Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penemu Compact Disc

Compact Disc
credit image : flickr.com

Apa itu Compact Disc (CD)?

Compact disc, atau CD, adalah format penyimpanan data cakram optik digital yang ditemukan pada akhir 1970-an dan awal 1980-an. Ini digunakan untuk menyimpan dan memutar audio, video, dan jenis data lainnya. CD terbuat dari substrat plastik polikarbonat dengan lapisan reflektif yang terbuat dari aluminium, perak, atau emas. 

Mereka seukuran piringan hitam dan dapat menampung hingga sekitar 80 menit audio. CD dibaca oleh laser dan diputar ulang pada pemutar CD, yang menggunakan laser untuk membaca data pada CD dan mengubahnya menjadi sinyal audio. CD dikenal dengan kualitas dan daya tahan audio yang tinggi dibandingkan dengan format penyimpanan audio lainnya pada masa itu, seperti kaset dan piringan hitam.

Sejarah Singkat Teknologi CD

Konsep menggunakan laser untuk membaca dan menulis data digital pada disk pertama kali diusulkan pada akhir 1960-an, tetapi baru pada tahun 1970-an teknologi tersebut cukup berkembang untuk menjadi praktis untuk penggunaan komersial.

Pada tahun 1978, prototipe CD pertama dibuat oleh James T. Russell, seorang penemu Amerika, dan timnya di perusahaan Polygram. Prototipe didemonstrasikan kepada publik pada tahun 1979 dan CD komersial pertama dirilis pada tahun 1982 oleh Sony dan Philips, perusahaan yang telah mendukung pengembangan teknologi CD.

CD dengan cepat mendapatkan popularitas pada 1980-an dan 1990-an sebagai format penyimpanan audio berkualitas tinggi, dan menjadi standar untuk musik dan rekaman audio lainnya. CD juga menemukan penggunaan di industri lain, seperti penyimpanan data komputer dan perangkat lunak.

Pada abad ke-21, popularitas CD menurun karena maraknya layanan streaming musik digital, namun CD masih banyak digunakan untuk pemutaran audio dan penyimpanan data.

Penemu Compact Disc

Penemu compact disc adalah James T. Russell dari Bremerton, Washington.

CD-ROM dan semua yang dimaksudkan untuk musik dan penggunaan komputer semuanya dapat dikreditkan kepadanya.

Russell lahir pada tahun 1931 dan mulai menciptakan banyak hal dengan segera. Pada usia enam tahun dia membangun kapal perang yang dikendalikan dari jarak jauh dengan ruang penyimpanan untuk makan siangnya. Dia lulus dari Reed College di Portland, Oregon dengan gelar BA di bidang Fisika pada tahun 1953. Dari sana dia mulai bekerja di Richland, Washington sebagai Fisikawan untuk General Electric.

Dalam pekerjaan nyata pertamanya James T. Russell memulai banyak proyek baru dan membangun tukang las berkas elektron pertama. Battelle Memorial Institute membuka laboratorium pertamanya di Pacific Northwest pada tahun 1965 dan menjadikan Russell sebagai ilmuwan senior. Dia sudah memiliki ide penemuan baru yang ingin dia kejar.

Russell suka mendengarkan musik, dan seperti banyak orang lainnya, dia frustasi dengan keausan yang pada akhirnya diderita oleh semua piringan hitam. Ia juga ingin meningkatkan kualitas suara dari album-album yang disukainya. Salah satu eksperimen awalnya melibatkan penggunaan jarum kaktus untuk memutar rekaman. Suatu sore di rumahnya, dia mulai membuat sketsa ide yang sangat menakjubkan.

Russell mulai mengerjakan ide untuk sistem yang akan merekam dan memutar suara tanpa jarum atau bagian lain yang menyentuh permukaan disk. Ide penemuan barunya melibatkan penggunaan cahaya untuk membaca cakram. 

Dia tahu bahwa jika dia bisa mewakili biner 0 dan 1 dengan terang dan gelap, dia bisa membuat perangkat yang bisa membaca isi disk tanpa keausan. Russell juga percaya bahwa jika dia dapat membuat kode-kode tersebut cukup kecil, dia dapat menyimpan sejumlah besar informasi atau musik pada sebuah disk kecil.

Pengacara paten penemuannya harus senang ketika penemu compact disc akhirnya berhasil setelah beberapa tahun mengerjakan proyek tersebut. Laboratorium mengizinkannya menghabiskan waktu untuk proyek tersebut, dan pada tahun 1970 James T. Russell menerima patennya untuk sistem perekaman dan pemutaran digital ke optik pertama. Ini adalah compact disc pertama.

James awalnya berencana membuat compact disc cukup kecil untuk muat di saku baju, awalnya sedikit lebih besar dari itu. Dia terus bekerja menyempurnakan CD-ROM dan mengadaptasinya ke segala bentuk data. 

Cukup mengejutkan, penemu compact disc kesulitan menemukan orang yang mau berinvestasi dalam penemuannya. Dia melanjutkan, dan akhirnya Sony dan beberapa perusahaan audio lainnya membeli lisensi setelah mereka mulai menyadari kemungkinannya.

Russell mengklaim memiliki satu demi satu ide penemuan baru yang tersimpan dalam pikirannya, tetapi dia tidak punya waktu untuk mengejarnya. Demi kita semua, saya harap dia menemukan lebih banyak waktu.

Penemuan CD oleh Russell merevolusi industri musik dan berdampak signifikan pada penyimpanan dan pemutaran data digital di bidang lain. Dia telah menerima banyak penghargaan dan kehormatan untuk karyanya, termasuk National Medal of Technology and Innovation, yang diberikan oleh Presiden Barack Obama pada tahun 2010.

Posting Komentar untuk " Penemu Compact Disc"