Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daya Dukung Lingkungan pada Sumber Daya Alam

Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah. Minyak bumi, mineral, barang tambang, hutan tropis, gas alam dan lautan merupakan beberapa jenis kekayaan sumber daya alam yang dimiliki oleh Indonesia. Sumber daya alam Indonesia dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. 

Pemanfaatan sumber daya alam harus diiringi dengan daya dukung lingkungan. Pemanfaatan sumber daya alam dilakukan oleh pihak swasta bersama dengan pemerintah untuk meningkatkan perekonomian rakyat Indonesia.

Pengertian Sumber Daya Alam

Yang dimaksud dengan sumber daya alam adalah segala sesuatu berupa kekayaan dari alam dan dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan manusia. Pemanfaatan sumber daya alam harus disertai dengan daya dukung lingkungan agar sumber daya alam tidak lekas punah. Sumber daya alam terbagi dalam sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam akan selalu ada meskipun telah digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Yang termasuk dalam sumber daya alam dapat diperbaharui yaitu hewan, tumbuhan, sinar matahari dan air. Penggunaan sumber daya alam ini tetap harus seefisien mungkin meskipun dapat diperbaharui agar keberadaan sumber daya alam terus ada dan berkelanjutan.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam dapat habis dengan cepat dan jumlahnya sangat terbatas. Sumber daya alam ini cepat habis jika tidak digunakan secara efisien karena proses pembentukannya sangat lama daripada penggunaannya. Yang termasuk dalam sumber daya tidak dapat diperbaharui yaitu minyak bumi, gas alam dan bahan mineral.

Pemeliharaan Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup harus dipelihara dengan sebaik-baiknya agar dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Pemanfaatan lingkungan hidup terutama sumber daya alam harus seefisien mungkin agar lingkungan hidup tidak rusak dan sumber daya alam tidak lekas punah. Pemeliharaan dan pemanfaatan lingkungan hidup sebagai sumber daya alam dilakukan secara rasional agar memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kehidupan manusia.

Sebenarnya, lingkungan mempunyai kemampuan secara alami untuk memulihkan keadaan yang tidak sesuai agar selalu terjaga keseimbangannya dengan kebutuhan manusia. Kemampuan lingkungan secara alamiah ini dapat terjadi dengan syarat tidak dilakukan paksaan-paksaan yang terlalu ekstrem pada lingkungan.

Jika terjadi paksaan secara ekstrem maka lingkungan tidak dapat melakukan pemulihan untuk menjaga keseimbangannya. Misal dengan adanya pencemaran yang terus-menerus dan akan terakumulasi di lingkungan tersebut. Akumulasi dari bahan pencemar ini mengakibatkan perubahan pada kualitas lingkungan karena lingkungan tidak dapat melakukan penetralan sebagai kemampuannya secara alamiah.

Pemeliharaan dan pemanfaatan lingkungan hidup dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:

  • Memanfaatkan sumber daya alam secara efisien dan menghindari eksploitasi berlebihan terutama untuk sumber daya yang tidak dapat diperbaharui.
  • Melakukan pengembangan metode pertambangan dan proses bahan tambang secara lebih efisien serta kemungkinannya untuk dapat didaur ulang.
  • Penggunaan bahan pengganti terutama untuk pemakaian sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.
  • Melakukan etika untuk lingkungan dengan cara menjaga pelestarian alam.

Daya Dukungan Terhadap Lingkungan

Yang dimaksud dengan daya dukung lingkungan yaitu segala kemampuan dari lingkungan untuk selalu mendukung kehidupan makhluk hidup meliputi tersedianya sumber daya alam dalam pemenuhan kebutuhan dasar dan ketersediaan ruang untuk kehidupan sosial pada tingkatan yang stabil. 

Daya dukungan terhadap lingkungan di setiap wilayah akan berbeda karena terdapat perbedaan jumlah sumber daya alam. Pemanfaatan sumber daya alam harus terus dijaga secara efisien dengan tidak melakukan eksploitasi secara sewenang-wenang agar sumber daya alam tetap berkelanjutan.

Untuk mengetahui tingkat sumber daya yang berlanjut dan lingkungannya dilakukan dengan cara membandingkan antara luas lahan yang produktif dengan kebutuhan kehidupan manusia. Sehingga daya dukung terhadap lingkungan dapat juga diartikan sebagai kemampuan dari lingkungan untuk mendukung kehidupan manusia pada suatu wilayah secara optimal dalam jangka yang panjang. 

Daya dukungan terhadap lingkungan berkaitan dengan komponen kapasitas penyediaan dan kapasitas penampungan limbah.

Penentuan Daya Dukungan Terhadap Lingkungan

Daya dukung lingkungan sangat berkaitan dengan kemampuan lahan suatu wilayah untuk menyediakan kebutuhan dari penduduk setempat. Kapasitas dari sumber daya alam tergantung dari ketersediaan, kemampuan dan kebutuhan suatu lahan.

Hasil penentuan yang diperoleh dari daya dukung terhadap lingkungan dapat dijadikan sebagai pedoman untuk menyusun tata ruang di wilayah tertentu. Penyusunan tata ruang suatu wilayah harus memperhatikan beberapa aspek yang berkaitan yaitu ekologi, efisiensi pemanfaatan ruang, efisiensi keefektifan ruang dan pengelolaan. 

Pengelolaan dalam penyusunan tata ruang wilayah dilakukan dengan kerjasama antar daerah karena daya dukung terhadap lingkungan tidak dapat dibatasi oleh peraturan administratif.

Ada tiga pendekatan yang dapat dilakukan untuk menentukan daya dukung terhadap lingkungan yaitu:

1. Kemampuan dari lahan untuk dimanfaatkan sebagai penyediaan kebutuhan manusia. Pemanfaatan lahan harus disesuaikan dengan kemampuan lahan. Pemanfaatan lahan di suatu wilayah harus disesuaikan dengan kapasitas dari sumber daya alam dan lingkungan hidup. 

2. Perbandingan antara ketersediaan air dengan kebutuhan air. Perbandingan antara ketersediaan air dengan kebutuhan air dapat menentukan kelebihan atau kekurangan air di suatu wilayah untuk mendukung manfaatnya bagi kehidupan manusia di sekitarnya.

3. Perbandingan antara ketersediaan lahan dengan kebutuhan lahan. Perbandingan antara ketersediaan lahan dengan kebutuhan lahan dapat menentukan kelebihan atau kekurangan lahan di suatu wilayah untuk mendukung pemanfaatannya bagi kehidupan manusia di sekitarnya.

Tanggung Jawab Daya Dukung Terhadap Lingkungan

Pemeliharaan dan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber daya alam tidak dapat dilakukan oleh satu pihak saja. Pemanfaatan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan manusia tidak boleh mengindahkan etika lingkungan. Lingkungan dapat dimanfaatkan untuk sebesar-besarnya kebutuhan masyarakat di sekitarnya namun tidak boleh dilupakan bahwa lingkungan juga harus diperbaharui lagi agar pemanfaatan lingkungan dapat berkelanjutan.

Pemeliharaan terhadap lingkungan dilakukan oleh masyarakat, swasta dan pemerintah. Semua pihak dapat bekerja bersama-sama untuk memelihara dan melestarikan lingkungan.

Pelestarian lingkungan dilakukan dengan hal yang kecil terlebih dahulu seperti tidak membuang sampah sembarangan. Sampah yang tidak dapat terurai seperti plastik tidak mendukung terhadap pelestarian lingkungan. Limbah yang dibuang dan dapat mencemari lingkungan sebaiknya dihindari. Penggunaan komponen-komponen yang lebih ramah terhadap lingkungan akan membantu menjaga lingkungan agar tetap hidup.

Pengetahuan tentang lingkungan dan pemanfaatannya dapat dilakukan di sekolah-sekolah. Anak-anak usia sekolah menjadi lebih memahami tentang pemanfaatan sumber daya alam dan pelestarian lingkungan. 

Pengetahuan tentang lingkungan juga dapat dilakukan melalui kebiasaan yang diterapkan di keluarga. Orang tua yang memberikan contoh untuk menyayangi lingkungannya akan ditiru oleh anak-anak. Melestarikan lingkungan tidak hanya secara global tetapi dapat dilakukan di lingkungan yang terdekatnya terlebih dahulu seperti keluarga dan masyarakat.

Indonesia yang sangat kaya sumber daya alam membutuhkan kesadaran dari semua pihak untuk memanfaatkannya seefisien mungkin. Pemanfaatan sumber daya alam juga tidak boleh melupakan pelestariannya. Daya dukung lingkungan terhadap pelestarian sumber daya alam merupakan bagian yang terpenting dalam pemanfaatan lingkungan.

Posting Komentar untuk " Daya Dukung Lingkungan pada Sumber Daya Alam"