8 Alasan Penggunaan Panel Surya Sebagai Energi Alternatif

 

8 Alasan Penggunaan Panel Surya Sebagai Energi Alternatif

8 Alasan Penggunaan Panel Surya Sebagai Energi Alternatif - Mungkin Anda merasa senang dengan adanya status quo hari ini. Mungkin Anda merasa semua akan baik-baik saja dan Anda tidak merasa perlu untuk mengubah sistem yang bekerja selama lebih dari satu abad ini. Jika Anda melakukannya, pertimbangkan beberapa manfaat ini untuk tenaga surya dan Anda mungkin hanya mengenali potensinya dalam bentuk cahaya saja dan tidak mengetahui potensi lainnya.

Ada banyak alasan yang menjadi dasar, mengapa seseorang kemudian memutuskan untuk menggunakan panel surya sebagai sumber energi alternatif. 

Berikut ini adalah 8 Alasan Penggunaan Panel Surya Sebagai Energi Alternatif, antara lain:

1. Peduli Dengan Lingkungan Hidup

Mungkin segala sesuatu di dunia baik-baik saja dengan hidup Anda. Hal terakhir yang Anda pedulikan adalah pohon, udara segar, dan air bersih. Air bersih akan muncul setiap kali Anda menyalakan keran, panas menyala ketika dingin, saklar lampu membawa Anda cahaya. Apa yang perlu dikhawatirkan?

Pertimbangkan bahwa ini hanya masalah. Jika Anda tidak peduli dengan lingkungan, keran air di rumah Anda mungkin tidak akan membawa Anda air bersih, panas mungkin tidak menyala dan mobil tentu tidak akan bisa dikendarai. Jika lingkungan tetap bersih dan terjaga kelestariannya, maka semuanya akan terus bekerja dengan baik. Tetapi sebaliknya, jika Anda tidak bersahabat dengan alam dan bahkan merusaknya maka percayalah, segala kenyamanan yang Anda rasakan tidak akan bertahan lama. Semua akan segera pergi menghilang begitu saja.

Salah satu cara untuk mencapai tujuan menjaga semua kenyamanan rumah bekerja dengan baik adalah dengan menggunakan sumber pembangkit listrik lain seperti energi matahari, yang tidak menghasilkan hal-hal jahat yang menghalangi lingkungan melakukan tugasnya. 

Sumber kekuatan saat ini berasal dari fosil ribuan  tahun yang lalu. Kekuatan, panas, dan transportasi yang bertanggung jawab terhadap lingkungan berasal dari makhluk hidup atau berenergi seperti air dan molekul oksigen. 

Matahari dapat diubah menjadi energi listrik dan digunakan untuk menyalakan mobil Anda, memanaskan rumah Anda dan menghasilkan cahaya di rumah Anda. Tetapi untuk membuat prosesnya bekerja, Anda harus dapat melihat matahari, yang berarti merawat lingkungan dan tidak menghalangi jalannya.

2. Penghematan

Salah satu hal terbaik tentang menggunakan energi matahari untuk melakukan tugasnya adalah dapat menghemat uang Anda dalam jangka panjang. Setelah sistem surya dibeli dan dipasang, biayanya akan menjadi lebih murah dalam pengoperasiannya. Diuar negeri, pemerintah mereka bahkan akan membantu membayar biaya di muka untuk menginstal sistem melalui insentif pajak. Selain itu, perusahaan listrik di sebagian besar wilayah diharuskan untuk membayar Anda untuk energi yang telah Anda hasilkan dan tidak digunakan. 

Bagaimana dengan di Indonesia? Keseriusan pemerintah untuk memanfaatkan energi matahari masih perlu di tingkatkan lagi karena saat ini pemerintah belum maksimal dalam melakukannya.

3. Menguntungkan

Dalam kebanyakan kasus, 70% dari belahan bumi utara dapat menghasilkan daya surya yang cukup untuk menjalankan dan memanaskan rumah mereka dengan sistem surya yang ada. Ini berarti bahwa apa pun yang tersisa akan kembali ke jaringan listrik jika Anda memilihnya. Daya ekstra yang Anda butuhkan untuk hari berawan (mendung) dapat disimpan dalam baterai yang semakin efisien. Sebagian besar pengguna saat ini menunjukkan bahwa penggunaan sistem surya hanya membutuhkan sedikit pemikiran dalam manajemen daya.

4. Keluar Dari Ketergatungan Energi

Tergantung pada bagaimana perasaan Anda tentang topik ini, salah satu alasan yang lebih baik untuk menggunakan energi surya (matahari) adalah bahwa Anda dapat keluar dari ketergantungan terhadap kebutuhan energi di rumah Anda. Banyak orang yang tidak menikmati menjadi bagian dari kolektif sosial yang interkonektivitas dari jaringan listrik milik pemerintah. Panel surya akan membawa Anda jauh dari satu aspek komunitas ini dan menempatkan Anda lebih dekat dengan kemandirian terkait dengan kebutuhan energi di rumah Anda.

5. Serbaguna

Meskipun sistem pembangkit listrik tenaga surya saat ini telah datang jauh untuk menyediakan daya, panas dan sejumlah layanan lain, masih ada jalan panjang yang harus dilalui. Ini bukan untuk menunjukkan, bagaimanapun, bahwa tenaga surya saat ini tidak serbaguna dalam bentuk dan fungsinya. 

Panel surya saat ini telah jauh berkembang dan dapat dibentuk menjadi lembaran tipis untuk mobil bertenaga listrik. Mereka telah berkembang dengan sangat pesat, tidak seperti unit-unit panel surya pada era tahun 1970-an. Biaya yang harus dikeluarkan juga turun sangat cepat dan murah. Lembaran panel surya dapat dapat menyimpan energi melalui penggunaan proses yang disebut photovoltaic's.

6. Tanggung Jawab Pribadi

Mempertimbangkan penghematan biaya dan manfaat lingkungan yang dibawa oleh tenaga surya, maka Anda harus mempertimbangkan menggunakannya karena Anda adalah bagian dari tatanan sosial yang lebih besar yang akan berkembang. 

Jika Anda ingin memberikan anak-anak Anda masa depan yang lebih baik untuk melanjutkan spesies manusia berjalan di planet ini, maka tenaga surya adalah salah satu kontribusi kecil yang dapat Anda berikan. Ingatlah bahwa semua hal yang besar selalu dimulai dengan hal yang kecil yang bisa  Anda lakukan.

7. Kembangkan Teknologi Baru

Pria pada dasarnya adalah manusia yang aneh. Bagaimana jika? Memajukan teknologi adalah sifat dasar manusia dan pria sangat menyukainya. Menggunakan solar energi dapat memuaskan masalah lingkungan kita saat ini tetapi juga dapat memenuhi kebutuhan intelektual kita. Jika tenaga surya tidak digunakan, maka teknologi tidak akan maju. Artinya secara intelektual, mengembangkan teknologi panel surya dengan memanfaatkan energi matahari adalah sebuah ide yang bagus.

8. Meninggalkan Dunia Menjadi Tempat Yang Lebih Baik

Sepanjang waktu manusia telah menemukan cara untuk mengacaukan planet dalam berbagai macam cara. Sebagian besar waktu, manusia telah menjadi kacau karena ketidaktahuan atau tidak adanya niat baik untuk memelihara kelestarian alam. 

Menggunakan solar energi, saat ini, tampaknya menjadi salah satu niat baik itu. Ini mungkin berakhir menjadi hal yang buruk 200 tahun lagi, tapi untuk saat ini, itu mungkin satu-satunya cara untuk meninggalkan dunia ini menjadi sedikit lebih baik dikemudian hari bagi anak cucu kita.

Demikianlah uraian artikel tentang 8 Alasan Penggunaan Panel Surya Sebagai Energi Alternatif. Semoga artikel ini bis menjadi inspirasi Anda untuk mulai melakukan penghematan energi di rumah Anda dengan menggunakan sumber - sumber energi alternatif.

0 Response to "8 Alasan Penggunaan Panel Surya Sebagai Energi Alternatif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel