Tahukah Anda Siapa Nikola Tesla?


Tahukah Anda Siapa Nikola Tesla?
image via pixabay

Siapakah Nikola Tesla? 

Anda mungkin berpikir bahwa Thomas Alva Edison adalah penemu listrik seperti yang sering Anda dengar dan Anda dapatkan dari pelajaran yang Anda terima di sekolah, namun apakah Anda tahu bahwa dia sesungguhnya hanya menemukan arus langsung (direct current) listrik?  Ternyata ada orang lain dyang bernama Nikola Tesla yang pertama kali menemukan arus listrik bolak-balik (Alternating Current) yang Anda gunakan setiap hari. Siapakah sesungguhnya Nikola Tesla dan mengapa Anda tidak pernah mendengar tentang dia selama ini?

Nikola Tesla lahir pada tanggal 9 Juli 1856, di sebuah desa yang sangat kecil yang bernama Smiljan, di provinsi Lika, Kroasia. Anda mungkin tidak tahu siapa orang ini, tapi dialah orang yang menemukan teori listrik yang kita dan Anda gunakan hari ini.

Nikola Tesla menyelesaikan sekolah dasarnya di Kroasia.  Ia kemudian melanjutkan pendidikannya di Sekolah Politeknik di Graz dan menyelesaikan pendidikannya di Universitas Praha. Kalu dia bekerja sebagai insinyur Listrik di Jerman, Hongaria dan Perancis, sebelum akhirnya pergi ke Amerika Serikat pada tahun 1884 sebagai imigran.  

Ketika Tesla tiba di New York, dia dengan cepat mendapatkan pekerjaan dengan Thomas Alva Edison. Tesla bekerja untuk Edison selama bertahun-tahun sampai akhirnya ada perbedaan dalam metode dan pemikiran mereka yang akhirnya memisahkan keduanya pada tahun 1885. 

Ada dua perbedaan utama tentang mereka berdua, salah satunya adalah bahwa Edison percaya bahwa DC (Arus Langsung) adalah kekuatan dimasa depan. Tesla telah bekerja pada AC (Arus bolak-balik)  yang merupakan kekuatan yang kita miliki hari ini.   Setelah Tesla meninggalkan laboratorium milik Edison, George Westinghouse, pendiri Westinghouse Electric Company, kemudian membeli hak paten untuk sistem Tesla.

Ada banyak keuntungan yang kita dapatkan, baik dari arus bolak-balik Tesla maupun arus langsung Edison. Keuntungan tersebut kemudian menjadi lazim ketika Westinghouse menggunakan arus bolak-balik Tesla untuk menyalakan World Columbian Exposition di Chicago pada tahun 1893. Setelah inilah orang-orang mulai menyadari jenis kemampuan listrik yang luar biasa ini.

Tesla mendirikan laboratorium di New York City pada tahun 1887. Eksperimen listriknya berkisar dari eksplorasi resonansi listrik dan banyak studi tentang berbagai sistem pencahayaan. Untuk menenangkan masyarakat tentang keamanan sistem daya Tesla, dia kemudian berencana untuk mengadakan pameran listrik ciptaannya di laboratoriumnya.  Dia akan menyalakan bola lampu tanpa kabel yang memungkinkan listrik mengalir melalui tubuhnya dalam cahaya dan percikan api yang spektakuler.

Tesla kemudian menjadi warga negara Amerika Serikat pada tahun 1891. Kekuatan kreatifnya berada di puncaknya saat itu.  Dia bekerja dan mengembangkan banyak hal termasuk motor induksi, jenis generator dan transformator baru.  Dia juga mengembangkan sistem yang mengirimkan arus AC-nya.  Ada begitu banyak hal yang Anda gunakan hari ini dimana hal tersebut telah dibuat oleh Tesla sebelumnya.  

Contohnya adalah lampu yang kita gunakan untuk menghemat energi, lampu neon juga salah satu penemuannya.  Tesla memiliki banyak minat dalam daya listrik.  Tesla terkenal karena metode transmisi daya nirkabel, yakni kumparan Tesla. Dia membayangkan bahwa dia akan mengirimkan kekuasaan langsung melalui udara kepada pengguna secara gratis.  

Sangat menakjubkan dan benar-benar sebuah ide dan terobosan yang sangat spektakuler darinya.  Dia mulai membangun menara transmisi daya nirkabel pada tahun 1900.  Proyek ini ditinggalkan karena kurangnya dukungan keuangan.  Tesla segera mengubah kejeniusannya ke penemuan lain, seperti turbin pembangkit listrik.  Dia terus memiliki banyak masalah dengan dukungan keuangannya dan banyak ide-idenya yang kemudian hanya dia simpan. 

Tahukah Anda Siapa Nikola Tesla?
image via pixabay

Nikola Tesla adalah salah satu tokoh penemu favorit saya.  Dia memiliki listrik yang mengalir melalui darahnya.  Dia menemukan begitu banyak hal yang kita ambil begitu saja hari ini. Dia melangkah begitu jauh di masa depan.  Kita mungkin hanya mengetahui bahwa Edison adalah penemu besar, tetapi Edison dan banyak orang lain mengambil ide-ide Tesla dan dieksploitasi oleh mereka untuk hal-hal yang kita miliki hari ini dan untuk keuntungan mereka sendiri. 

Kita sekarang telah mengetahui siapa orang ini dan mengapa dia begitu layak untuk kita hormati. Banyak Insinyur listrik yang sampai hari ini masih mempelajari catatan Tesla untuk menemukan ide yang dapat dieksploitasi dan diuraikan hari ini.

Nikola Tesla meninggal di New York pada 7 Januari 1943. Ada banyak informasi tentang Nikola Tesla yang tersedia di internet. Saya hanyalah menuliskan sekilas tentang biografi tokoh spektakuler ini.  Luangkan waktu dan mencari dan membacanya, dan percayalah Anda akan di buat kagum olehnya.

Tesla paling banyak dihubungkan dengan Tesla Coil-nya.  Kumparan ini akan memberikan daya melalui udara dengan banyak tegangan, seperti baut pencahayaan.

Demikianlah uraian artikel tentang Nikola Tesla. Semoga bermanfaat dan berguna untuk Anda. Dengan begitu bergharganya hasil penemuannya maka sudah selayaknya kita memberikan penghargaan  atas segala karya besar yang duhasilkannya.

0 Response to "Tahukah Anda Siapa Nikola Tesla? "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel