Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tempat Unik yang Tidak Bisa Dijelaskan Para Ilmuwan

scrared-place-on-earth

Ada tujuh tempat di Bumi yang belum dijelaskan sains. Menjelajahi luar angkasa memang luar biasa, tetapi bagaimana jika ada tempat di Bumi ini yang sama menakjubkan dan mencengangkan? Beruntung bagi Anda, Anda tinggal di planet Bumi, tempat yang menyimpan rahasia yang begitu liar dan membingungkan bahkan para ilmuwan pun tidak selalu dapat menjelaskannya. Bersiaplah untuk takjub saat Anda mempelajari tentang tujuh misteri dan fenomena dunia yang paling sulit dipercaya. 

7 Tempat Unik yang Tidak Bisa Dijelaskan Para Ilmuwan

1. Air Terjun Ketel Setan

Terletak di Minnesota, AS, air terjun cantik ini awalnya tampak seperti air terjun biasa. Namun, yang membuatnya menarik adalah ia memiliki dua badan air terjun yang terpisah. Di satu sisi ada air yang jatuh ke badan air lain, Danau Superior, sementara di sisi lain ada air yang jatuh langsung ke lubang alami yang sangat besar di tanah. 

Bagian misteriusnya adalah ke mana air ini mengarah. Meskipun orang menjatuhkan tongkat dan benda lain ke air terjun yang menghilang, mereka tidak pernah melihat barang mereka muncul kembali di hilir.

Dulu, para ilmuwan mencoba memecahkan misteri tersebut dengan melakukan tes. Mereka melepaskan pewarna ke air terjun dan bahkan menjatuhkan bola ping-pong dalam jumlah besar ke sana. Namun, mereka tidak pernah menemukan jejak pewarna di perairan terdekat. Jadi, kemana perginya air ini? 

Sebagian besar akan setuju bahwa itu harus pergi ke suatu tempat, mungkin di bawah tanah. Tetapi jika itu masalahnya, bukankah itu harus muncul kembali di suatu tempat? Para ilmuwan masih berusaha mengungkap teka-teki ini.

2. Stonehenge

stonehenge-inggris

Jika Anda melakukan perjalanan sekitar delapan mil ke utara Salisbury di Inggris ke tempat yang disebut Dataran Salisbury, Anda akan menyaksikan turis menatap dengan kagum pada Stonehenge yang megah. Formasi batu prasejarah ini telah menempati lokasi ini selama ribuan tahun, sebagaimana dinyatakan oleh Encyclopedia Britannica. Stonehenge dibangun dalam enam tahap antara tahun 3015 dan 20 SM. Namun apa yang membuat kumpulan bebatuan raksasa begitu mempesona? Yah, ada cukup banyak.

Di era modern kita, kita memiliki mesin yang dapat membantu kita mengangkat material berat untuk membangun gedung dan monumen yang sangat besar. Namun, pada saat Stonehenge dibangun, tidak ada teknologi seperti itu. Jadi bagaimana mereka berhasil mengangkat batu dengan berat antara empat hingga tiga puluh tujuh ton, atau bahkan lebih? Selain itu, mengapa mereka bersusah payah melakukannya?

Para arkeolog telah mengemukakan banyak teori untuk menjelaskan fenomena ini. Beberapa berspekulasi bahwa pembangun Stonehenge menggunakan kereta luncur, roller, dan perahu untuk mengangkut batu. Yang lain berhipotesis bahwa sistem tuas berbobot digunakan dalam konstruksinya. Sementara banyak dari teori-teori ini tampaknya masuk akal sampai batas tertentu, tidak ada jawaban pasti yang ditemukan hingga hari ini, dan mungkin tidak akan pernah ada.

3. Lampu Menari di Langit

Jika Anda menyaksikan lampu menari di langit, menurut Anda apa itu? Alien datang ke Bumi? Bintang jatuh? Nah, penduduk Lembah Tanah Hestia di Norwegia telah bergulat dengan pertanyaan membara ini setiap malam. Lampu berwarna cerah menerangi langit Lembah Lin, muncul dalam berbagai warna dan bentuk selama empat dekade terakhir, dan bahkan mungkin lebih lama lagi. Fenomena ini terus membingungkan para ilmuwan.

Menurut beberapa teori, cahaya ini dapat dikaitkan dengan danau radioaktif terdekat yang memancarkan partikel yang menerangi udara saat menguap. Ilmuwan lain percaya bahwa dasar lembah mengandung asam sulfat dalam jumlah yang signifikan. Ketika bersentuhan dengan air, itu menyebabkan percikan api muncul di langit. 

Terlepas dari berbagai spekulasi tentang mengapa kota ini mendapatkan pertunjukan cahayanya sendiri setiap malam, para ilmuwan belum memberikan jawaban yang pasti. Untuk saat ini, warga harus duduk santai dan menikmati pertunjukan gratis tersebut.

4. Sungai Amazon yang Mendidih

boiling-river-amazon

Meskipun bersantai di jacuzzi bisa sangat membuat rileks, ada genangan air panas di hutan Amazon yang membawa semuanya ke tingkat yang sama sekali baru. Jauh di dalam hutan Amazon, terdapat sungai di wilayah Bibiku Aku yang memiliki suhu yang sangat panas sehingga siapa pun atau apa pun yang jatuh ke dalamnya akan mendidih hidup-hidup dari dalam ke luar. Ya, sungai ini mengalir pada suhu 196 derajat Fahrenheit yang luar biasa. Itu sangat panas!

Penduduk setempat di daerah tersebut menggunakan air untuk menyeduh teh dan terkadang bahkan memasak dengan air tersebut. Suhu tinggi sungai ini sangat menarik. Apa yang membuat fenomena alam ini menjadi misteri adalah fakta bahwa tidak ada yang tahu apa yang menyebabkan air menjadi begitu panas. 

Ahli geofisika Andres Rizzo menjelaskan bahwa air mendidih biasanya diasosiasikan dengan gunung berapi aktif atau sistem magmatik, seperti Jalur Sungai Mendidih di Taman Nasional Yellowstone, AS. Namun, di kota Bibiku Aku, tidak ada gunung berapi aktif dalam radius 400 mil. Jadi apa yang menyebabkan kenaikan suhu yang begitu drastis?

Selama berabad-abad, penduduk kota ini percaya bahwa sungai tersebut memiliki kekuatan penyembuhan magis dan menggunakannya untuk tujuan spiritual dan pengobatan. Rizzo berspekulasi bahwa air panas bumi mengalir dari retakan di bumi, meningkatkan suhu sungai. 

Namun, teori ini masih harus dibuktikan secara ilmiah. Sementara itu, jika seseorang yang berburu hewan secara ilegal tidak sengaja jatuh ke sungai dan mendidih hidup-hidup, kita akan mendapatkan "pemburu liar". Maaf, saya tidak bisa menahan diri untuk membuat permainan kata itu.

5. Gundukan Berongga

Tahukah Anda bahwa ada tempat di Bumi dengan ekosistem dan atmosfernya sendiri yang menyerupai planet lain? Nah, bersiaplah untuk takjub! Temui Gua Movile, yang terletak di tenggara Rumania. Gua yang luar biasa ini tetap tersegel dalam kegelapan total selama 5,5 juta tahun yang mencengangkan. Baru setelah para pekerja menemukannya saat mencari lokasi untuk membangun, keberadaan gua tersebut diketahui.

Para ilmuwan memutuskan untuk mengukir bukaan ke dalam gua dan apa yang mereka temukan di dalamnya sangat mengejutkan. Mereka menemukan ekosistem yang sepenuhnya berkelanjutan berkembang di kedalamannya. 

Saat mereka menjelajah lebih dalam melalui banyak terowongan, mereka menemukan danau air belerang yang mengeluarkan bau menyengat yang mengingatkan pada telur busuk. Udara di dalam gua dipenuhi dengan hidrogen sulfida dan mengandung karbon dioksida 100 kali lebih banyak daripada atmosfer Bumi. Tak perlu dikatakan, udara ini benar-benar beracun.

Tapi inilah bagian yang lebih mencengangkan: ekosistem yang beragam telah tumbuh subur di dalam gua ini, menampung 33 spesies yang tidak dapat ditemukan di tempat lain di Bumi. Gua Movile memberi kita gambaran sekilas tentang apa yang berpotensi ada di planet lain dengan atmosfer yang sama sekali berbeda. Fakta bahwa gua ini berhasil mempertahankan dirinya sendiri di Bumi untuk waktu yang lama tanpa ada yang mengetahuinya benar-benar tidak dapat dipercaya, bukan?

6. Lingkaran di Namibia

Gurun Namibia penuh dengan gajah, ular, antelop, dan sesuatu yang lebih menarik: ratusan lingkaran yang ditempatkan secara merata. Tunggu apa? Di padang pasir yang panas terik ini, dimana beragam satwa liar tumbuh subur, terdapat padang rumput yang dihiasi lubang-lubang berjarak sempurna yang membentuk lingkaran misterius ini. Lingkaran ini hampir bulat sempurna dan ukurannya bervariasi dari 10 hingga 65 kaki dengan diameter.

Selama bertahun-tahun, banyak ilmuwan telah mengajukan teori untuk menjelaskan penampakan lingkaran ini, bukan bentuk lain yang lebih acak. Pada tahun 2013, ilmuwan lingkungan Norbert Jürgens berhipotesis bahwa rayap bertanggung jawab untuk menciptakan lingkaran ini. Namun, seperti hipotesis sebelumnya, hal itu kemudian dibantah. 

Meskipun pemandangan lingkaran ini mungkin tampak seperti adegan langsung dari film menegangkan "Signs" karya M. Night Shyamalan, ini memang fenomena nyata. Namun, terlepas dari penelitian ekstensif, tidak ada yang mampu mengungkap misteri di balik pembentukan mereka.

7. Badai Petir di Venezuela Barat

Badai petir tidak dapat disangkal menarik. Mereka menerangi langit, menanamkan energi khusus dan menggembirakan ke udara. Biasanya, badai ini berakhir, dan kehidupan kembali ke jalur normalnya. Namun, di Venezuela barat, di atas muara Sungai Catatumbo, terdapat badai petir yang tampaknya memiliki energi baterai Energizer yang tiada habisnya. Itu terus berjalan dan terus berjalan.

Sekali jam 7 malam. tiba, badai petir memulai tampilan tanpa henti, berlangsung selama 10 jam setiap malam sepanjang tahun. Menambah kekhasan badai yang sedang berlangsung ini, ada suatu malam di tahun 2010 ketika badai tiba-tiba berhenti di tengah malam, tidak kembali selama enam minggu yang luar biasa.

Banyak teori telah diajukan dalam upaya untuk menjelaskan fenomena aneh ini. Baru-baru ini, para ilmuwan berspekulasi bahwa pegunungan di sekitarnya, yang mengalirkan angin hangat dari Laut Karibia, berperan dalam membentuk badai ini. Pola angin yang rumit, kombinasi udara hangat dan sejuk yang turun dari Pegunungan Andes, bertabrakan dan naik, menciptakan awan badai—manifestasi harfiah dari badai yang sempurna.

Bukankah itu menarik? Apa kamu punya teori tentang tempat-tempat misterius yang disebutkan di artikel ini?

Posting Komentar untuk " 7 Tempat Unik yang Tidak Bisa Dijelaskan Para Ilmuwan"