Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dua Penemuan Penting Benjamin Franklin

Quotes Benjamin Franklin
credit image:flickr.com

Eksperimen Listrik Benjamin Franklin

Ketika Anda berpikir tentang eksperimen listrik Benjamin Franklin, Anda berpikir tentang dia menerbangkan layang-layang di tengah badai petir, tetapi ada lebih banyak cerita.

Fakta menarik tentang Benjamin Franklin adalah dia menemukan banyak hal berbeda selama hidupnya, tetapi tidak mematenkan penemuannya. Meskipun dia tidak peduli untuk mengklaim haknya sebagai penemu barang-barang ini, seperti bifokal, kompor Franklin, armonika, penangkal petir, dan kateter urin yang fleksibel, dia menganggap mereka cukup penting untuk memasukkan perlindungan hak-hak tersebut. ke dalam Konstitusi Amerika Serikat.

Franklin pensiun dari bisnis percetakan pada tahun 1748 dan menjalin kemitraan dengan David Hill, yang pernah menjadi mandornya. Ini memberi Benjamin waktu untuk belajar dan bereksperimen. Hanya dalam beberapa tahun percobaan terfokus, dia membuat penemuan yang membuatnya terkenal dan dihormati di seluruh Eropa dan koloni.

Salah satu hal yang membuatnya menjadi salah satu penemu paling terkenal adalah percobaan layang-layang Benjamin Franklin. Dia percaya bahwa petir adalah listrik, jadi dia mengusulkan percobaan yang melibatkan layang-layang yang akan menarik percikan listrik dari awan badai. Dia menerbitkan teorinya sehingga ilmuwan lain dapat membacanya, dan membantu memajukan pengetahuan dunia tentang masalah ini.

Thomas Francois dAlibard dari Prancis telah membaca proposal percobaan listrik Benjamin Franklin dan memutuskan untuk mengujinya. Pada 10 Mei 1752, dia bereksperimen menggunakan batang besi setinggi 40 kaki sebagai pengganti layang-layang dan mengekstraksi percikan listrik dari awan.

Hanya 36 hari kemudian, pada tanggal 15 Juni 1752, Benjamin Franklin melakukan percobaan layang-layang dan juga mengeluarkan bunga api dari awan. Tidak ada ilmuwan yang tahu apa yang telah dilakukan yang lain, sampai lama kemudian. 

Ketika Franklin menerbitkan hasilnya, banyak ilmuwan lain berusaha menyalinnya. Beberapa dari mereka, seperti Profesor Georg Wilhelm Richmann dari Rusia, disetrum karena tidak diisolasi dari listrik.

Eksperimen ini mengarah pada penemuan penangkal petir. Ini adalah salah satu penemuan terpenting dalam sejarah Benjamin Franklin, seperti yang akan Anda lihat. Dia memperhatikan bahwa konduktor dengan titik tajam akan melepaskan listrik lebih pelan daripada konduktor dengan titik halus. 

Franklin mengusulkan untuk menempatkan penangkal petir di atas gedung-gedung tinggi dan memasangnya ke kabel yang akan mengalir ke luar gedung dan turun ke tanah, untuk menarik listrik keluar dari awan dengan aman, sebelum awan dapat menumpuk dan petir menyambar. .

Kemudian pada tahun 1952, penangkal petir dipasang di Academy of Philadelphia dan Pennsylvania State House.

Eksperimen listrik Benjamin Franklin menghasilkan pengakuannya sebagai salah satu penemu kita yang paling terkenal, dan seorang ilmuwan yang harus diingat.

Benjamin Franklin Pencetak Surat Kabar

Sementara ayah Franklin, Josiah, ingin dia masuk ke Pendeta, dia tidak mampu membayar lebih dari satu tahun sekolah, dan untuk berada di Pendeta, Anda membutuhkan pendidikan bertahun-tahun. Ben sangat suka membaca dan menulis, jadi dia menjadi magang untuk saudara laki-lakinya James, yang merupakan seorang pencetak.

James Franklin, surat kabar pertama di Boston, disebut New England Courant ketika Benjamin Franklin baru berusia 15 tahun. Ada dua surat kabar lain di Boston sebelum surat kabar ini, tetapi mereka hanya mencetak ulang berita dari luar negeri dan bukan surat kabar lokal. Makalah James berisi artikel dan opini dari teman-temannya, iklan, dan jadwal kapal lokal, membuatnya sangat berguna dan menarik bagi penduduk setempat.

Benjamin ingin menulis untuk surat kabar itu, tetapi dia tahu bahwa saudaranya tidak akan pernah mengizinkannya, jadi dia mulai menulis surat dan menandatanganinya sebagai seorang janda fiksi bernama Silence Dogood. 

Dia menawarkan segala macam nasihat dan sering mengkritik dunia di sekitarnya, terutama cara perempuan diperlakukan. Benjamin menyelipkannya di bawah pintu percetakan pada malam hari sehingga tidak ada yang tahu siapa yang menulisnya, dan menunggu untuk melihat bagaimana itu akan diterima.

Surat Silence Dogood sukses besar dan semua orang berusaha mencari tahu siapa dia. Setelah menulis 16 surat, Benjamin Franklin sang pencetak akhirnya mengakui kepada saudaranya bahwa dialah yang menulisnya. James marah padanya, meskipun semua temannya menyukai apa yang dia lakukan. Itu hanya membuat James semakin iri dengan perhatian yang diberikan kepada adiknya.

Tak lama kemudian keluarga Franklin menemukan diri mereka dalam perselisihan publik dengan keluarga pengkhotbah Puritan, keluarga Mathers. Keluarga Mathers mendukung inokulasi untuk virus Cacar yang mematikan, tetapi keluarga Franklin merasa itu hanya akan membuat lebih banyak orang sakit. Selama debat, James mengolok-olok Pendeta dengan cara yang tidak disukai banyak orang, dan James mendapati dirinya dikurung di Penjara.

Benjamin Franklin si pencetak mengambil alih dan menjalankan surat kabar saat James berada di Penjara, namun bukannya berterima kasih, saat James dibebaskan, ia terus melecehkan dan memukuli adik laki-lakinya sampai Ben tidak tahan lagi.

Benjamin Franklin melarikan diri ke Pennsylvania pada tahun 1723 untuk mencari nafkah bagi dirinya sendiri. Tak lama kemudian, dia mendapatkan pekerjaan sebagai tukang cetak magang dan bertemu dengan calon istrinya, Deborah Read.

Sebelum dia bisa menjadi salah satu penemu paling terkenal di Amerika, Benjamin Franklin sang pencetak akan melalui beberapa tantangan yang sulit dan mengubah hidup. Ben melakukannya dengan sangat baik dalam perdagangan percetakan sehingga dia menarik perhatian Gubernur. 

Dia berjanji pada Franklin bahwa jika dia pergi ke London untuk membeli font dan peralatan pencetakan, dia akan mengatur Benjamin dengan bisnisnya sendiri setelah dia kembali. Nah, Gubernur tidak memenuhi janjinya, dan Benjamin terpaksa menghabiskan beberapa bulan di London untuk melakukan pekerjaan percetakan.

Ketika dia kembali ke Philadelphia dia terus bekerja di bisnis percetakan dan tak lama kemudian, dia meminjam sejumlah uang dan memulai bisnisnya sendiri. Dia bekerja berjam-jam tetapi segera warga setempat memperhatikan kerja keras dan ketekunan itu dan dia mulai dihargai dengan beberapa kontrak pemerintah. Bisnisnya mulai lepas landas pada saat itu.

Pada tahun 1729, Benjamin Franklin sang pencetak membeli sebuah surat kabar bernama, The Pennsylvania Gazette. Dia tidak hanya menjalankan bisnis, dia juga menulis beberapa artikel dengan nama fiksi yang berbeda seperti yang dia lakukan di awal karirnya sebagai Silence Dogood. Tak lama kemudian, surat kabarnya menjadi yang paling sukses di semua koloni. Benjamin Franklin juga menulis dan mencetak kartun politik pertama, menjadikannya penemuan pertama Benjamin Franklin.

Selama tahun 1720-an dan 1730-an Franklin mulai mengungkapkan keinginannya untuk perbaikan sipil. Dia mendirikan Junto, yang merupakan sekelompok pemuda pekerja yang berdedikasi untuk perbaikan diri dan masyarakat. Dia juga bergabung dengan Mason.

Benjamin Franklin mulai menerbitkan Poor Richard's Almanack pada tahun 1733. Pada saat itu, almanak dicetak setiap tahun dan berisi hal-hal seperti resep, laporan cuaca, dan prediksi. Benjamin mencetaknya dengan nama Richard Saunders, yang seharusnya adalah orang miskin yang membutuhkan uang untuk merawat istrinya yang sakit. 

Hal yang membedakan almanak Franklin dari yang lainnya adalah tulisannya yang hidup dan lucu. Kutipan terkenal Benjamin Franklin, Satu sen yang disimpan adalah satu sen yang diperoleh, sebenarnya berasal dari Almanack Richard Miskin yang dia tulis.

Pada fase pertama karir profesionalnya, Benjamin Franklin sang pencetak sangat sukses dan bahkan memulai peralihannya ke kehidupan pelayanan publik dan sebagai seorang penemu.

Posting Komentar untuk " Dua Penemuan Penting Benjamin Franklin"