Keuntungan Energi Matahari (Solar Energy) Bagi Kita


Keuntungan Energi Matahari (Solar Energy) Bagi Kita
image via freepik

Keuntungan Energi Matahari (Solar Energy) Bagi Kita

Energi surya atau energi Matahari akan menguntungkan banyak orang dan bukan hanya orang kaya saja melainkan juga orang miskin. Inilah sebabnya mengapa pemerintah telah meningkatkan pendanaan untuk mengembangkan riset tentang teknologi ini karena mereka menyadari bahwa energi Matahari sangat  banyak manfaatnya. 

Energi surya atau energi Matahari relatif sangat murah dibandingkan dengan teknologi lainnya. Energi Matahari juga merupakan jenis energi terbarukan dan tidak seperti batubara atau minyak yang berasal dari fosil yang tidak terbarukan dan sulit untuk mempertahankannya. 

Penggunaan energi Matahari juga  dapat meningkatkan kesehatan kita karena tidak menghasilkan emisi karbon dioksida, dan tidak seperti lampu minyak tanah yang memberikan asap yang cukup berbahaya bagi kesehatan kita. Ini juga mengurangi insiden kebakaran yang sering dikaitkan dengan penggunaan minyak tanah, lilin, bahan bakar diesel dan bensin untuk menggerakkan generator.  

Energi matahari hampir tanpa bisaya alias gratis karena sel-sel surya yang telah terpasang dan digunakan akan bertahan selama 20 tahun atau lebih sebelum nantinya harus diganti. Anda hanya perlu menjaga panel surya tetap bersih sehingga mampu menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi listrik. 

Ini juga sangat berguna di lokasi yang jauh dan berada di pedalaman dimana jaringan listrik belum tersedia. Beberapa contoh ini termasuk rumah-rumah ikan, tanda-tanda jalan raya, lampu mercusuar, lampu jauh dan telekomunikasi. 

Jika negara-negara di dunia ini fokus pada energi surya dan teknik terbarukan lainnya, maka mereka akan dapat menghemat cadangan devisa mereka karena mereka tidak lagi harus menggunakannya untuk membayar bahan bakar minyak kepada pihak asing.  Uang ini kemudian dapat digunakan untuk hal-hal lain seperti perawatan kesehatan, penelitian, pembangunan infrastruktur dan pendidikan.

Keuntungan Energi Matahari (Solar Energy) Bagi Kita
image via freepik

Beberapa Manfaat Dari Energi Matahari

Energi matahari juga akan mengurangi tagihan listrik Anda karena Anda tak lagi tergantung pada listrik yang dihasilkan dari pembangkit listrik. Satu-satunya kekurangan untuk energi surya ini adalah biaya pemasangan di awal yang lumayan mahal. 

Anda memang harus membeli banyak panel surya dengan harga yang cukup mahal, tetapi itu adalah untuk penggunaan dalam jangka panjang, dan Anda akan dapat menyimpan uang lebih banyak karena Anda tidak perlu membayar tagihan listrik lagi. Jika biaya pembelian panel (sel) surya berada di luar anggaran Anda, maka Anda mungkin dapat berinvestasi dengan membeli panel bekas dan kemudian mencoba untuk menggantinya dengan panel surya yang baru di kemudian hari. 

Manfaat lain dari penggunaan energi surya adalah bahwa Anda bisa menghemat bahan bakar fosil dan sumber daya alam lainnya dan menjaga kelangsungan hidup generasi di masa depan. 

Jadi, haruskah orang - orang beralih ke energi surya (Matahari)? Jawabannya adalah iya, karena itu sangat aman, murah dan baik untuk lingkungan hidup kita. Anda hanya perlu khawatir ketika matahari tidak bersinar karena ketika ini terjadi, maka sinar dari matahari tidak akan dapat menghasilkan listrik sehingga Anda harus mencari cara lain untuk mendapatkan listrik cadangan. Hal yang sama juga terjadi ketika ada pemadaman aliran listrik karena Anda akan segera kehilangan daya listrik dan tidak bisa melakukan apa - apa.

Permintaan kebutuhan panel energi surya (Matahari) terus meningkat. Selain dapat mengurangi tagihan listrik Anda, pemilik rumah yang menggunakan energi surya juga telah menjaga kelangsungan populasi manusia di masa depan.

Itulah uraian artikel tentang Keuntungan Energi Matahari (Solar Energy) Bagi Kita. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

3 Responses to "Keuntungan Energi Matahari (Solar Energy) Bagi Kita"

  1. Overabundance power is then taken care of into the network, turning the electric meter in reverse, rather than being put away in a battery. Zonnepanelen kopen

    ReplyDelete
  2. This isn't reasonable on the residents' part. This is on the grounds that the greater part of them battle to make a decent living. Zonnepanelen kopen

    ReplyDelete
  3. Simple to-follow data permits any do-it-without anyone else's help property holder, with fundamental development abilities, to supplant their bought regular electrical framework with home photovoltaic solar force. Installateurs zonnepanelen

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel