebih dari satu mesin CNC. Belakangan ini, kontrol terbaru lebih canggih dalam hal kapabilitas jaringan dan dapat dihubungkan dengan, katakanlah, Ethernet.

Jika ini pertama kalinya Anda membaca dan mempelajari tentang CNC, ini mungkin terdengar sangat hebat dan ada di mana-mana. Sudah waktunya Anda belajar mereka juga membutuhkan bantuan dari beberapa teman pemrograman seperti CAM dan DNC. 

3. Mesin CNC Yang Berbeda

Mesin CNC memiliki aplikasi yang berbeda tergantung pada mesin yang mengoperasikannya. Jadi jika Anda seorang operator pemula, Anda harus mengetahui mesin paling umum yang dapat beroperasi di CNC, antara lain:

a. Milling

Mesin milling adalah mesin CNC yang palin umum. Perangkat ini digunakan untuk membentuk logam dan bahan padat lainnya. Ini pada dasarnya adalah pemotong berputar dan meja. Mesin frais mampu melakukan jalur perkakas yang kompleks karena pemotong tidak terbatas pada gerakan menyamping tetapi memungkinkan adanya gerakan "masuk dan keluar". 

Gerakan ini secara tepat dikontrol dengan menggerakkan meja dan pemotong secara relatif satu sama lain. Cairan pemotongan kemudian dipompa untuk melumasi dan mendinginkan potongan dan untuk menghilangkan noda yang dihasilkan oleh potongan.

b. Lathes

Mesin Bubut adalah mesin yang melakukan operasi berbeda seperti pengamplasan, pemotongan, knurling, deformasi, atau bahkan pengeboran. Mesin ini bekerja dengan memutar berbagai benda padat kemudian menggunakan alat yang simetris dengan sumbu rotasinya. Sebuah mesin bubut memiliki satu perkakas dimana benda kerja bekerja melawan perkakas tersebut. Pahat kemudian bekerja bersama atau ke dalam benda kerja untuk menghasilkan umpan.

Mesin bubut dapat digunakan untuk berbagai operasi. 

c. Machining Centers

Ini adalah mesin CNC yang lebih kompleks yang menggabungkan milling dan turning. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pembubutan akan menjadi fokus bagian ini.

Pembubutan adalah proses di mana mesin bubut pusat digunakan sehubungan dengan rotasi bahan yang akan diputar. Alat pemotong kemudian digerakkan di sepanjang dua sumbu gerakan untuk menghasilkan dimensi yang akurat. 

Menggabungkan putaran dan penggilingan dapat menghasilkan komponen yang sangat presisi. Dan untuk itulah mesin ini digunakan. Namun, karena kerumitan alat berat tersebut, operator harus menjadi spesialis agar dapat beroperasi dengan efisiensi maksimal.

4. Electrical Discharge Machine

Mesin pelepasan listrik (EDM) membuat lubang pada logam dengan memancarkan percikan listrik. Proses ini membutuhkan elektroda, pendingin, sumber daya, dan tangki. Siklus ini dilakukan dengan menghubungkan benda kerja ke satu sisi catu daya dan kemudian menempatkannya di dalam tangki. Elektroda (dibuat dalam bentuk rongga yang diperlukan) kemudian dihubungkan ke sisi lain catu daya.

Tangki kemudian diisi dengan pendingin dan elektroda diturunkan sampai percikan api meloncat di antara pekerjaan dan elektroda. Karena pendingin adalah zat dielektrik (yang menahan arus listrik), diperlukan perbedaan jarak yang lebih kecil agar percikan dapat melewatinya. Ini berarti bahwa ketika percikan muncul, sifat dielektrik telah teratasi. Percikan kemudian mengeluarkan material sehingga menciptakan rongga dalam bentuk elektroda. 

5. Sistem CNC 

Sistem CNC adalah mesin kompleks yang mentransfer dan menyimpan data mengenai mekanisme operasi mesin. Program gerakan mencakup kontrol titik ke titik, kontrol potongan lurus, dan kontrol kontur. 

Pengendalian titik ke titik berarti penguasaan alat-alat dari satu titik ke titik lainnya dalam bidang koordinat. Metode kontrol ini biasa digunakan dalam operasi pengeboran dan pemboran.

Kontrol potongan lurus adalah metode di mana alat digerakkan di semua sumbu mesin. Alat tersebut juga memiliki kemampuan untuk bergerak dengan sudut 45 derajat.

Kontrol kontur adalah sarana untuk membuat jalur alat. Ini memindahkan alat dengan menginterpolasi titik atau koordinat yang membentuk jalur untuk diikuti alat.

Demikianlah uraian artikel tentang Keluarga Mesin CNC. Ikuti blog saya untuk membaca artikel berikutnya terkait dengan mesin CNC ini.

Post a Comment for "Keluarga Mesin CNC"